Sunday, December 30, 2018

Gaming di Smartphone, PS4, Xbox, PC, Laptop Mana yang lebih Seru


sumber: pushsquare.com

Terdapat banyak pilihan perangkat gaming yang bisa kita pilih untuk memainkan game yang kita inginkan. Masing-masing sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun banyak yang sering berdebat mengenai mana yang terbaik dan paling seru, bahkan banyak yang berpendapat bahwa bukan disebut “GAMERS” kalo nggak main game di salah satu perangkat tersebut. Namanya juga netizen di social media, masing-masing pada mengagungkan pendapat mereka sendiri. Untuk itulah, berikut saya coba untuk memaparkan sedikit mengenai perangkat gaming menurut pendapat saya, buat kalian yang ingin mengabdikan diri dalam dunia gaming, saya rasa nggak ada salah untuk meneruskan artikel ini :

1 . Konsol (PS4/Xbox)

Konsol merupakan jenis perangkat gaming yang paling popular mulai dari tahun 90 an bahkan hingga saat ini. Konsol terus dikembangkan dan menjadi kiblat dalam dunia gaming. Jenis jenis konsol ada Playstation atau PS, ada juga Xbox, dan juga Nintendo. Konsol yang paling terkenal di Indonesia adalah PS mulai dari PS1, PS2, PS3, PS4, juga PS5 merupakan konsol next gen yang kemungkinan akan dirilis 2020 nanti. Rental PS ada dimana, dan setiap generasi selalu ramai walau sekarang option piranti gaming sudah banyak, namun konsol tetap diminati.

sumber: playstation.com

PS4 merupakan konsol yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi saat ini. Berbeda dengan generasi sebelumnya, PS4 bisa digunakan untuk memainkan hampir semua jenis game dari konsol generasi sebelumnya, game-game tersebut bisa kite peroleh digitalnya langsung lewat PS store. Beberapa game yang rilis di generasi sebelumnya bahkan dibuat versi remake atau remaster nya di PS4. Remake merupakan game yang dibuat ulang yang dengan kualitas yang lebih bagus, baik dari segi sound, gameplay, maupun grafiknya contohnya seperti game Resident Evil 2 (originalnya di PS1) dan Final Fantasy 7 (PS1) yang akan rilis dalambeberapa bulan kedepan. Sedangkan Remastered merupakan game lama yang ditingkan kualitas grafiknya saja agar sesuai dengan kualitas generasi terbaru, contohnya seperti Resident evil 4, Devil may cry, beberapa series Call of Duty, dan lainya.

sumber: xbox.com

Xbox merupakan lawan berat dari Playstation. Secara spesifikasi bawaan, kedua konsol hampir setara, bahkan di generasi teranyar yaitu PS4 dan Xbox One S, Xbox One lebih unggul dalam spesifikasi, baik dari kualitas gambar maupun FPS yang yang diperoleh in game nya lebih unggul, Namun PS4 tetaplah jadi primadona karena memiliki list game yang lebih apik ketibang Xbox, khususnya di Indonesia.

Kelebihan Konsol:

-          Konsol memiliki banyak game exclusive yang tidak terdapat di perangkat lainya. Semisal God of War series, Detroit become human, Spiderman 2018, Red dead Redemption series, dan lainya yang mana game-game tersebut hanya terdapat di PS4. Sedangkan Xbox memiliki Halo, Gears of war, sunset overdrive, dan lainya. Game of the year tahun ini bahkan disabet oleh game dari PS4, tidak hanya satu game, beberapa gamenya telah mendapat penghargaan karena memiliki story maupun gameplay yang sangat bagus.
-          Konsol selalu menjadi yang utama, dalam merilis publisher selalu saja mendahulukan konsol. Memang konsol merupakan perangkat yang paling susah di bajak ketimbang perangkat lainya. Contohnya saja game Monster Hunter World, Final Fantasy XV, dan Gears Of war, yang sudah rilis lebih dahulu di konsol, dan kemudian baru dirilis versi PC nya sekitar setahun kemudian, ada jeda setahunan bagi user PC untuk bisa menikmati game-game ini. 
-          Game konsol telah dioptimasi dengan baik, walaupun memiliki FPS yang rendah jika dibandingkan dengan PC high end namun tetep bisa berjalan dengn smooth tanpa perlu kita repot mensetting sana sini.
-          Overall harga lebih murah, dengan harga 4 jutaan saja kita sudah bisa menikmati game sekelas AAA dengan grafik yang tinggi dan gameplay yang cukup smooth tanpa memikirkan spesifikasi lagi. Bandingkan dengan PC di harga yang sama, paling juga Cuma bisa memainkan game sekelas gamehouse.
-          Memiliki banyak dukungan game exclusive yang hanya terdapat di masing masing konsol.
-          Jika berlangganan Ps+ kita bisa mendapat banyak game gratis setiap bulananya.

