Wednesday, March 20, 2019

Sms penipuan (Gimana cara bedain sms penipuan dengan sms beneran)


Akhir akhir ini sering banget dapet sms iseng. Bukan cuma sms sih sebenernya, sering juga ada telepon yang masuk dan tiba tiba memberitahukan kalo saya memenangkan voucher liburan gratis dihotel tertentu. Lahh orang saya nya aja nggak pernah nginep di hotel kok, bisa bisa aja nawarin hadiah. Yang bikin penasaran sih, dari mana ya mereka itu bisa dapetin nomor hp saya. Saya memang memajang no hp saya di social media, ya memang nomor itu kan nomor untuk bisnis freelance saya. Mungkin orang orang iseng ini dapetin nomor saya dari situ.
Kalo dulu, waktu saya masih polos di zaman sekolah, kalo ada sms ginian pasti heboh banget, tapi sekarang udah basi banget dahhhh. Cara orang orang nipu udah kentara banget, tapi buat mereka yang pemikiranya masih polos bisa aja sih kena tipu… Trus cara kita bisa tau kalo ini emang bener bener penipu gimana? Gampang sih sebenernya, nanti saya akan ngecoba bahas satu satu. Berikut saya udah mengkategorikan 3 jenis sms yang paling sering dipakai untuk penipuan:
1.       Sms ngaku ngaku sebagai keluarga
Biasanya sms gini nih paling sering minta pulsa. Sms ini sebenernya cukup mudah dideteksi, tapi terkadang cukup sulit juga sih. Intinya sih kepekaan kita aja sih, ya namanya juga keluarga, kalo sms kadang bisa aja mendadak. Tapi, tiap orang kan kalo sms atau menghubungi biasanya karakteristiknya beda beda entah itu dari bahasanya, penulisan sms, maupun singkatan singkatan yang dipakai dan harusnya kita bisa sadar sih dari situ. Semisal saya sebagai orang yang jarang banget berkomunikasi melalui sms dengan keluarga jauh saya. Kalo tiba tiba dapet sms entah dari bibi atau dari paman yang minta pulsa, tentu aja nonsense, kan bibi dan paman saya pada udah tajir semua, masa tiba tiba minta pulsa sama orang yang nyari sesuap nasi aja masih susah kayak saya, wkwkwk udah pasti hoax mahhh.
Pernah juga dapet sms yang ngaku ngaku ayah, lahhh ayah saya kalo sms kan bahasanya saya udah hafal, kalo tiba tiba ada nomor asing sms minta pulsa trus ngaku sebagai ayah, jelas ketahuan lahhh….


2.       Sms dari bank negeri atau perusahaan swasta lain
Nahhh ini nih yang sering banget. Padahal kita bukan nasabah di Bank “X” tapi tiba tiba Bank “X” ngirim sms kalo kita dapet hadiah undian di bank itu. Kan anehhh….. Seandainya pun kita memang nasabah di Bank itu, tetap aja kita harus hati hati. Sebuah perusahaan perbankan yang memberikan hadiah bernilai jutaan, atau bahkan puluhan juta, nggak mungkin dong notifikasinya cuman lewat sms, pastilah dia nelpon dulu buat pemberitahuan awal, nah setelah itu baru ada message formalnya by sms ataupun email. Kalo tiba tiba langsung sms ya aneh aja lahhh….
Mereka (penipu) biasanya ngirim sms secara masal, dan mereka nggak tau identitas atau nama kita, jadi biasanya di awal sms udah langsung dikasih selamat aja tanpa ngejelasin dengan jelas siapa kita, siapa mereka, dan event apa ini. Kalo emang kita dapet hadiah karena kita adalah nasabah, kan seharusnya pihak bank nyantumin nama nya. Dan paling sering juga mereka mencantumkan link perusahaan atau Bank tersebut, dimana link itu diakhiri oleh domain “.blogpot.com” lahhhh masa perusahaan make domain blog. Udah fix penipuan mah itu, coba aja dibuka tuh link, fix dahhh. Kalo emang perusahaan resmi nggak mungkin make domain “blog” ya paling nggak make domain “.com” atau “co.id” lah atau domain lain yang lebih formal.

