Monday, February 25, 2019

Sinopsis Game Resident Evil 2 (Timeline 1998)


Resident Evil 2

Timeline Resident Evil 2 adalah pada September 1998. Melanjutkan cerita di resident evil sebelumnya. Kini virus sudah menyebar luas di Racoon City, penyebaran ini terjadi melalui tikus yang telah terjangkit virus dan menyebarkan virusnya ke seluruh penjuru kota. Racoon City menjadi daerah rawan biohazard dimana insiden kanibalisme terus menerus bertambah. Di sisi lain Birkin telah berhasil menyempurnakan G-Virus.
Resident Evil 2 memiliki 2 side story, yaitu antara Leon dan Claire. Leon Scott Kennedy merupakan seorang Polisi amatir yg baru saja lulus dari akademi RPD (Racoon Police Departement). Leon pergi ke Racoon City untuk bertugas dikantor Polisi Racoon, tanpa tahu apa yang sebenarnya telah terjadi di Racoon City.
Saat perjalanan menuju Racoon City, jalan sudah diblokade oleh tentara US. Leon yang awalnya tak mengerti bahwa terdapat T-Virus dan G-Virus yg telah menyebar, tidak menghiraukan blockade tersebut dan menerobos masuk. Begitu memasuki Racoon City, Leon berhenti karena melihat seseorang yg meninggal di sisi jalan, setelah memeriksa mayat tersebut, tiba tiba mayat tersebut terbangun dan memegang kaki Leon, tanpa disadari dia telah dikepung oleh sekelompok mayat hidup. Leon terpaksa menembakinya dan berlari sampai dia bertemu dgn Claire Redfield yang juga terjebak oleh kumpulan zombie. Bersama mereka menghindarinya dan pergi menjauhi kerumunan zombie menggunakan mobil.
Claire merupakan adik dari Crish Redfield, dia juga memiliki tujuan yang sama yaitu menuju Racoon city untuk mencari keberadaan kakaknya yang telah menghilang tanpa kabar.  Saat sampai di Racoon city, terdapat keanehan, seluruh kota sudah berantakan dan tidak terlihat adanya kehidupan disana. Beberapa saat kemudian sebuah truk dengan kecepatan yang cukup tinggi mendekat, Truk tersebut kehilangan kendali dan oleng sehingga menabrak mobil yang mereka naiki hingga membuat mobil terdorong dan terbakar. Untungnya Leon dan Claire berhasil selamat dari kecelekaan tersebut, Namun hal tersebut membuat mereka terpisah oleh reruntuhan Mobil. Ledakan mobil sepertinya menarik sekumpulan zombie mendekat. Karena sudah dikepung oleh para zombie, mereka pun berpisah dan berjanji akan bertemu lagi nanti di Kantor RPD.
Leon yang sudah terkepung oleh puluhan zombie pun mencoba menghindar dan lari utk sampai di Kantor RPD. Setelah sampai, dia bertemu dengan Marvin, seorang polisi yg sedang dalam posisi sekarat. Marvin menceritakan semua tentang kota ini, dia sebenarnya sudah mempersiapkan pesta kecil2an utk menyambut Leon, tapi semuanya berubah menjadi mencekam. Disini, Leon pun mendapatkan file “Operation Report” mengenai kejadian penyerangan zombie dari 26 – 27 September. Leon juga mengetahui alasan Chris meninggalkan Claire.
Petualang scenario Leon pun dimulai, di dalam kantor RPD, leon menemukan objek percobaan tubuh manusia dengan tanda code G. Dalam perjalanan Leon beberapa kali bertemu dengan beberapa macam makhluk aneh seperti Lickers, Carbereus, Zombie dan Monster Laba-Laba juga tyrant (Mr X). Di RE2 juga lah pertama kali Leon bertemu dengan seorang wanita misterius yg bernama Ada Wong seorang mercenary yang diberi tugas untuk mengambil sampel G-Virus. Ada awalnya mengaku bahwa dia merupakan anggota FBI, dan sedang melaksanakan tugas khusus. Ada Wong beberapa kali bertemu dan menyelamatkan nyawa Leon. Pertama saat Leon bertemu dengan Cerberus, dan kedua ketika Leon terpojok saat berhadan dengan Mr X. Dalam perjalananya, Leon juga bertemu dengan Ben Bertolucci seorang wartawan yg sengaja mengurung dirinya sendiri didalam sel utk menghindari maut dari Monster, dia memberitahukan jalan jalan pintas kepada Leon dan Ada yang waktu itu kebetulan sedang bersama, namun pada akhirnya Ben pun tewas di tangan Tyrant (Mr X) yang merupakan monster buatan Birkin. Setelah menyelesaikan beberapa puzzle di RPD, akhirnya leon berhasil mendapatkan key card untuk keluar dari RPD.  