Kekurangan:

-          Fungsi hanya bisa digunakan untuk main game saja, walau ada juga fungsi multimedia juga seperti menonton film atau browsing tetap saja terbatas aksesnya.
-          Harga BD atau kasetnya sedikit lebih mahal ketimbang game dari perangkat game lainya.
-          Banyak beredar Konsol yang telah dibajak, imbasnya kalo kita main bajakan tidak akan se smooth versi non bajakanya, jika terjadi bug tidak bisa di update untuk memperbaiki bug nya. Tidak bisa bermain online, dan juga tidak bisa digunakan untuk memainkan game terbaru jika ada game yang baru rilis.
-          Harus berlangganan ps plus kalo kita mau bermain online.


2. Konsol Portable

sumber: cnet.com

Sejatinya konsol portable dibuat untuk bisa memainkan game-game konsol secara portable. Konsol postable yang paling update saat ini hanyalah garapanya Nintendo saja yaitu dengan Nintendo Switch. Nintendo switch bisa memainkan game sekelas konsol generasi terbaru, walau sebenarnya kualitas grafiknya jika diperhatikan secara detail tidak akan sebaik konsol PS4 maupun Xbox, Namanya juga perangkat portable, yang penting bisa memainkan game dengan playable juga cukup. Beberapa game yang rilis di konsol juga rilis di Nintendo switch, selain itu Nintendo switch juga memiliki beberapa games exclusive yang sangat terkenal, seperti The Legend of Zelda juga Mario series.
sumber: playstation.com

PS vita merupakan konsol portable milik Sony yang sudah rilis cukup lama yaitu pada tahun 2011 yang saat itu masih zamanya PS3. Hingga saat ini PS vita belum memiliki penerus. Saat ini PSvita sudah discontinued dan game-game barunya juga sudah tidak dirilis lagi, mungkin hanya ada game-game indie saja yang masih akan dirilis seperti halnya nasib PS3 saat ini. Namun PS Vita bisa juga digunakan sebagai remot play. Bagi temen-temen udah punya ps4 namun males atau capet buat duduk depan TV, pengen supaya bisa main sambil tiduran atau sambil di WC juga, nah bisa kok pake Remote play di Vita.

Kelebihan konsol Portable:

-           mudah digunakan dimana saja
-          Hemat listrik dan baterai juga cukup awet, ketimbang memainkan smartphone
-          Memiliki fungsi remot play, khusus Vita
-          Memiliki fungsi multimedia lainya (music, film, browsing)

Kekurangan:

-          Pilihan game tidak sebanyak Konsol biasa
-          Kualitas graphic juga masih kalah dengan Konsol biasa


3. PC Desktop (Komputer)


Merupakan opsi lain bagi temen-temen yang tidak memiliki konsol. Hampir sebagian besar games yang rilis di Xbox ada juga di PC windows. Untuk kualitas grafik PC merupakan yang terbaik, tapi tidak semua PC hanya PC desktop high end saja yang bisa memainkan game dengan kualitas terbaik. Selain untuk gaming, PC desktop juga bisa digunakan untuk pekerjaan lainya seperti multimedia, desain, browsing, bahkan membuat game juga, dan banyak lainya.
PC desktop bisa di upgrade jika kita ingin agar performanya lebih baik. Semisal saja saat ini kita memiliki VGA (grafik card) GTX 1050 dan ingin memainkan game terbaru dengan recommended requirement nya GTX 1060, maka jika kita ingin memainkan game tersebut dengan kualitas terbaik, kita bisa menupgrade vga kita ke GTX 1060 atau diatasnya.
PC desktop juga bisa digunakan untuk memainkan game mobile dari smartphone dengan menggunakan emulator. Juga bisa memainkan Game PS1, PS2, hingga PS3 dengan emulator, namun untuk PS3 masih belum optimal performanya hingga saat ini.
PC desktop merupakan opsi terbaik kalo kalian ingin memainkan game dengan genre shooter baik FPS maupun TPS. Menggunakan mouse jauh lebih nyaman dan akurat ketimbang stik maupun touchscreen.

