Thursday, March 21, 2019

Hati Hati RAM KW!!! Ram Hyper X Fury Kingston




Baru baru ini nyoba search ram ddr3 di marketplace hijau dan merah, tepat sih ditanggal 20 Maret 2019. Kaget banget, ram Kingston hyper 4 gb pc 12800 kok dibandrol seharga 220rb, padahal merk lain aja yang versi telanjang (tanpa heatsink) seharga 220rb paling Cuma dapet yang bekas aja…. Sempet bingung juga tapi juga tergiur. Bukan Cuma 1 toko aja yang ngejual hyper diharga segitu tapi banyak toko. Saya coba bertanya ke salah satu seller,  katanya sih, ini barang ori, tapi bukan garansi resmi Kingston Indonesia, garansi nya dari distributor, dan kalo ada apa apa klaimnya langsung ke toko aja nanti ditukar baru. Yang pastinya sih ram ini nggak punya hologram asli Kingston nya. Nahh lohh jadi ini ori apa enggak? Apa mungkin ini ori tapi barang BM jadinya murah, tapi tanpa segel? Atau jangan jangan ini kw???


Akhirnya saya coba tanya di forum2 di FB, nanti setelah beberapa diskusi, termasuk pengakuan dari buyer yang pernah beli hyper di seller itu akhirnya saya dapet kesimpulan yang menuju ke arah barang ini bukanlah barang ori. Berikut saya bagi 2 jenis ram hyper murah yang ada di pasaran, dan mungkin juga ada ram berheatsink merk lainya….

1.       Ram Refurbish
Ram ini merupakan ram merk lain yang diberi tamabahan heatsink hyper dan dikemas ulang sebagaimana rupa jadi seperti baru. Perlu kalian tahu, sekarang ini banyak kok heatsink ram yang dijual bebas di marketplace murah2 banget, jadi ram kalian yang telanjang bisa nyamar  jadi seakan akan merk elite padahal mah aslinya telanjangan, hehhe.
Nah ram refurbish ini dari yang saya diskusi sih ada yang ngaku chip nya Hynix dan Samsung. Well  kalo kalian beli ram hyper ini tapi pas di cek Taunya chip nya bukan Kingston, anggep aja kalian beli ram second merk Hynix/ Samsung/ lainya tapi dapet bonus heatsink hyper. Cukup worth sih, mengingat merk Hynix dan Samsung kayaknya sama besarnya deh dengan Kingston, bahkan build qualitynya kayaknya lebih bagus dehhh, bahkan Imac aja biasanya selalu make memory chip Hynix, sedangkan Samsung juga udah jadi produsen chip memory paling terkenal juga dan banyak dipake oleh brand brand besar juga, jadi udah nggak perlu diragukan sihhh… Ini salah satu ram refurbish, heatsinknya gampang copot.



2.       Ram kw/ abal abal
Ada juga kasus dimana ram nya chip nya nggak kedetect entah itu merk apa… Nah di kasus ini saya berfikir mungkin aja ini merk china non merk yang dikemas pake heatsink hyper jadi supaya harga jualnya naik. Nah untuk build qualitynya entah lahhh…

SS dari user ram KW, chipnya nggak kedetect
Ini juga KW

Kiri Ori, kanan KW
Nah sekarang muncul pertanyaan baru, trus kalo emang barangnya kw gimana ya?
Sebenernya sih nggak ada masalah, toh yang penting tetep work juga, bisa nyala, dan pake gaming standar juga bisa. Beda dengan VGA KW yang performanya jauh drastic ketimbang vesi aslinya, kalo ram kalian nggak akan bisa nemuin kendala berarti kalo Cuma pemakaian standar, kecuali kalo kalian tes benchmark atau kerja render berat, entahlahh.. Untuk masalah durabilitynya gimana? Ya entahlahhh, toh ram itu emang cenderung awet ketimbang komponen PC lainya, tapi kalo versi KW sih entah lah, trus juga buat compatibility nya dan stability nya juga, saya nggak bisa komen banyak sih soalnya saya sendiri belum pernah make. Tapi dari hasil discus yang udah pernah megang antara yg ori dan yang kw, katanya yg kw ini ada bbrp fitur yang hilang yang ngebikin ram ini nggak akat kuat atau stabil kalo di OC, selain itu juga beberapa ada yang speknya nggak sesuai dgn yg tertulis di heatsinknya, dimana tertulis di heatsink itu volatse nya 1,5v dgn speed 1600mhz, tapi stelah di cek voltase nya 1,3v dan speed 1333mhz. jelas udah kliatan banget kw nya, bukan Cuma satu orang aja yang udah make, tapi banyak sih yang ikut diskusi. Oh iya fungsi heatsink sebenernya buat ngedinginin kalo saat nanti ram ini kerja berat, atau di overclocking. Tapi kalo seandainya yg kw ini sendiri nggak mampu kerja berat, ya berarti heatsink ini bakalan berfungsi dan hanya sebagai hiasan aja sih.
Ram hyper ori (PCB Hitam) (sumber dari web kinston)