Birkin sendiri adalah seorang Profesor yg meneliti T-Virus yg dimutasikan ke G-Virus. Dalam movie singkat, terlihat bahwa sebelumnya Birkin telah ditembak oleh Tentara bayaran Umbrella. Saat sedang skarat, dia menyuntikan virus itu ketubuhnya sendiri, sehingga mengubahnya menjadi Monster, nantinya Birkin akan berhadapan dengan Leon. Leon yang telah keluar dari RPD melanjutkan perjalananya dengan Ada, Leon berjanji untuk membantu Ada untuk memperoleh G-virus agar apa yang terjadi di Racoon city tidak menyebar di kota lainya.
Perjalanan Leon tak mulus, dia juga sempat bertemu dengan Arnette yang merupakan istri dari William Birkin, Leon juga sempat tertembak saat mencoba melindungi Ada dari Arnette, Saat leon terluka, Ada memberikan mantelnya untuk Leon dan meninggalkanya karena harus bergegas mengejar Arnette. Namun Arnette yang lebih mengetahui area tersebut berhasil menjebak Ada hingga ia terjatuh dan kakinya terluka tertusuk sebuah serpihan kaca, disaat itu Ada berharap bahwa Leon akan dating menolong.
Leon yang telah terbangun dari pingsan, bergegas mencari keberadaan Ada, setelah mengelilingi beberapa ruangan akhirnya leon berhasil menemukan Ada yang terkurung dan dalam keadaan terluka. Leon pun berusaha menyelesaikan beberapa puzzle untuk membuka pintu tersebut. Setelah terbuka, Leon bergegas menemui Ada dan membantu merawat lukanya, Ada yang menyuruh Leon untuk pergi meninggalkanya namun Leon tak mau mendengarkanya. Leon mengatakan bahwa kali ini giliran dia yang akan menyelamatkanya. Akhirnya mereka pun melanjutkan perjalanan mengejar Arnette menuju Nest yaitu sebuah tempat atau lab pembuatan G Virus. Mereka menuju Nest menaiki sebuah Kereta gantung.
Saat sampai di Nest, Ada ingin agar Leon pergi meninggalkanya di kereta dan bergegas menemukan G virus. Leon awalnya tidak ingin meninggalkan ada sendiri karena khawatir nantinya ada zombie yang menyerang dan Ada sendiri sedang dalam keadaan terluka. Mendadak Ada memberikan sebuah ciuman kepada Leon, dan kemudian mengatakan bahwa tidka usah mengkhawatirkan dirinya, Leon akhirnya pergi meninggalkan Ada di kereta.
Di game Resident Evil 2 Remake diceritakan, setelah Leon berhasil menemukan sampel G virus, leon juga bertemu dengan Birkin yang telah berubah menjadi Monster, Arnette yang juga ingin menghentikan Birkin pun menembakan suatu senjata seperti bius kepada Birkin hingga membuat Birkin tidak sadarkan diri. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, beberapa saat kemudian Birkin terbangun, dia langsung menangkap badan Arnette dan melemparkanya ke sisi ruangan hingga terjatuh. Pertarungan sengit antar Leon dan Birkin pun terjadi.
Setelah leon berhasil mengalahkan Birkin, DIa langsung pergi bergegas menemui Ada. Sebelumnya saat berbicara dengan Arnette, dia memberitahukan siapa Ada sebenarnya. Hal itu membuat Leon bingung dan ingin menanyakan pada Ada. Saat berhasil menemui Ada dan ingin menanyakan kebenaran, tiba tiba Ada menodongkan pistolnya kepadanya dan menyuruhnya untuk menyerahkan sampel virus tersebut. Tiba tiba sebuah peluru tertembak ke sisi bahu Ada, ternyata Arnette masih hidup dan menembak Ada. Disaat yang sama juga terdapat pipa yang terjatuh dari atas akibat getaran kuat yang terjadi, hal itu membuat are yang dipijaki Leon dan Ada rusak dan runtuh, Ada pun terjatuh namun Leon berhasil menahan tangan Ada. Sampel G virus juga ikut terjatuh. Leon yang berusaha untuk menyelamatkan Ada gagal, akhirnya Ada pun tetap jatuh dan Leon pun shock menyesalinya.