Kelebihan PC Desktop:

-          Bisa memainkan game dengan kuaitas Grafik terbaik
-          Banyak pilihan game untuk dimainkan, baik game lama maupun baru
-          Tidak perlu berlangganan seperti konsep PS+ di sony
-          Banyak beredar game bajakan yang bisa kita coba, dan ketika kita menginstal game bajakan, tidak akan berpengaruh jika nanti kita membeli versi originalnya jika memang kita suka game tersebut untuk mendapat fitur premiumnya yang biasanya hanya bisa diperoleh di versi originalnya.
-          Mudah untuk diupgrade perangkatnya

Kekurangan:

-          Sebagian besar developer game besar tidak menjadikan PC sebagai opsi utama  karena memang sering dibajak. Beberapa game yang di port ke versi PC bahkan tidak optimal sehingga sering terjadi bug seperti Assassin Unity, Assassin 3, dan GTA IV.
-          Harus selalu memperhatikan spesifikasi jika ingin digunakan untuk bermain game, jika spesifikasi kurang maka bisa terjadi stuttering atau bahkan lag parah.
-          Sering terjadi bug di game, dikarenakan virus, atau crash dengan software lainya.
-          Proses download dan instal game lebih rumit ketimbang perangkat lainya.
-          Butuh asupan listrik yang sedikit lebih besar dibandingkan perangkat lainya.


4. Notebook (Laptop)

sumber: pcmag.com

Untuk notebook tidak akan banyak saya bahas, overall kelebihan dan kekurangan sama seperti desktop. Karena memang laptop dibuat dan berfungsi sebagai desktop versi mobile yang bisa mudah dibawa kemana mana. Satu satunya kelebihan laptop ketimbang desktop adalah ukurannya yang mungil dan mudah dibawa kemana mana, dan juga lebih irit saja.
Laptop dibuat sedemikian rupa supaya bisa berukuran sangat kecil dan tipis, laptop-laptop terbaru bahkan memiliki ukuran setipis smartphone. Tentu saja ukuran kecil tersebut ada sesuatu yang dipangkas. Sebuah perangkat desktop dan laptop yang memiliki spesifikasi yang sama tidak memiliki performa yang sama. Performa laptop selalu dibawah performa desktop. Beberapa laptop di turunkan clock VGA maupun prosesornya untuk mengurangi konsumsi listrik dan juga mengurangi panas yang dihasilkan laptop.
Sebagian besar laptop biasa tidak memiliki airflow yang baik. Inilah yang membedakan laptop khusus gaming dengan laptop biasa. Jika kita menemukan sebuah laptop biasa dengan laptop khusus gaming yang memiliki spesifikasi yang sama, namun kenapa harga nya bisa berbeda? Laptop yang khusus gaming memiliki harga yang lebih tinggi, pertanyaanya kenapa? Sebagian dari kita mungkin berfikir bahwa ini merupakan strategi marketing untuk menjual embel-embel gaming. Saya setuju namun tidak sepenuhnya begitu, Laptop khusus gaming biasanya memiliki design heatpipe yang rumit, fan biasanya lebih dari satu, hal itu berfungsi untuk meningkatkan airflow sehingga panas didalam bisa cepat dibawa keluar tidak lain berguna untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas, selain itu juga laptop khusus gaming biasanya memiliki beberapa perangkat khusus yang berbeda dari laptop biasa, semisal power brick / adaptop bawaan ROG memiliki wat yang lebih tinggi ketimbang laptop biasa, ini, power brick ini bisa memberikan daya yang maksimal ke prosesor, vga maupun hardware lain untuk bekerja lebih maksimal, tentu saja imbasnya adalah sedikit lebih boros dan panas yang dihasilkan juga lebih tinggi, namun karena memang di desain memiliki airflow yang baik, ya nggak ada masalah.
Walaupun keduanya memiliki spesifikasi yang sama namun saat kita uji coba untuk bermain game, keduanya akan memberikan performa yang berbeda. Selain itu saat kita bermain game di laptop biasa, biasanya akan sering terjadi trothling, yang mana suhu prosesor atau vga yang terlalu tinggi karena bekerja keras terus menerus menyebabkan system laptop secara otomatis akan menurunkan clock speed secara paksa untuk mengurangi suhu, imbasnya bermain game dengan clock rendah akan terasa lag parah. Mungkin bermain sejam pertama akan terasa nyaman, namun di jam kedua akan terasa lebih lag, dan seterusnya, dan juga untuk jangka Panjang juga tidak baik bagi si laptop. Itulah yang membedakan keduanya. Sekilas ini hanya untuk memberikan sedikit gambaran saja sih.
Oh iya untuk harga laptop khusus gaming sangatlah mahal jika kita bandingkan dengan desktop. Jika kita build sebuah pc desktop seharga 8 juta misalnya, mungkin kita bisa mendapat laptop dengan spesifikasi yang sama seharga  14 juta atau bahkan lebih, jelas jauh lebih mahal, dan performanya pun masih kalah dengan versi desktopnya. Laptop juga upgrade nya terbatas, mungkin yang paling mudah di upgrade hanya Ram nya saja. Bisa saja kita menambahkan VGA eksternal di laptop, namun tetap tidak akan seoptimal seperti di PC desktop.
Kalau saya pribadi tidak suka bermain game di laptop, laptop hanya digunakan untuk bekerja ringan saja, maupun untuk multimedia. Bisa lah bermain game-game ringan, namun tidak game AAA, karena bermain game berat jauh akan lebih nyaman di Desktop atau konsol.


