Wednesday, September 20, 2023

Novel Final Fantasy 7 Remake Traces of Two Pasts (Indonesia) Part 2


  Dr Sanku mendiagnosisnya dengan pergelangan kaki kanan terkilir.

 “Sandal Aku rusak, dan area di mana pergelangan kaki Aku tergores menjadi sangat terinfeksi, Aku terbaring di tempat tidur karena demam selama seminggu. Yang lebih parah lagi adalah mengetahui Maru hilang karena ayahku tidak sengaja membiarkan pintu terbuka.” 

“Astaga! Kalau hujan pasti turun deras ya? Tunggu, jadi kamu akhirnya tetap menggunakan nama Maru.”

 “Ayahku melibatkan seluruh desa untuk mencari anak kucing yang hilang itu. Kepala desa kami pasti sudah memberi tahu semua orang nama kucingku saat itu, jadi ke mana pun orang pergi, mereka akan memanggil nama “Maru”. Aku tahu kedengarannya mengerikan, tapi kucing dan namanya adalah dua hal yang sama sekali tidak bersalah, lho.” 

Catatan: Beberapa orang menyebutkan bahwa Maru, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, terdengar seperti kata “mal” dalam bahasa Prancis, yang berarti buruk/jahat.

  Setelah demamku mereda, teman-teman keluarga datang menjenguk. Kegembiraan yang aku rasakan hanya sesaat, dan pada hari ketiga, Aku sudah merasa muak. 

“Terlalu merepotkan dengan orang-orang yang keluar masuk setiap hari, dan Aku rasa Aku juga tidak bisa menghabiskan semua makanan ringan yang mereka bawa.”

 

Dia butuh waktu untuk menyendiri.

 “Jangan katakan itu,” kata ayahnya.

 “Kalau begitu bolehkah aku keluar? Aku ingin membantu mencari Maru juga, dan dokter mengatakan Aku harus mencoba berjalan, ingat?”

 "Baiklah. Kamu bisa pergi lusa.”

 "Bagaimana kalau besok? Silakan?"

 “Aku harus pergi ke pegunungan. Kami tertinggal dalam perbaikan jalur menuju reaktor mako.”

 “Aku bisa melakukan latihan jalan sendiri. Aku berjanji tidak akan pergi ke mana pun di luar desa.”

  Ayahnya merenungkan pemikiran itu. Tifa punya gambaran tentang apa yang ada di kepala ayahnya - dia mungkin merasa tersakiti oleh kata-katanya. Gagasan bahwa dia tidak membutuhkan bantuannya tentu saja membuatnya kesal.

 "Baiklah. Sekarang dengarkan aku…”

 Yang terjadi kemudian adalah ceramah panjang lebar tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta setiap tindakan pencegahan yang dilakukan. Tifa mendengarkan tanpa protes.

 Keesokan paginya, tepat setelah ayahnya berangkat ke pegunungan, seolah menunggu petunjuk, seorang pengunjung memanggilnya. Itu adalah ibu Cloud, Claudia Strife.

 “Aku benar-benar minta maaf karena datang pagi-pagi sekali, tapi aku ingin membawanya kepadamu.”

 Ada seekor anak kucing bersandar di pelukan Claudia. Itu adalah Maru.

 "Oh terima kasih! Di mana kamu menemukannya?”

 “Cloud menemukannya kemarin, di gerbang gunung. Aku menyuruhnya untuk membawa kucing itu ke kamu segera, tapi anak itu tidak mau mendengarkan! Jadi, aku yang membawanya.”

 Tifa berterima kasih pada Claudia, lalu membawa Maru ke atas bersamanya ke kamar tidurnya.

 “Selamat datang di rumah, Maru. Tidak pernah terpikir Cloud tahu tentangmu.” 

Sekarang dia tidak perlu mencari Maru, pergi keluar sepertinya tidak lagi menarik. Meskipun dia mengangkat topik latihan berjalan dengan sungguh-sungguh, rasa sakitnya masih tetap ada.

 

Emilio datang berkunjung saat itu. 

“Ayo, waktunya berolahraga!” ucapnya sambil mengangkat keranjang hingga ke dadanya. “Aku membawakanmu teh dan beberapa buah.” 

"Hah?" 

“Ayo kita coba turun ke air terjun. Setidaknya di sana kami akan tetap jujur jika memberitahunya bahwa kami berada di dalam batas kota.” 

“Apakah ayahku mengatakan sesuatu padamu?” 

“Ya, dia memintaku untuk mengantarmu selama latihan jalan kaki. Memintaku untuk memastikan kamu tidak meninggalkan desa. Hal-hal seperti itu.” 

