Tuesday, December 25, 2018

Kebakaran di Banteng Baru Denpasar Timur



Sekitar jam sebelas malem, mungkin setengah 12. Tiba tiba tetangga gedor pintu.
“keluar keluar!!!! Ada kebakaran……!!!!!”
Saya langsung nengok keluar pintu, ada api gede banget tingginya udah ngelebihin genteng rumah dah pokoknya. Dan jaraknya deket banget, berjarak sekitar 1 rumah aja dengan rumah saya. Kan panik, langsung aja lari keluar tanpa bawa apa apa, Cuma bawa hp aja sih yang emang kebetulan lagi di tangan. Adik udah saya suruh masukin laptop dan dompet ke dalem tas, habis itu ngeluarin mobil, terus kita sekeluarga menjauh.
Warga udah mulai ngumpul di tempat kejadian buat nontonin aksi ai melahap sebuah rumah. Sebagian besar ngerekam dan mungkin life atau bikin story IG kali ya. Apa ada yang udah nelfon pemadam atau belom. Entahlahh , Beberapa sata kemudian dateng lah si pemadam, awalnya Cuma 1 truk aja, trus beberapa menit kemudian dateng 5 truk pemadam menyusul di belakang.
Hitunganya termasuk besar sih kebakaranya sampe ngedatengin 6 truk pemadam. Untungnya sejak sore tadi hujan lumayan deres, baru kelar hujan sejam sebelum kebakaran kayaknya, jadi ya tembok, rumah, dan pohon2 masih dalem kondisi basah, api nggak mudah buat menyebar, angina juga lagi nggak ada, itu ngebayangin kalo ada angin kenceng yang ngarah ke utara, udah kena kali rumah saya ikut habis kemakan api. Untungnya sih lagi tenang. Pos pemadam juga deket rumah kok, jadi nggak lama setelah ledakan langsung cepet datengnya si truk pemadam.


Mungkin sekitar se jam an kali ya petugas pemadam bekerja sampe akhirnya api berhasil di taklukan. Warga udah makin rame aja. Semua berkumpul kayak ada acara konser aja. Salut sama petugas yang responya cepet, managementnya juga bagus, dan ada tim medis yang dateng juga, bahkan tim medis keliling2 nyariin apa ada yang terluka ya untungnya nggak ada korban. Walau kadang agak kesel juga ya sama pemadam, sebagian dari petugas pas turun dari truk pada buang punting rokok sembarang ke bawah, ini sepanjang perjalanan kesini mereka berarti ngisepin rokoknya. Ngebayangin aja pas mereka mau madamim api, ehh truk mereka meledak gegara salah satu petugas buang punting rokok sembarangan. Lah trus yang madamin api nanti siapa??
Si penghuni rumah yang terbakar alias korban berhasil melarikan diri dr rumah saat kejadian berlangsung Bersama keluarga. Warga sini udah panik semua, ya wajarlah kan rumah pada mepet2, termasuk wilayah padat sih, jadi kalo ada kebakaran kayak gini, bisa berpotensi satu wilayah kebakar semua. Beberapa warga malah udah ngangkutin barang2nya keluar rumah. Saya mah udah pasrah aja atuh, kalo emang ikut kebakar, ya berarti yang di atas emang udah nakdirin gitu, nanti juga rejeki bisa dicari, yang penting ini semua keluarga aman aja dulu.
Jadi setelah diusut penyebab kebakaran itu adalah salah satu warga yang lagi masak, tapi ketiduran, dan entah apa penyebabnya tiba2 itu api merembet kemana2 trus tabung gas juga ikutan meledak, makanya ada terdengar suara ledakan. Untungnya di deket sana ada warga juga yang lagi sembahyangan di pura deket lokasi kejadian, yang bisa ngebantu buat ngasih tau ke penghuni sekitar, kan kejadian malem2 tuh, jadi banyak yang udah tidur.
Entah siapa yang nelfon pemadam duluan, tapi dari cerita sih ada banyak yang nelponin, ya bagus sih biar petugas cepet responya. Si pemilik rumah yang ketiduran itu untungnya cepet sadar pas ada ledakan, jadi dia langsung ngebangunin anaknya dan mereka langsung lari keluar rumah tanpa ngebawa apa apa, sempet ngeluarin motor aja sih keluar. Semua barang2 nya hangus terbakar, si korban Cuma sempet nyelametin nyawanya dan kedua anaknya dan 1 unit sepeda motor aja, sisanya sudah nggak bisa diselamatkan, termasuk surat2 penting, barang2 sekolah anaknya, dll. Kasian sih tapi ya Namanya juga musibah.
Tapi mau gimana juga, itu kan karena keteledoranya sendiri, kata warga yang bergosip juga emang sebelumnya si korban sering kalo lagi masak ditinggal kemana2, entah ke warung, atau kemana gitu, sampe beberapa kali masakanya gosong, makanya warga agak gimana gitu, soalnya kan ini masalah keselematan, kalo kejadian kayak gini kan yang panik dan rugi juga banyak orang nggak Cuma diri sendiri, ini bisa jadi seluruh kampung kena semua kalo seandainya aja tadi pemadam telat datang. Dan juga rumah yang kebakar itu rumah kontrakan, jadi saya kasian juga sih sama pemiliki kontrakan, entah gimana sih kelanjutanya nanti. Yang pasti saya seneng karena nggak ada korban di kejadian ini, sempet panik juga akhir2 ini ada ada aja kejadian. Beberapa waktu lalu juga sering kejadian gempa, bahkan pernah juga gempa yang keras banget sampe2 saya ngerasa kalo ini tanah mau kebelah, hehehe
Bersyukur aja saya masih dikasih kesempatan untuk menghirup udara, dan semoga kedepanya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi. Ini real story ya, yang terjadi di Denpasar, Jl Banteng baru deket dengan Kawasan renon. Kejadian itu di hari sabtu malam, tanggal 22 desember 2018. Saya nggak melihat berita ini diliput di media tv atau media social, soalnya besok paginya media udah pada heboh dengan berita tsunami yang memang musibahnya jauh lebih besar ketimbang kecelakaan kecil di area rumah saya.
 Mungkin cerita ini bisa buat pelajaran aja sih, buat kita untuk nggak meremehkan hal2 kecil di sekitar kita, karena kita nggak akan pernah tau kapan musibah akan datang.


Bagikan

Jangan lewatkan

Kebakaran di Banteng Baru Denpasar Timur
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.