3.       Sms hadiah lainya
Sebenernya sih hampir sama dengan diatas, biasanya sms penipuan mencantumkan domain blog. Buat tambahan aja sih yaa… terkadang sms penipuan menggunakan kalimat yang disingkat singkat, udah kayak sms an sama temen aja, dan formalnya kurang. Udah sering banget saya dapet sms dari perusahaan formal, tapi mereka nulisnya disingkat singkat udah kayak gaya sms nya abg zaman dulu, yaa padahal saya chat an sama temen aja udah jarang nyingkat nyingkat kata2 lagi, kan sekarang udah zaman keyboard qwerty semua, nulis udah mudah. Kalo udah yg nge sms gini mah udah jelas yang nge sms masih labil.
Lihat juga operatornya ya, jangan sampe kita dapet hadiah yang mengaku dari operator X padahal nomor yang sms adalah operator Y. Pernah saya dapet sms hadiah pulsa yang mengaku dari operator tri, tapi pengirimnya make operator indosat, aneh banget dahh. Harusnya kalo bonus poin atau pulsa kan yg sms langsung dari operator seluler kita, atau bisa juga lewat nomor resmi yang biasanya terdiri dari 3 atau 4 angka bukan nomor umum, semisal nomor “111” dari kartu tri yang sering banget ngirim sms promo.
Penipuan by sms biasanya juga proses nya ribet. Semisal kita dapet hadial pulsa semilai 50rb. Kalo hadiah asli mah, ya langsung masuk aja pulsa nya. Tapi mereka malah ngeinstruksiin kita buat call dulu nomor aneh semisal *XXX*XX# (anggep aja X itu nomor), tau tau aja pas kita ikutin, bukanya dapet pulsa, yang ada malah kita berlangganan konten aneh, dan pulsa kita disedot terus terusan. Ini udah metode lama banget. Tapi masih ada aja sih yang kena. Saya dulu pernah kena sekali, lumayan lah, pulsa 50rb ilang.
Selain itu buat hadiah lainya, biasanya mereka nanti ujungnya minta uang tambahan, entah buaat tambahan bea cukai (berdalih pengiriman dari luar negeri), atau entah uang pengiriman, atau pajak, dll intinya ada aja cara mereka biar bisa dapetin uang. Paling parahnya sih ada penipuan yang ngejanjiin uang sekiat juta, tapi harus mereka ngaku buat nyairin harus melalui prosedur tertentu di atm, dan biasanya mereka ngasih step stepnya buat cairin di atm. Hati hati aja, nggak ada prosedur aneh aneh buat nyairin dana lewat atm. Yang ada malah atm kita yang kesedot saldonya……. Kalo mereka niat buat ngasih hadiah, kan bisa langsung transfer, atau langsung melalui pencairan di teller bank, ngapain ngulak ngulik atm orang. Udah pasti penipuan lahh,…………..Lagian kalo yang Namanya ngasih hadiah berupa uang, pastinya harus ada pertemuan dulu, trus serah terima hadiah secara resmi, foto2 sulu buat dokumentasi, dan prosedur dokumen lain buat laporan untuk perusahaan atau institusi yang memberikan hadiah. Nggak mungkin tiba tiba langsung ngasih uang dengan prosedur aneh….. Ya aneh aja sihhhh


Contoh beberapa sms yang nipu nipu







Apapun itu saya paling gedeg sih sama yang Namanya penipu, orang udah susah susah ngumpulin duit, ehhh mereka enaknya banget dengan modal bacot mau dapetin uang orang… Kan nggak adil. Malah lebih respek sama kupu kupu malam, mereka dapetin uang dengan memberi kesenangan ke orang lain, symbiosis mutualisme lah, ya emang nggak bisa dibilang pekerjaan bener sih, tapi paling nggak mereka tetep berusaha bekerja, dan apa yang mereka kerjakan juga udah disetujui oleh kedua pihak baik pembeli maupun penjual. Ketimbang penipu yang kerjaanya cuma merugikan orang lain aja, dan menguntungkan diri sendiri.





Bagikan

Jangan lewatkan

Sms penipuan (Gimana cara bedain sms penipuan dengan sms beneran)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.