Emilio tampak gelisah. Dia pasti mengira ada sesuatu yang istimewa di balik permintaan bantuan ayahnya.

 

Saat dia meninggalkan rumah ditemani Emilio, mereka bertemu Lester. Di dalam pelukannya, seperti yang dia duga, sebuah keranjang. Ekspresi ketidakpuasan yang sekilas terlihat di wajahnya tidak luput dari perhatiannya.

  Meskipun itu adalah sumber air desa, semua orang hanya menyebut tempat yang mereka tuju sebagai “Air Terjun”, tempat itu berfungsi sebagai saluran keluar untuk menampung air di Nibelheim.

  Anak-anak lelaki itu mengantarnya ke kolam air terjun dan membantu menopangnya saat dia berjalan tertatih-tatih dengan kakinya yang terluka. Sesampainya di tempat, Tifa menyadari Taylor sudah ada di sana, mencari tempat kering untuk mereka.

  Kini terlihat jelas bahwa ayahnya telah menelepon ketiga temannya.

 

“Karena waktu makan siang sudah hampir tiba,” kata Lester, “aku membawakan beberapa sandwich. Kami membuat daging ham nya sendiri!” 

Emilio dan Lester bersorak. Resep ham keluarga Taylor ternyata selalu enak. Bahkan Tifa yang tadinya merasa murung pun mau tak mau mengungkapkan kegembiraannya.

  Saat mereka berempat berkumpul, pembicaraan biasanya beralih ke Midgar, kota impian para anak laki-laki. Ada sebuah sekolah di Midgar, dan siswanya harus belajar dengan giat. Anak-anak di daerah kumuh belajar membaca dan menulis dari relawan yang berasal dari Midgar. Mungkin tingkat pendidikan mereka sama dengan anak-anak di daerah kumuh.

  Jalan pintas untuk masuk ke Kompi Shinra dari daerah kumuh adalah melalui Prajurit, dan mereka bertanya-tanya seberapa besar kemungkinan seorang Prajurit akan mati. Mereka mengira uang adalah solusi setiap permasalahan orang-orang di Plate. Ada beberapa fakta, mitos, dan kesalahpahaman dalam diskusi mereka, namun raut wajah mereka serius.

  Bagi Tifa, Midgar, dengan caranya sendiri, menjadi subjek yang sangat menarik baginya. Mau tak mau dia memikirkan dunia yang jauh ini, kota besar ini, dengan rasa takjub dan gembira.

 “Jika kamu pergi dan tinggal di Midgar, apakah kamu ingin kembali ke sini?” kata Tifa.

 “Jika Aku tidak bisa beradaptasi dengan kehidupan kota, maka tidak ada pilihan lain.”

 “Aku tidak ingin orang-orang di sini memandang Aku seolah Aku seorang pecundang, jadi jika hal itu terjadi, Aku mungkin akan pindah ke kota lain.”

 “Tapi kalau tidak ada di antara kami yang kembali, kamu akan kesepian ya, Tifa?”

"Siapa yang akan tahu?" dia berkata. “Kamu bahkan mungkin melupakanku.”

  Tifa merasa malu saat kata-kata itu keluar dari mulutnya. Kedengarannya dia sedang merajuk, dan benar saja, Emilio dan yang lainnya mulai berusaha menghiburnya. Ketika mereka meninggalkan baskom air, anak-anak itu mulai berbicara satu sama lain. 

“Pikniknya menyenangkan! Ayo kita lakukan lagi kapan-kapan!”

 “Kamu menyebutnya piknik? Kita perlu melangkah lebih jauh untuk itu.” 

“kamu bisa piknik di dekat sini. Jangan sampai tertukar dengan hiking.” 

“Bagaimana kalau pesta teh?” Tifa menimpali. “Pesta teh tampak begitu elegan dan menyenangkan.” 

Dia teringat foto dirinya duduk di pangkuan ibunya sementara ibunya duduk di meja teh luar ruangan yang terletak di padang rumput, menyeruput teh bersama beberapa kerabatnya yang lebih kaya selama Era Republik. Kakek dan nenek ibunya mungkin juga ada dalam foto tersebut. 

"Pesta teh? Apa itu?"

 “Yah, jika Tifa ingin melakukannya, aku akan dengan senang hati melakukannya!”

 "Aku juga!"

 “Pesta teh” berlanjut hingga jumlah pesta menjadi berkurang, dan kemudian satu per satu anak laki-laki meninggalkan kota.

 

Lanjut ke part 3


Bagikan

Jangan lewatkan

Novel Final Fantasy 7 Remake Traces of Two Pasts (Indonesia) Part 2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.