Hyper x fury asli sih katanya PCB nya warna hitam, dan biasanya dijual dalam bentuk kit, dengan kemasan box. Yang ori juga biasanya ada segel hologram asli Kingston nya atau ada segel resmi dari distributor resminya yaitu NJT, yang mana jika suatu waktu ada kendala bisa di klaim garansinya dan berlaku seumur hidup, sama seperti ram lainya yaitu Visipro, Vgen, team elite, Corsair, sll. Nah sedangkan yang kw biasanya dijual bijian dengan kemasan plastik, dan menggunakan pcb hijau. Yang KW juga nggak ada segel apa apa, ya paling Cuma segel toko yang yang menunjukan tgl pembelian, bukan resminya. Nah nanti kalo ada apa apa ya nggak bisa di klaim garansi ke Kingston Indonesia ataupun distri NJT. Mau nggak mau harus balikin ke Toko nya, iya kalo tokonya masih buka, kalo udah tutup, atau mungkin kalo tiba2 toko ngeubah kebijakan, ya udah nggak bisa klaim garansi.

Hyper x fury ini kan emang merk elite nya Kingston, nah mereka yang mau beli sih ngincer performa terbaik dong, tapi kalo kita beli ini tapi performanya sama aja dengan yang versi standar, bahkan mungkin lebih buruk, serta durabilitynya nggak lebih bagus, dan supporting garansinya bukan resmi, buat apalagi coba. Kalo saya pribadi sih lebih suka beli ram yang chip nya pasti pasti aja sih, mending beli merk Vgen atau visipro yang telanjang tapi ada hologram resminya jadi kalo ada apa apa bisa langsung klaim di gerai resminya. Kalo mau cari hyper mending beli yng ori skalian aja sih, paling sekitar 300 rb an aja udah dapet versi orinya, yang pake chip ori Kingston. Tapi buat kalian yang udah terlanjur beli, yam au gimana lagi, anggep aja kalian beli ram second non merk, trus bonus heatsink hyper. Kan lumayan tuh cakep buat dipandang.


Bagikan

Jangan lewatkan

Hati Hati RAM KW!!! Ram Hyper X Fury Kingston
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

11 comments

Tulis comments
avatar
July 16, 2020 at 12:14 AM

gan nanya nih. ram gw ga ad nomor seri nya itu ori apa kw atau barang BM gan? tapi manufacture sama part numbernya ada

Reply
avatar
July 18, 2020 at 9:57 PM

Untuk kingston ori itu dijual kit, paket pake box gitu, speednya 1866 mhz, dan harusnya ada hologram resmi dari kingston, lebih detailnya bisa langsung cek di website resmi kingston. kalau punya situ ramnya sesuai deskripsi berarti ori, tapi kalau cuman pake bungkus biasa (bukan box) serta dijual terpisah dan speednya cuman 1600mhz, patut dicurigai kalau itu KW

Reply
avatar
August 4, 2020 at 12:27 AM

Iya bang di tokopedia banyak bgt beredar ram super murah. Saya sempat beli, sebagian ke detect sebagian lagi tidak. Trims infonya ya.

Reply
avatar
August 21, 2020 at 6:43 PM

Semoga Artikel ini membantu

Reply
avatar
Anonymous
December 21, 2020 at 6:45 AM

RAM Samsung jg banyak yg KW, sy sdh beli online 2×, mmg murah harganya dan di CPUz kedetek merk Samsung, tp frekuwensinya beda, sy beli yg PC 12800/1600, di stikernya bnr, pas dicek di CPUz ternyata 1333. Di toko pertama minta dites di dpn mereka, tp sy males ke tokonya krn jauh. Di toko kedua boleh dibalikin tuker yg baru, sy ragu, kl dituker yg baru kl barangnya msh sejenis, jgn2 sama. Tp ternyta stlh ditukar yg baru bnr frekuensinya

Reply
avatar
March 14, 2021 at 7:22 AM

nggak kedeteck sesuai dengan spek yang tertera di website

Reply
avatar
May 26, 2021 at 8:10 PM

di shopee dan tokopedia, ratusan yg jual kingston ddr , tp murah bgt, di toko official 8 giga itu 1,1 juta kalo di toko2 yg lain minimal 430rb maksimal 590rb

Reply
avatar
May 28, 2021 at 8:21 PM

Iya bro, barang KW sekarang udah marak banget di marketplace, jadi kita yang harus pinter pinter buat nyortir

Reply
avatar
June 7, 2021 at 11:03 AM

Bro gua Nemu Kingston gak ke detect tapi PCB nya hitam dan build quality terbilang solid pake chip dari hynix

Reply
avatar
June 12, 2021 at 9:33 AM

Bro Dewangga, bisa di cek dari kemasanya, yang original dia pake box, trus ada hologram original kingston/distributornya. Kalo situ dapetnya cuman kemasan tanpa box dan tanpa hologram, apalagi nggak kedetect, bisa dicurigai itu kw. Itu mungkin ram hynix second yang direfurbish jadi di beri heatsink kingston kw. BTW kalo emang itu asli chip merk hynix juga bagus kok, mac biasanya make hynix, cuman masalahnya kalo emang itu hynix harusnya kedetect juga di cpuz kalo chip nya hynix, kalo emang nggak kedeteck, nggak ngerti juga kenapa.....

Reply