Sunday, December 30, 2018

Memilih Beberapa Merk Gundam Kit atau Gunpla (Gundam Plastik)



Salah satu mainan “MAHAL” yang sering disalah artikan… ketika saya merakit mainan ini banyak orang yang bilang
“Kok udah gede masih main mainan anak anak!!”
Dalem hati saya sih…
What?? emangnya anak anak bisa beli mainan kayak gini?? Ini yang size kecil (HG dengan skala 1:100) aja harganya udah 200 ribuan. Anak kecil mah bekel sekolah nya paling 5 ribu sampe 10 ribuan … pengen ngejawab tapi nggak enak juga, ibu ibu mana ngerti ginian, mainian kit gini paling juga disamain sama mainan 10 ribuan di dagang mainan keliling.
Back to topic, kali ini saya mau ngebahas mengenai beberapa merk kit Gundam. Sebenarnya merk kit gundam original hanya ada satu aja sih yaitu Bandai, yang lainya bisa kita sebut kw atau biasa disebut bootleg, merk merk tersebut biasanya diproduksi China, tapi karena sangat menyerupai yang asli jadi cukup banyak peminat nya, itulah yang akan saya bahas kali ini. Terdapat beberapa merk lain selain Bandai yang cukup banyak tersebar di pasaran Indonesia, beberapa merk yang akan saya bahas kali ini adalah Hongli, Daban, Dragon Momoko, dan tentu saja Bandai.
1.       Bandai
Gundam Kit Asli, tentunya produksi dari Jepang langsung. Harganya jelas lebih mahal disbanding dengan merk china. Kit sesuai dengan yang ada di film animenya dan selalu lengkap dalam box nya, Namanya juga barang jepang, quality controlnya good banget lahh. Snapfit atau rangkanya mudah dilepas dan dipasang. Saturasi warnanya bagus nggak berlebihan maupun pudar sesuai dengan yang ada di anime nya. Box jelas rapi nggak gampang penyok, gambar cetakan di box juga jelas dan cerah, lumayan pake pajangan box aja udah oke.

2.       Daban
Kualitas Daban ada dibawah Bandai, mirip Bandai namun snapfit ada bagian yang keras ada juga yang agak empuk. Stiker juga nggak gitu bagus. Overall sih mirip dengan bandai, hanya kualitas plastic aja masih dibawahnya, Warnanya juga mirip asli, Detailnya juga oke. ada beberapa yang beda namun masih bagus. Harga jelas lebih murah dari Bandai. Variasi gundam buatan daban juga cukup banyak.

3.       Dragon Momoko
Kualitas plastik agak dibawah daban. Namun tetap ok. Snapfit juga oke, detail juga lumayan lahh. Saturasi warna mirip bandai lah walau agak over dikit di beberapa gunpla. Biasanya yang saya sering temuin di toko toko untuk merk Dragon momoko ini itu versi MG nya, harganya cukup murah paling 500 ribuan juga udah dapet jauh lebih murah dari Bandai dan variasi cukup banyak kalo dibandingkan dengan merk China lainya. Sedangkan kualitasnya juga cukup bagus.

4.       Hongli
Kualitas sekelas Dragon momoko. Snapfit agak keras, kadang saya pas masang rangkanya aja sampai ngebikin jempol merah. Kualitas stiker nya cukup buluk. Ada beberapa gundam yang warnanya lebai, saya lupa tapi pernah teman saya membeli Gundam yang berwarna emas merk Hongi, entah kenapa walaupun bagus namun emasnya keliatan norak, murahanya. Harga sekelas dengan Dragon momoko, namun variasi gundamnya lebih banyak dari Dragon momoko khususnya yang HG.
Sebenarnya, buat pemula secara sekilas mungkin tidak bisa membedakan mana merk Bandai maupun china, kita akan bisa membedakanya ketika dilihat lebih detail, terkecuali ada beberapa gundam yang memang warnanya norak dan di merk china keliatan banget murahanya. Perbedaan harga merk Bandai dan merk China juga cukup jauh. Jika untuk HG merk Bandai harga rata ratanya sekitar 250 ribuan, di merk china kita bisa peroleh dengan harga harga 150 ribuan saja, lumayan selisihnya 100 ribu.
Oh iya merk china tersebut itu tidaklah memproduksi gunpla selengkap Bandai, tapi biasanya masing masing merk bisa saling melengkapi. Semisal gundam seri X merk Daban nggak ada, biasanya di Hongli ada, begitu pula sebaliknya, biasanya sih saya sering nih pas hunting buat tambahan koleksi. Tapi ada salah satu kekurangan dari merk China selain dari yang sudah saya sebut diatas. Ada beberapa pasrt yang mungkin nggak lengkap ketika kalian membeli merk china, biasanya sih di situs online shop disebutkan kalo harap maklum jika di dalem box ada part yang tidak tersedia, Namanya juga merk China. Seperti di seller biasanya saya beli ini …..


Jadi bijaklah dalam memilih Gunpla ya……

Bagikan

Jangan lewatkan

Memilih Beberapa Merk Gundam Kit atau Gunpla (Gundam Plastik)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments