Saturday, December 22, 2018

Bagaimana performa update Driver VGA Nvidia dan AMD

Tampilan Radeon Adrenalin


Performa sebuah graphic card tidak selalu berpatok pada seri nya aja. Namun sangat bergantung pada drivernya juga. Semisal 2 seri graphic yang sama namun menggunakan driver yang berbeda performanya tentu akan berbeda, bisa jadi jauh berbeda. Nah sekarang bagaimana performa driver antara 2 kubu panas pengembang teknologi graphic card atau VGA yaitu Nvidia dan AMD saat ini ???
Dulu pada zaman awal awal tahun 2000 an, Banyak isu yang mengatakan AMD sangat buruk dalam optimasi driver VGA mereka. Walaupun memiliki raw performa yang lebih tinggi dengan produk Nvidia dengan kelas yang sama, namun performanya jauh lebih rendah, bukan karena VGA nya yang buruk namun drivernya yang tidak seoptimal milik Nvidia. Dan isu ini memang benar, itulah kenapa dulu banyak yang bilang AMD jelek, panas, dll.
Saat itu Nvidia banyak sekali bekerja sama dengan pihak pengembang game sehingga game2 yang dirilis lebih optimal bila di jalankan dengan vga Nvidia. Selain itu ada juga fitur yang khusus yang hanya bisa kita gunakan menggunakan vga Nvidia, contohnya adalah Nvidia Phsycs. Amd sebaliknya, optimalisasi driver yang buruk, ditambah dengan tidak banyaknya kerja sama dengan pengembang game, sehingga membuat performa VGA nya yang seharusnya bisa optimal jadi tidak terpakai.
Tapi masa lalu biarlah berlalu, kita harus terus maju kan… Dewasa ini AMD telah berbenah. Sejak Driver adrenalin dirilis, performa AMD sudah jauh berkembang, hampir optimal di semua game, bukan hanya optimal di semua game, namun juga optimal untuk semua jenis VGA amd termasuk seri lama mereka yang masih terus mendapat update dan support dari pihak AMD. Inilah hebatnya amd. Kita lihat Nvidia, yang mulai meninggalkan VGA seri lama mereka, yang sudah tidak mendapat update lagi, dan tertinggalkan begitu saja.
Driver AMD memiliki performa yang sangat baik, dan terus mendapat update terus menerus setiap ada game maupun fitur baru yang rilis untuk mengoptimalkan kinerja VGA mereka. Selain itu juga driver AMD mempunyai banyak fitur yang biasanya kita perlu pihak ketiga untuk menggunakanya. Seprti AMD overlay, dll. Kita sekarang bisa langsung live online hanya dengan fitur bawaan driver AMD, kita juga bisa overclock VGA kita langsung melalui driver, kita juga bisa bisa melihat realtime FPS, suhu, ram usage, cpu usage, gpu usage, dll langsung in game hanya dengan fitur bawaan driver AMD. Semua itu bisa kita lakukan tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga, Hebat bukan?? Nggak perlu Afterburner untuk oc maupun melihat FPS game lagi, cukup dengan driver AMD saja.

Fitur2 baru di AMD Adrenalin

AMD sekarang sudah banyak bekerja sama dengan pihak pengembang game sehingga vga mereka dapat bekerja optimal, semisal game Far Cry 5 yang merupakan game teranyar seri Far cry, jangan Lupa Game Assassin Odyssey juga yang merupakan game teranyar seri Assassin sangat optimal di AMD lohh. AMD juga punya fitur “Freesync yang membuat kita bisa bermain game sangat mulus tanpa perlu khawatir teetering dan fitur Freesync juga banyak di support monitor2 nama besar dan memiliki hargaterjangkau, ini membuat AMD semakin kuat di pasar VGA.

Tampilan Nvidia control panel

Tampilan Geforce Experience

Berbanding dengan Nvidia, yang tampilan drivernya sangat sederhana, tak banyak fitur yang ditambahkan dari dulu hingga sekarang, ada beberapa tambahan memang namun tak selengkap milik AMD, kita masih perlu aplikasi pihak ketiga untuk mendapat ftur tambahan seperti ingin melihat FPS dan usage cpu gpu dalam game. Bukan berarti driver Nvidia tidak optimal, Driver Nvidia sejak dulu sangat optimal untuk gaming dan hingga saat ini tetap optimal, jadi tak perlu diragukan lagi, hanya saja taka da perubahan drastic seperti yang dilakukan AMD.AMD juga memiliki fitur seperti “freesync” di AMD yang disebut Nvidia Gsync, memiliki fungsi yang sama seperti Freesync AMD namun monitor yang mensupport fitur ini masih memiliki harga yang sangat mahal, bukan mahal biasa tapi sangat mahal, berbeda dengan monitor yang mensupport Freesyng bahkan kita bisa temukan dengan harga dibawah 2 jt saja.
Selain itu Nvidia sering melakukan down performa di VGA mereka ketika VGA versi baru keluar. Contoh saja karena sekarang Nvidia seri 20 seris rilis, mereka melakukan Nerf (down performa) di VGA 10 series kebawah milik mereka.Sejauh ini Driver terbaik untuk 10 series maupun series di bawahnya adalah Driver seri 399.24, driver terbaru versi 4xxx performanya sangta buruk, bahkan dari beberapa benchmark di youtube ada perbedaan FPS hingga 10 FPS in game. Namun di driver seri terbaru yaitu 417.35 sudah diperbaiki performanya, walaupun setelah saya melakukan tes pribadi performanya masih lebih baik seri 399. Hanya saja untuk game terbaru seperti Battlefield, bisa jadi driver terbaru akan lebih optimal, saya sendiri belum mencobanya. Berikut video yang saya buat sebagai perbandingan driver terbaru dan driver lama.


Sedangkan AMD sebaliknya, driver mereka terus memberikan kenaikan performa setiap update nya. Kalo kalian liat ya hasil compare game antara gtx 1060 3gb vs RX 570 4gb di tahun 2017 atau awal2 mereka rilis, perfromanya kurang lebih setara, beberapa game sedikit unggul gtx 1060, dan beberapa lainya lebih unggul rx 570, namun overall gtx 1060 akan lebih banyak unggul. Tapi kalo kita compare ulang sekarang bagaimana hasilnya???




Saya udah coba sendiri antara keduanya, overall GTX 1060 sekarang udah ngos ngos an untuk gaming, sebaliknya rx 570 performanya makin meningkat terus menerus setiap update drivernya. Walaupun overall performanya masih setara antara keduanya, namun RX 570 sudah lebih unggul sekarang, dari yang saya coba sih seperti itu. Apalagi untuk game2 terbaru. Itu karena drivernya yang terus diperbaiki, sehingga performa sebenarnya dari VGA ini semakin terlihat. Begitulah AMD saat ini.

Sedikit tambahan:
Tahun lalu harga VGA AMD sangat lah mahal karena mining, namun sekarang harga sudah normal lagi. Jika kita memiliki uang 2 jutaan dan ingin membeli graphic card, VGA apa yang akan anda beli?
Di kubu Nvidia kita hanya punya opsi GTX 1050 ti saja, karena gtx 1060 3gb harganya masih diatas 3 jt an. Sedangkan di kubu AMD kita bisa membeli RX 570 4gb, dengan harga yang kurleb sama antar keduanya, kira2 kita akan beli yang mana?? GTX 1050 ti jelas jauh tertinggal performanya jika dibandingkan RX 570 yang notabenenya menjadi lawan gtx 1060 3gb. Jadi jelas pilihan terbaik di harga segitu jatuh di RX 570…


Saya menulis ini bukan karena saya AMD lover, saya sendiri memiliki kedua Graphic card milik kedua kubu. Saya hanya menulis sesuai dengan apa yang ada. Di harga 2 juta jelas RX menjadi opsi paling baik.  Beda ceritanya dengan VGA kelas atas yang pasti pilihan akan jatuh di GTX 1080ti maupun RTX 2080 yang mana VGA kelas itu AMD masih belum bisa menyaingi Nvidia, bisa pun namun efisiensinya buruk, inilah kelemahan AMD. GTX 1080 masih bisa jalan baik di PSU 500w, tapi bagaimana dengan Vega 64 milik AMD? Performa masih kalah namun listrik lebih boros.
Kemungkinan besar AMD Navi (seri terbaru amd) akan rilis di tahun depan, kita lihat saja bagiaman performanya, apakah bisa bersaing dengan kelas atas Nvidia atau tetap hanya bersaing di kelas low dan medium saja seperti saat ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bagaimana performa update Driver VGA Nvidia dan AMD
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.