5. Smartphone

sumber: techradar.com

Semakin berkembangnya teknologi sekarang hampir semua jenis smartphone bisa digunakan untuk gaming. Kalo zaman dulu mungkin kita hanya bisa main game bagus di Nokia Ngage saja, tapi semenjak Android berkembang, semua jadi lebih terbuka.
Game game smartphone juga kebanyakan free, kita ambil saja contoh PUBG mobile yang bisa kita peroleh di playstore secara free, berbdea dengan versi Windowsnya maupun versi konsolnya, dimana kita harus membeli game tersebut untuk bisa memainkanya.
Game game smartphone juga sangat ramai pemainya, seru banget lah, apalagi kalau kita bermain online. Hampir semua kalangan bisa memainkan game smartphone, mulai dari anak yang baru lahir kemaren sore sampe orang tua yang mau mati besok. Di zaman sekarang siapa sih yang nggak punya smartphone. Ironisnya karena banyak bocah yang main entah kenapa bawaanya kayak jadi mainan kecengan gitu, dan kurang exclusive atau elegan seperti saat kita bermain game berbayar di pc maupun konsol dimana pemainya lebih berkelas. Bisa jadi mungkin saya nya yang sudah terlalu tua sehingga kurang bisa beradaptasi dengan player bocah.
Kualitas grafik game mobile “JAUHH” kalo dibandingkan dengan desktop maupun konsol terbaru. Bahkan kualitas terbaik game mobile belum bisa menyamai kualitas grafik terbaik game Eksclusive ps3 sekalipun. Buat yang bilang kalo game mobile itu sekelas PS4 ya berarti orang itu belum pernah main Ps4 kali. Kontrolnya juga cukup sulit di touchscreen nya walau memang sekarang sudah banyak yang menjual gamepad smartphone untuk mempermudah kontrolnya.
Apapun itu, Smartphone memiliki pasarnya sendiri, banyak juga game khusus mobile yang tidak terdapat di perangkat lainya (sebenarnya masih bisa dimainin di pc by emulator, untuk konsol juga udah punya banyak game exclusive jadi nggak perlu game mobile lagi). Karena pengguna game mobile yang sudah semakin banyak, banyak kompetisi yang dibuat khusus mobile baik tingkat International maupun tingkat National. Ini yang membuat pamor game mobile semakin melonjak,  bahkan sekarang banyak dibentuk tim tim khusus buat mengikuti kompetisi kompetisinya.
Kalo saya pribadi sih, satu satunya yang membuat saya tertarik dengan game mobile hanyalah karena playernya yang banyak saja, jadi pas playernya lagi pada seru ya bisa seru banget. Game nya juga tinggal download, sebagian game game yang rame dimainin itu ya game free, game exclusive yang berbayar pun juga ada dan harganya cukup murah.

Kelebihan Smartphone:
-          Murah
-          Banyak player
-          Bisa dimainkan dimana saja

Kekurangan:
-          Hp cepat panas, baterai cepat habis
-          Banyak anak-anak yang main, sering curang dan nggak seru
-          Ngga ada game exclusive yang menarik

                                                           --------------------------------------------------------

Jika disuruh memilih mana yang terbaik, maka saya juga bingung memilihnya, semuanya memiliki fungsi yang benar benar berbeda. Saya dirumah punya konsol, PC desktop, laptop, dan tentu saja smartphone. Sebagian besar game saya mainkan di PC karena ingin mendapat FPS terbaik dan kualitas grafis terbaik juga, namun untuk game-game exclusive konsol akan saya mainkan di konsol. Biasanya game exclusive konsol memiliki story yang bagus dan berkesan. Laptop dulu sering saya gunakan untuk bermain game ringan, namun sekarang hanya khusus multimedia saja, baik untuk menulis tulisan ini, menonton film, download file, dll. Sedangkan smartphone hanya saya gunakan untuk bersosial media, sayangnya kalo smartphone saya digunakan untuk bermain game baterai akan cepat habis, dan saya nggak mau menge cas hp 2 kali sehari. Saya Cuma punya satu smartphone saja, mungkin ada beberapa temen-temen disini yang punya dua smartphone  dimana satunya dibeli khusus untuk main game.
Sebaiknya kita bijak memilih sih, smeua perangkat telah dibuat khusus sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika ada perangkat tertentu yang dipaksakan fungsinya maka hanya akan mengurangi umur perangkat tersebut. Buat temen-temen yang mau berdiskusi bisa langsung add komen aja ya, atau bisa juga langsung send email ke saya, thank you

Bagikan

Jangan lewatkan

Gaming di Smartphone, PS4, Xbox, PC, Laptop Mana yang lebih Seru
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.