Friday, December 9, 2016

The Japan Festival of Udayana (D'JAFU)

Kali ini saya akan membahas event D’JAFU. Event ini diselenggarakan oleh FIB universitas Udayana. Sejak awal sih udah exited banget sama event ini, katanya ini merupakan event terbesar di Denpasar, bahkan mungkin di Bali. Untuk mengikuti event ini fee yang dikenakan untuk Event ini dimulai kalo enggak salah sejak jam 10 pagi hingga jsekitar jam 9 nan, saya juga kurang tau karena saya nggak ikut keseluruhan acaranya sampai selesai. Acaranya sendiri bukan diadakan di Universitas seperti event2 univ lainya. Tapi diselenggarain disalah satu area terbuka yang cukup luas yaitu di kertalanggu. Udah ketebak sih gimana panasnya kalo dateng ke event siang2. Mungkin di UNUD nggak ada lokasi yang cukup luas untuk event ini

Area Panggung Kertalanggu, Denpasar, Bali

Pintu masuk depan

Saya dan rekan saya datang sekitar jam set 2 siang. Waktu itu sih matahari masih terik banget, awalnya sih saya kira jam seginian bakalan sepi disana, pengalaman dari event2 sebelumnya sih yang biasanya ramenya sekitar jam 3 an keatas disaat matahari udah agak turun. Tapi pas nyampe lokasi waaww, diluar dari pemikiran saya, dilokasi event udah rame banget, parkiran bejibun baik motor maupun mobil. Ketika kami masuk kedalam lapangan kertalanggu, wahh ramenya udah ada banyak banget orangnya, hiasan hiasan ala ala khas Jejepangan, pohon sakura buatan, dan gantungan2 unik terpampang ketika saya masuk kedalam, aura nya bener bener jepang banget. Dari sini saya udah ngerasa feel better lahh sama nih event.

Salah satu stan

Masuk lebih dalam, disana terdapat banyak stan di sisi kiri dan kanan dari lapangan. Mulai dari makanan, minuman, stan info pendidikan, buku buku, baju, aksesoris, juga ada stan komunitas. Cukup lengkap sih menurutku. Nggak seperti event lain di bali, di event ini untuk stan komunitas action figure, bener bener di pampang berbagai action figure, jadi kita bisa ngelihat dan bisa take foto deh bareng action figure nya. Stan lainya juga banyak yang menarik minat saya untuk mengunjungi dan berlama2 di stan, saya banyak melihat buku2 jepang, kemudian ada juga games, selain itu bagi penggemar one ok rock dan jkt48 juga bisa bergabung dengan komunitas disana. Bener bener rame lah disana.
Untuk acara intinya sih seperti event2 lainya, ada beberapa band, ada coswalk, dance cover, dan lainya. Tapia da salah satu acara yang seru, yaitu flashmob. Awalnya sih saya kira cuma dance biasa aja dari mascot, tapi lama kelamaan, panitia pada ikut juga, music pun berubah ke lagu “fortune cookies nya Jkt48” makin banyak orang yang ikut dance, salah satu rekan saya pun juga ikut gerakanya, pada akhirnya saya pun ikut, hehe. Seru banget lahh pokoknya.
Di event ini saya udah nggak banyak foto2 bareng cosplayer lagi. Saya melihat sisi lain dari sebuah event, saya rasa saya sudah semakin dewasa, hhe. Melihat antusiasme dari para pengunjung yang luar biasa membuat diri saya merinding. Saya pun ikut terbawa suasana, berkeliling di event ini mencari raut raut yang tak pasti, hehehe 

Si Ais dan Falen

Rekan Galleard, bareng si marshmellow, hehe

Nah ini


Salah satu action figure yang dipajang

Performs cosplayer

Met wth old friend in there

MC

Cosplayer

Native Jepang yang ramah banget



Antusiasme pengunjung

Taraa..... Guest Star di Event ini

Nggak salah lah kalo ini dibilang event terbesar di Bali. Walaupun mungkin memang jika saya bandingkan dengan beberapa event di area Jawa masih sedikit kalah, tapi untuk ukuran event di bali ini sudah sangat bagus banget. Kemudian sorenya ada pertunjukan tradisional jepang, seperti tarian2 gitu, kurang tau juga sihh, tapi pertunjukan ini jadi penutup yang seru buat saya, bagus banget performnya, anak2 kecilnya lucu2. Sebenarnya bukan penutuo event sih, masih ada lagi acara setelahnya cuman saya udah harus pulang, karena masih mengemban tugas berat dari Hokage, hhe. Yup saya nggak ikut eventnya sampai malam, so saya nggak bisa nyeritain gimana acara malemnya. Buat temen2 yang pengen liat lebih jelas gimana sih D’JAFU itu bisa liat nih video yang saya buat dibawah:


Di event ini, menurut saya sih pengunjungnya ramai banget kayak event di Egao Matsuri STIBA, trus untuk performance dari cosplay dan band nya bagus banget mirip dengan di event di Seishun No Matsuri. Bisa dibilang event ini mungkin seperti gabungan dari event2 besar di Bali. hehe ini Cuma pendapat pribadi saya sih… berhubung ini merupakan event dengan tema festival jadi saya membandingkan dengan event2 festival juga. Di Bali sendiri banyak event2 jejepangan yang walaupun nggak bergenre real festival, tapi juga seru seru kok. Nah event ini merupakan salah satu referensi bagi temen2 di Bali maupun di Luar bali yang suka dengan dunia Jepang, ataupun para otaku dan hikikomori pas banget nih, kalo kalian lagi ada di Bali bisa datengin nih event, Event ini biasanya diadakan di bulan November setiap tahunya. Untuk info event2 lainya klik link disini EVENT JAPANESE FESTIVAL DI BALI

Bagikan

Jangan lewatkan

The Japan Festival of Udayana (D'JAFU)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.