Thursday, August 6, 2020

Perjalanan Memilih UPS FSP cuman 600rb an 800VA, Komputer dan ps4 bisa lebih awet



Mati listrik dadakan udah jadi makanan sehari2 sih, cuman saya baru sadar sejak kemarin pas lagi seru main game ehh tiba2 listrik mati. Tanpa ada [emberitahuan sebelumnya, alhasil semua progress yang udah saya kerjain di game juga hilang gitu aja, bukan cuman itu, ps4 mendadak pas dinyalain jadi eror, trus dia otomatis nge rebuild database gitu, Ada perasaan takut gitu, ntar kalua next mati lagi apa bisa rusak dadakan? Baik itu di psu atau di hdd nya yang emang rawan sih kalua sampe kena putus listrik lagi. Sebelumnya juga computer pernah mati dadakan pas listrik jeglek, kali ini ps yang jadi korban. Hati gundah, tapi yam au gimana lagi?
Akhirnys saya putuskan untuk membeli UPS, banyak orang di forum computer yang menyarankan untuk menggunakan UPS agar Ketika listrik mati dadakan kita bisa punya waktu buat nyimpen atau close perangkat kita dulu karena di UPS kan ada baterai jadi nggak sampe mati dadakan gitu. Saya nyari beberapa referensi UPS yang sekiranya cocok, daya computer saya paling nggak sekitar 200-3—W lah, TV atau monitor paling gede 65W, sedangkan PS ada dikisaran 165W. TV dan monitor nggak mungkin nyala berbarengan, begitu pula PS dan PC. Jadi perkiraan paling sekitar 350W sih daya yang dibutuhkan. Mulai lah mencari
Ada banyak banget rekomendasi merk yang ada, tapi saya cuman interested ke 3 merk yang memang ready juga di toko area rumah saya, yaitu merk APC, prolink, FSP. Setelah menimbang akhirnya saya memutuskan untuk membeli merk FSP 800VA (480W) dengan harga sekitar 620rb di toko deket rumah, yaitu di BTG, tapi karena mager saya ordernya lewat Tokopedia dengan pengiriman by Gojek, sebenernya tujuan utama saya biar dpet cashback sih, kalua nggak salah ada cashback 30rb, kan lumayan lahh, udah pengiriman free lagi tinggal duduk manis dirumah.
Saya memilih FSP ini, pertimbangan pertama karena memang saya juga make psu fsp Hexa+II, karena satu merk saya rasa harusnya kinerja udah sesuai tanpa harus mikirin apa arus listriknya nggak crash atau apalah… Selain itu juga saya lihat spek UPS ini lumayan juga walau dari body agak terlalu sederhana sih. UPS ini juga berperan sebagai penstabil daya listrik (pengganti stavolt dah) juga memiliki fungsi sebagai slow start, jadi oas listrik awal itu nggak makan watt tinggi hingga bikin jeglek. Memang nggak banyak yang ngereview merk ini khususnya di Indonesia tapi garansinya toh Panjang, 3 tahun resmi by NJT, harusnya sih merk ini usdah teruji. Distributor NJT jkan bukan distributor abal abal, saya juga udah sering beli barang dr distri ini sebelumnya.
Barang udah sampai, bener ternyata,desainya minimalis banget, bahan luarnya besi tipis kayak murahan gitu, emang murah sihhh harganya hehe…… bobotnya berat banget, lebih dari 5kg deh kayaknya. Langsung aja saya colok dan VOILLAAA, ya udah sih, intinya lancar sih, walau nggak sempet ngetes cabut listrik kmren karena langsung ada kerjaan. Sejauh ini belum ada mati listrik lagi jadi saya nggak bisa ngetes berapa lama tahan nya baternya. Males juga cabut stop kontak cuman buat ngetes, jadi yaudah lah, paling nggak dengan UPS ini hati udah lebih tenang, nggak takut ada dadakan mati lagi. Semoga aja ini barang bisa awet, seandainya pun ntar ada masalah, toh masih ada garansi, jadinya aman aman aja sih, hehehe


Bagikan

Jangan lewatkan

Perjalanan Memilih UPS FSP cuman 600rb an 800VA, Komputer dan ps4 bisa lebih awet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.