Self Destruction telah di aktifkan, Leon harus bergegas meninggalkan Nest. Saat perjalanan keluar, leon menemukan bahwa Claire juga sednag berada di dalam Nest. Di perjalanan Leon dihadang oleh berbagai jenis zombie, bahkan Mr X pun berhasil menyusul Leon dan lagi lagi mengejar Leon. Hingga sampai di Ekskalator dan terpojok Leon terpaksa harus berhadapan dengan Mr X. Setelah melalui pertarungan sengit, akhirnya Leon menemukan sebuah Launcher yang jatuh dari atas (Ada ternyata masih hidup dan melempar Launcher ke Leon untuk menghadapi Mr X, disini Leon tidak menyadarinya). Setelah menembakan Launcher kea rah Mr X, akhirnya Mr X pun berhasil dikalahkan.
Ekskalator telah sampai di ujung, dan ledakan demi ledakan dari self destruction mulai terjadi. Leon bergegas menuju ke stasiun kereta dan kebetulan saat itu ada kereta yang lewat, dan Leon bergegas melompat ke dalam Kereta tersebut. Di dalam kereta Leon bertemu dengan Claire dan Sherry, beberapa saat kemudian Tempat tersebut pun meledak. Leon dan Claire berhasil selamat. Saat sedang duduk merenung di Kereta sambil melihat kartu pemberian Ada, Leon mengatakan “I cant believe, I miss you” sambil membuang kartu tersebut.


Di sisi lain, kembali ke saat sebelumnya yang merupakan kisah dari Claire Redfield, yaitu saat terjadinya mobil tangki membuat claire dan leon terpisah. leon yang berjuang disisi kanan kota, sedangkan claire berada disisi kiri, disisi kiri claire tampaknya menuju ke pintu atau jalan belakang dari kantor RPD. tiba- tiba sebuah helikopter baru datang dengan membawa  sesuatu yang berbentuk tabung dan ternyata di dalam tabung itu keluar sebuah makhluk yang bentuknya masih seperti manusia, yang bisa disebut dengan TYRAN wujud pertama. tyran ini masih tampak seperti manusia dengan tubuh yang tinggi tegap dan berkepala botak. tyran ini sengaja dijatuhkan ke arah kantor polisi RPD dari helikopter dengan misi yang belum diketahui,
Claire mencoba menggunakan detonatornya untuk meledakkan pintu itu, setelah meledak akhirnya memberikan claire sebuah jalan baru. tibalah claire di sebuah ruangan kantor kepala RPD disna ia melihat seseorang berbadan gemuk yang tak lain adalah Mr. Brian Iron / chief iron. di meja kerjanya terbaring seorang wanita, chief iron sempat mengira claire adalah zombi dan setelah mereka saling berbincang dari semua perkataan dan jawabannya tampaknya chief lagi tertekan dan stress dan ternyata wanita itu adalah anak dari walikota yang seharusnya dia jaga tapi malah sudah mati. di dalam sana claire juga berjumpa dengan seorang anak yang bernama Sherry Birkin. anak ini tak lain adalah anak dari Dr. william Birkin dan Annate Birkin.
Claire tiba ke tempat parkir setelah diberitahu si leon bahwa akses kesana sudah dapat di lalui, kemudian tibalah claire ke tempat sell penjara, ternyata didalam sana ia tidak menemui leon melainkan disana ia  hanya menemukan mayat Ben Bertolucci yang mati mengenaskan setelah diserang oleh G_ Virus. dalam perjalanannya akhirnya claire tiba di ruang rahasia mr. brian Iron setelah menuruni elevator menuju kebawah tanah. disana ia berjumpa dengan mr. brian iron hingga akhirnya ia mati dengan tubuh terbelah akibat serangan monster G- Virus. disana claire juga sempat bertarung dengan monster tersebut sampai akhirnya berhasil mengalahkanya.
Claire turun dan berjumpa dengan Leon yang sedang terbaring lemas dengan luka bekas tembak di bahunya. claire segera menanyakan apa yang terjadi. namun leon hanya menjawab bahwa dia baik baik saja leon tampaknya hanya mengkhawatirkan ada wong yang sedang mengejer ibunya sherry yaitu annate birkin. claire segera menyusul ada wong dan dalam perjalanan,ternyata bukan ada wong yang ia temui melainkan ibunya sherry annate langsung mengira bahwa claire salah satu mata mata yang di kirim ke tempatnya untuk mencuri sample G-Virus. Claire lalu membantahnya dan menjelaskan bahwa ia hanya ingin mencari sherry yang sedang hilang, annate sontak terkejut, bagaimana bisa kau tahu dia, aku menyuruhnya pergi ke kantor polisi dan mengapa ia bisa sampai kesini.? dan sekarang sherry dan sample G- Virus pasti dalam bahaya.! dan tak lama setelah mengatakan itu annate pingsan dan claire belum sempat menayakan dimana sample G_virus itu sebenarnya.!?
