Wednesday, February 13, 2019

Pengaruh Jumlah Fan Case di PC


Berawal dari bunyi fan PC yang udah mulai ribut saya pun nyoba buat ngebuka daleman PC sekalian rencananya sih mau ngerapiin kabel PSU. Disinilah saya kepikiran buat nembahin fan casing sekalian nyoba nge tes apakah ada perbedaan suhu nantinya. Sebelumnya saya sempat membaca sebuah artikel bahwa ada aturan tertentu ketika memasang Fan casing jadi arah masukan maupun keluaran angin harus diperhitungkan agar suhu dalam PC tetap terjaga. Saya baru pertama kali tau hal ini,, saya pun penasaran dan langsung ngebuka casing PC. Oh iya PC saya menggunakan casing T2x armagedon jadi gampang banget ngebuka dan nelanjangin setiap sisinya. PC saya menggunakan 3 fan casing, dengan posisi 1 fan berada di depan dengan arah airflow ke dalam (input) dan 2 fan berada di atas dengan arah airflow keluar (exhaust). Secara teori sih ini sudah menggunakan system negative pressure, udah pas sih apalagi kalo diruangan tanpa AC.

Posisi Awal

Sebelumnya saya bongkar, saat kondisi idle suhu cpu saya sekitar 30 - 45oC dan GPU saya sekitar 30 an oC. sedangkan saat kondisi full load, yaitu ketika saya coba mainin games seperti battlefielf 4 atau GTA V, cpu sekitar 60-70oC dan GPU saya sekitar 70 an oC. Sebenarnya suhu tersebut masih termasuk suhu normal sih kalo saya lihat pembahasan di forum2. Awalnya saya ingin mengganti 1 fan di sisi atas yang berisik, namun setelah saya telusuri, fan tersebut ketika dalam posisi berdiri ternyata tidak berisik, so saya kepikiran buat mindah posisi saja, fan yang depan saya pindah ke sisi atas, kemudian fan berisik yang diatas saya pindah ke bagian depan. Selain itu saya juga telah menyiapkan tambahan 2 fan yaitu 1 fan standar dan satunya fan led Alseye blue. Disini saya mencoba memaksimalkan kelima slot fan yang tersedia di casing.
Saya tetap memakai konsep awal, yaitu negative pressure, dimana saya memasang 2 fan di sisi depan sebagai input (saya tambahkan 1 fan standar hitam, berhubung saya nggak punya baut, jadi saya coba aja iket pake tali raffia J

Sisi depan

Kemudian untuk sisi atas posisi tetap seperti sebelumnya yaitu sebagai keluaran atau exhaust, hanya saya bersihkan saja bagian filternya agar, di sisi belakang saya pasang fan elseye yang baru saya beli dengan posisi sebagai output atau exhaust. Oh iya keempat fan saya pasangkan ke sambungan molex langsung ke psu, jadi secara otomatis fan ini akan terus berputar dengan kecepatan putaran 100% ketika pc dinyalakan, terkecuali Fan elseye yang saya sambungkan ke 3 pin mobo sehingga dapat berputar sesuai dengan kerja dari pc. 
Setelah semua fan sudah terpasang, saat nya untuk mencoba tes suhunya…. Karena games battlefield 4 dan GTA yang kemarin saya coba udah kehapus, hhe saya coba games lain, saya instal battlefield 1, yang notabenenya lebih berat dari 2 games sebelumnya, yang harusnya memaksa pc untuk melakukan full load. Suhu awalnya saat idle atau tidak ada aplikasi yang saya buka adalah cpu 28-35 oC.dan gpu masih sama yaitu 30 an oC sedangkan saat kondisi full load, yaitu setelah 2 jam bermain games battlefield 1, saya agak kaget sih, karena suhunya jauh banget dari sebelumnya, yaitu cpu sekitar 50 an oC dan GPU saya sekitar 60 an oC, turun sekitar 5-10 oC. disisi lain saya juga melihat suhu Hdd nya, berhubung saya menambah fan tepat di samping hdd. Suhu nya sekarang hanya sekitar 20-30 an oC saat memainkan games, yang mana sebelumnya seingat saya suhu sekitar 40anoC ketika bermain games.

Cek suhu dengan HW Monitor

Dari sini saya mengambil kesimpulan dahwa system airflow yang baik benar2 membuat suhu di dalam system pc kita terjaga, menjaga kebersihan filter juga berpengaruh untuk menjaga performa pc. Oh iya dalam kasus pc saya ini saya merasa fan di sisi belakang ini sangat berpengaruh besar. 2 fan disisi atas saya rasa belum cukup tangguh untuk mengeluarkan hawa panas si dalam pc, dengan adanya fan tambahan yang berposisi sangat dekat dengan cpu membantu pengeluaran hawa panas, selain itu juga menghindari turbulensi yang terjadi akibat airflow dari input maupun dari fan cpu dan gpu. Fan tersebut juga mencegah hawa panas yang keluar dari casing akibat dorongan dari fan gpu tidak bisa masuk kembali ke dalam pc sehingga suhu gpu tetap stabil. Di sisi hdd tambahan fan tepat disampingnya membuat hawa panas yang keluar dari hdd dapat langsung di dorong oleh airflow input dan langsung diserap oleh fan exhaust. Pengaturan kabel psu yang lebih rapi membuat kondisi didalam psu menjadi lebih luas sehingga tidak menghalangi proses airflow di dalam pc.

Last Result



Bagikan

Jangan lewatkan

Pengaruh Jumlah Fan Case di PC
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
March 6, 2022 at 2:11 PM

Mantap artikelnya, terima kasih!!

Reply