Saturday, September 16, 2017

Mana Jasa pengiriman yang Lebih Baik? JNE / TIKI / JNT ??

Banyak yang menanyakan, sebenarnya, layanan jasa pengiriman yang bagus itu apa sih?? JNE ya? TIKI? POS? J&T? atau jasa lainya?
Oke, saya akan memberi jawaban “tergantung”, tergantung kamu sekarang tinggal dimana? Karena setap jasa memiliki keunggulan di setiap daerah2 tertentu. Ada beberapa daerah yang mungkin akses menggunakan Pos lebih bisa dijangkau, di lain sisi mungkin di beberapa daerah lainya JNE yang lebih unggul Karena memiliki servis yang baik, begitu pula TIKI, J&T maupun jasa lainya…..
Sebelumnya, saat saya tinggal di Malang, saya paling sering menggunakan Jasa JNE, Kenapa? Karena dari pengalaman saya sendiri di area Malang kinerja JNE sangat baik, servis untuk pengiriman barang selalu update dan biasanya sih cepet banget nyampe rumah. Cuma waktu itu saya pernah sih Karena ingin barang diambil lebih awal, saya coba ambil barang saya langsung ke kantor JNE pusat, ngantrenya lama, tapi masih masuk akal lahh. Disisi lain jasa TIKI sebenarnya cukup baik juga, tapi kadang sering ngaret sampe rumahnya, sehari dua hari. Tapi intinya sih nyampe, hhe. Untuk jasa lainya saya nggak pernah nyoba… Untuk masalah harga sih TIKI juaranya murah, hhe
Oke … Jadi yang ingin saya bahas disini adalah Jasa pengiriman khususnya di Denpasar. Saya nggak memasukan POS dalam pembahasan dibawah, kenapa? Karena saya jarang ngirim barang make POS, kecuali surat, hhe saya rasa kantor pos cocok digunakan untuk proses pengiriman formal atau pengiriman yang ditujukan ke daerah pelosok, Karena POS memiliki jangkauan yang paling luas. Kalo masalah pelayanan sih POS udah TOP, yahhh kan udah berdiri cukup tua, hhe. Harga nya murah lagi.
Oke kembali ke topik, disini saya akan urutkan jasa pengiriman yang menurut pengalaman saya pelayanan nya paling baik, disini saya akan berbicara dari segi penerima barang, bukan pengirim  :


1.       TIKI

Saya taruh TIKI di urutan pertama Karena saya sama sekali tidak punya pengalaman buruk dengan jasa di TIKI di Bali. Poin pertama jelas harganya murah selain harga murah, kantor pusat dan kantor pengambilan barang juga dekat dengan pusat kota Denpasar, so sangat mudah dijangkau. Untuk kantor cabang pusat ada di dekat Lapangan Alun Alun Puputan, sedangkan untuk pengambilan barang ada di daerah Pura Demak. Barang saya yang dikirim selalu sampai dengan tepat waktu bahkan kadang sampe lebih awal. Selain itu juga kurir nya selalu ngehubungi kita setiap mau ngirim. Pernah sekali aja sih si kurir nya katanya bingung nyari alamat saya, entah antara emang beneran bingung atau Karena males ngirim, hhe akhirnya saya harus ngambil sendiri ke kantor TIKI. Awalnya sih saya kepikiran bakalan ngantri lama nih (punya pengalaman buruk saat ngambil barang di JNE). Ehh ternyata saat nyampe kantor TIKI sepi, hhe jadinya langsung nyetorin resi dan barang kita udah di depan mata.

2.       JNT

Baru pernah nyoba sekali menggunakan jasa JNT, saat pembelian online di aplikasi Bukalapak. Harga murah, kayaknya overall setara TIKI dehh. Oh iya JNT juga bisa gratis jemput antar barang lohh, tapi belom pernah nyoba sihh. Yang paling suka sama dengan JNT sih website nya, update nya cepet banget dan detail juga. Jadi posisi barang kita ada dimana, serta jam berapa dikirim dari sananya, hingga kantor cabang mana yang menerima paket kita juga tersedia. Tidak seperti di TIKI maupun JNE yang hanya memberi update setengah2.