Claire akhirnya bertemu dengan Sherry. Mereka tiba di sebarang setelah menaiki gondola. mereka terus menelusuri tempat itu dan akhirnya membawa mereka ke sebuah ruangan control elevator, tiba tiba tyran datang. Claire segera mengalahkan tyran itu kemudian kembali ke Sherry dan mengaktifkan kembali elevator itu. mereka turun dengan kereta elevator itu dan saat dalam perjalanan menuju ke bawah lab umbrella, elevator sempat ada goncangan dan setelah memeriksa ke luar teryata itu adalah G-Virus wujud ke 3 claire terpaksa melawannya dan setelah kalah G- Virus pergi meninggalakan mereka, Claire kembali  masuk kedalam elevator untuk melihat keadaan Sherry, dan tiba tiba elevator terhenti di tengah jalan, claire mencoba memeriksanya keluar, di luar ada sebuah tempat ventilasi udara yang dapat ia masuki setelah masuk claire tiba di lab lantai atas. namun tiba2 elevator kembali bergerak menuju kebawah , akhirnya mereka terpisah lagi untuk kesekian kalinya.
Claire tiba di area barat dan sempat mendapatkan sebuah kunci POWER ROOM namun ketika hendak keluar dari lab bawah ini, tiba tiba Claire di kejutkan oleh Arnnate Birkin, dia langsung menanyakan keadaan anaknya, claire menjwab bahwa dia belum menemukannya, dan kebetulan disana ada bebrapa monitor pengawas. Annate segera memeriksa kamera cctv disana dan terlihatlah sherry sedang di kejar oleh tyran yang berada di power room. Annate langung berlari keluar sambil mengatakan bahwa sample G-Virus itu  ada pada kalungnya si sherry. Tibalah claire di ruang power room dan tampaklah bahwa misi sebenarnya Tyran adalah untuk mengambil sample G- Virus dari Sherry. Ketika claire mencoba membuang sample yang diberikan sheery ke arah sebuah besi panas sampai akhirnya tyran mencoba menangkapnya dan akhirnya ia masuk ke dalam wadah cairan besi panas.
Fasilitas lab mulai terdengar peringatan bahwa lab akan hancur, akibat salah satu alat yang penting di power room di hancurkan oleh tyran. Mereka pergi ke stasiun kereta api bawah tanah yang menuju keluar lab umbrella. sesampai di kereta api bawah tanah, claire dikejutkan dengan kemunculan tyran yang wujudnya sangat jauh berbeda dari sebelumnya dan mencoba menghalangi jalannya claire. tyran yang ini sangat kuat  dan cepat, sehingga membuat claire agak kesulitan menghadapinya. tapi untunglah muncul seseorang dari tempat yang tinggi dan agak gelap melemparkan senjata bazoka kepada Claire. Claire langsung mangambil senjata itu dan menembakkannya ke arah tyran, hingga akhirnya tyran mati dengan tubuh yang hancur berkeping - keping,  Claire segera masuk dan menyalakan kereta tersebut. kereta mulai berjalan perlahan dan leon tampaknya tiba agak terlambat, namun leon berhasil lompat ke  kereta itu sebelum melaju cepat. akhirnya mereka bertiga berkumpul bersama di dalamnya
Tiba-tiba kereta api bergetar, tampaknya masalah belum benar benar berakhir Claire mencoba untuk memeriksanya di bagian luar kereta sementara sherry dan leon menunggu. tiba tiba di dalam gerbong ke 3 G-Virus muncul dengan Wujud kelima nya. claire berhasil mengalahkannya dan berfikir ia telah mati dan kembali ke tempat leon berada. ternyata G- virus bangkit kembali dan memenuhi seluruh badan gerbong dangan tubuhnya. G- virus mulai banyak mengeluarkan tentaklenya dan berusaha menuju ke gerbong depan. Claire terpaksa naik keatas atap gerbong depan dan leon tampaknya terkepung oleh G- virus yang mulai memasuki tempat mereka, sherry lalu berinisiatif untuk menghentikan kereta ini dan masuk ke tempat pengendali. sementara itu leon berusah untuk bertahan tepat dibawah  mesin kereta, claire lalu membuka atap kereta dari atas dan menyuruh sherry untuk menekan tombol rem darurat. akhirnya kereta api itupun berhenti dan mereka segera berkumpul, namun G- virus masih belum menyerah dan masih berusaha menangkap mereka dengan tentaklenya, dan oleh karena kereta api itu akan meledak, mereka bertiga segera berlari menuju keluar trowongan yang pada saat itu tak berada jauh dari mereka, dan setelah berada agak jauh dari mulut trowongan, kereta api itupun meledak beserta dengan G- Virus di dalamnya. akhinya mereka berhasil keluar dari Raccon city dengan selamat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sinopsis Game Resident Evil 2 (Timeline 1998)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments