Friday, September 1, 2017

Study in Japan Fair by JASSO


Temen temen ada yang mau study ke Jepang?
Pas banget nih, oktober nanti ada Study in Japan fair lohh yang di selenggarain oleh JASSO, di event ini banyak banget perwakilan dari universitas maupun sekolah Bahasa yang hadir. Mulai dari yang sekolah negeri, sekolah Nasional, maupun sekolah swasta. Bukan cuman buat jenjang S1 aja, tapi ada yang S2, S3, maupun yang ingin mengenal budaya Jepang lebih dalam langsung disana. Kalian bisa Tanya Tanya langsung mengenai study ke perwakilanya langsung lohhh, seru banget pastinya. Langsung saya share aja ya jadwalnya untuk tahun ini, seperti di tahun tahun sebelumnya, japan fair ini hanya di selenggarakan di 2 Kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Surabaya. Yang di adakan pada 7 Oktober (Surabaya) dan 8 Oktober (Jakarta).Berikut saya attach ss langsung dari website resminya.


Untuk info lebih lengkapnya nanti biasanya sih bakalan di share langsung melalui sosial media JASSO saat bulan Oktober nanti, jadi temen temen coba search dan like aja FP nya Jasso untuk mengikuti info terupdate nya.
Oh iya, event ini tahun lalu juga di adain di 2 kota yang sama pula juga, kebetulan tahun lalu saya ikutan. Tahun lalu sih saya mengikuti 2 Japan Fair study, salah satunya adalah event yang diselenggarakan oleh Jasso ini, dan menurut saya event dari Jasso ini lah yang paling besar ruang lingkupnya dan banyak banget informasi yang bisa saya peroleh.
          Sedikit cerita mengenai event di tahun lalu, saya hadir yang di Kota Surabaya. Japan Fair ini dibagi menjadi 2 tempat, di salah satu lobi terdapat seminar mengenai study ke jepang, kemudian di sisi lain ada deretan stan yang sudah diisi oleh puluhan perwakilan dari sekolah di jepang. Untuk seminarnya sendiri sih terbagi jadi 2 sesi, ada sesi pagi dan sesi siang, keduanya memiliki rundown yang sama, pembagian ini saya rasa cukup baik, saya yang saat itu datang kesiangan karena harus berangkat dari Kota Malang akhirnya tetep bisa untuk memperoleh informasi di seminar yang sesi kedua, seminar tersebut diisi oleh perwakilan langsung dari Jasso, sekolah maupun dari alumni yang sudah bersekolah di Jepang sana, banyak sekali informasi yang saya peroleh, mulai dari bagaimana system pendidikan disana, biaya sekolah, beasiswa, part time job, kehidupan disana, maupun detail mengenai sekolah di setiap kota. Seru banget pokoknya. Di seminar ini juga ada sesi talkshow nya, jadi kita bisa ikut turut aktif jika ingin mendapatkan informasi lebih rincinya.



Saya sendiri nggak mengikuti seminarnya hingga selesai karena keterbatasan waktu saya memilih untuk mendatangi lobi sebelah yang berisi deretan stan perwakilan sekolah. Begitu memasuki ruangan tersebut saya merasa begitu takjub, hiforia orang2 yang memiliki kemauan kuat untuk melanjutkan study di jepang begitu terasa kental. Oh iya saya pergi ke event ini bersama dengan sepupu saya yang juga memiliki interested yang sama terhadap study di Jepang. Kita mulai menghampiri stan pertama yaitu Waseda University, berbagai pertanyaan saya ajukan, hhe sepertinya agak sulit untuk bisa lolos di Universitas ini, hhe apalagi untuk scholarship hunter dengan kemampuan pas pasan saya. Saya juga mencoba mengunjungi stan Risumeiken University dan bahkan di beri aksesoris dari Ritsumeiken katanya karena saya aktif bertanya, baik banget Ibu yang ngejaga stan satu ini, bukan cuma ngasih informasi panjang lebar, tapi juga ngasih hadiah J.
Ada juga Universitas yang menawarkan untuk melanjutkan S2 di bidang animasi, dan tanpa memandang apa gelar S1 nya kita bisa tetap mengambil jurusan Animasi di S2, katanya sih nanti akan dibimbing, saya lupa sih nama universitasnya, yang saya inget itu universitas Swasta, cuma ya itu Biayanya mahal, hhe. Berbagai stan lain juga saya saya mampiri, Tokyo International University, Chiba University, Shizuoka University, Kansai University dan bahkan saya juga mampir ke stan sekolah Bahasa di Jepang. Oh iya saya ingat kalo di kansai University ini ada tawaran yang menarik lohh, kalo biasanya kita butuh kemampuan setara N2 untuk bisa go through ke S2 di Jepang, di Kansai ini mereka punya program kelas belajar Bahasa Jepang dulu di sekolah mereka selama 1 tahun secara intensif untuk mengejar jenjang N2 setelahnya (kalo di sekolah bahasa lain biasanya 2 tahun) di Kansai ini setelah setahun belajar kita punya peluang untuk masuk ke Univ nya cukup besar, Cuma disisi lain yaa karena kita harus belajar secara intensif, maka kita tidak diperbolehkan untuk bekerja part time selama setahun awa itu, hhe. Kemudian kalo untuk jumlah pelajar Indonesia terbanyak disana sih tetap dipegang sama Ritsumeikan University.





Oh iya, di japan study fair ini sebagian besar yang ngisi stan nya orang jepang lohh, nggak sedikit juga yang masih muda dan cakep cakep :), jadi jangan sampai terpikat dan lupa tujuan awal yaa, hhe. Trus juga, beberapa logat Bahasa inggrisnya mungkin sedikit sulit dimengerti, bagi temen temen yang pengen hadir ke acara ini persiapin diri aja, hhe, tapi Cuma sebagian kecil aja kok, kebanyakan sih udah enak Bahasa inggrisnya, beberapa bahkan udah punya translator orang Indonesia J. Buat temen temen lulusan SMA yang pengen banget kuliah di Jepang disini kalian bukan cuman bisa dapet informasi mengenai Sekolah disana aja lohh, kalian juga bisa dapet informasi mengenai EJU, dan bimbingan langsung dari pihak JASSO maupun dari pihak swasta lain untuk mempersiapkan diri untuk study ke Jepang. Lengkap banget dah pokoknya informasi yang bisa kalian dapetin di event ini, CMIWW…. Hanya saja tahun lalu salah satu Univ inceran aja ternyata nggak bisa hadir di Surabaya, yaitu Keio University, dan hanya bisa dateng di Jakarta aja, tapi walaupun begitu overall event ini bener2 sangat membantu untuk membuka wawasan saya mengenai study ke Jepang J.

Semangat,   Ganbatte Guys

Bagikan

Jangan lewatkan

Study in Japan Fair by JASSO
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.