Waktu itu pengiriman dari Jakarta sekitar jam 8 malem, terus ikutan pengiriman besok nya hingga akhirnya lusanya udah sampe di Denpasar. Berhubung saya udah ngebet pengen ambil barangnya jadi saya coba untuk mengunjungi kantornya. DI website tertulis kalo barang saya berada di salah satu kantor cabang Hayam Wuruk Denpasar. Ketika saya sampai di sana. Saya langsung bisa menemukan barang saya tanpa antre dan tanpa banyak cincong. Nah si CS nya pun bilang bahwa sebenernya tadi udah sempet di bawa kurir tapi Karena bingung alamatnya jadi mau dilanjutinnyari alamat nya di esok hari. Dalem hati saya berpikir kenapa nggak nelfon ya, hhe tapi ya sudahlah toh pada akhirnya barang tetep nggak terlambat kan sampenya, hhe
Satu hal yang menurut saya perlu dicontoh oleh Jasa lain dari JNT adalah, untuk sistem pengambilan barangnya JNT dibagi bagi sesuai dengan wilah masing2 cabang, Jadi wilayah mana yang lebih dekat dengan kantor cabang JNT maka disitulah barang ditaruhnya, jadi di setiap cabang punya kurir gitu. Imbasnya memang kurir yang dibutuhkan oleh jasa akan lebih banyak, dan mobilisasi akan terpencar Karena setiap ada barang masuk harus dipisah dan diantarkan ke kantor2 cabang yang bertugas di wilayah tertentu. Tapi jika kita lihat sisi baiknya adalah, management barang akan lebih teratur, proses pengambilan barang oleh konsumen akan lebih mudah tidak seperti JNE maupun TIKI yang terpusat hanya di satu tempat. Saya rasa JNT sudah memikirkan matang2 mengenai hal ini dan telah menyusun perencanaan management yang cukup baik. Salut dahhh. ……

3.       JNE

Sebenarnya JNE pelayanan saat pengiriman barang cukup baik. Tapi ada beberapa hal yang membuat saya kecewa dengan kinerja JNE. Pertama adalah Website kadang kurang update, barang kita ada dimana, tapi di website ditulisnya dimana…..
Kedua JNE suka ngediemin barang, nggak cuma sekali lohhh, udah beberapa kali saya membeli barang dengan jasa pengiriman JNE dan sering telat sampe rumah, padahal di website seharusnya udah dr beberapa hari yang lalu nyampenya. Mungkin JNE kebanyakan barang jadi bingung mana yang harus dikirim duluan. Kadang ini ngebikin jengkel lohhh, soalnya kan kita juga punya planning yang udah kita rancang yang melibatkan barang yang udah kita beli. Ketiga, kagak pernah ngasih update tuhhh, beda ama TIKI yang sering nelpon, JNE sama sekali nggak pernah nelpon atau sms, padahal udah jelas2 tuh di box barang kan ada no telepon penerima barang, kalo bingung nyari alamat ato kalo emang ada gimana sama barang kita paling nggak kan kita bisa nyari solusi bareng, hadehhhh.
Poin terakhir adalah kantor pengambilan barangnya semrawut…. Berantakan selalu rame, ngantri bisa sampe 3-4 jam buat ngambil barang yang belum tentu juga sudah bisa diambil. Udah beberapa kali datengin kantor buat ngambil barang Karena barang saya nggak sampe sampe, tapi selalu gini terus, dan nggak Cuma saya banyak orang juga yang ngeluh di kantor JNE bali. Nggak sedikit juga yang berkata2 kasar ke CS nya JNE disana, pokoknya kalo ngambil barang rasanya udah kayak demo lahh, bahkan tawurann… Management pengambilan barang di JNE bali ini saya rasa bener2 nggak teratur. Terkadang walaupun sudah antre lama dan udah jelas barang udah ada di kantor ini tapi barang kita nggak bisa diambil Karena katanya masih berantakan, belum di data, dan sulit dicari,,,, Whatttt …… busett emangnya pas barang dateng nggak ada checklist gitu? Nggak langsung dipisahin sesuai dengan alamatnya gitu? Apa jangan2 barang dateng langsung dilempar lempar aja di Gudang, jadi makanya proses pemisahanya lama… Hedehh… Saya paham sih mungkin barang yang dikirim melalui jasa JNE sangat banyak banget sehingga mungkin pegawainya kualahan, tapi yahh diatur gimana gitu supaya lebih teratur, entah sistemnya atau pegawainya yang ditambah… ya gitulahh pengalaman saya tahun lalu, tahun ini saya belum pernah pake jasa JNE lagi, rada trauma, hhe


Jadi mana yang lebih baik? Saya rasa semua punya kelebihan masing2 di setiap area :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Mana Jasa pengiriman yang Lebih Baik? JNE / TIKI / JNT ??
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.