Monday, November 27, 2017

Join Stan Projek Bunkasai Saraswati


Mungkin memang sudah menjadi hal biasa bagi seorang penggemar jejepangan seperti saya untuk mengunjungi japan festival. Sejak tahun 2014 ketika saya masih duduk di bangku kuliah saya, itulah pertama kalinya saya mengunjungi sebuah event jepang. Awalnya saya sangat tercengang, nggak menyangka bahwa orang yang menyukai budaya dan film2 jepang ternyata bukan cuma saya, tapi banyak banget. Pertama kalinya saya melihat orang menggunakan kostum sebuah karakter anime benar benar membuat saya berdebar, berdiri diantara orang orang yang menyanyikan sebuah lagu jepang bersama, bersorak dan mengayunkan tangan keatas, perasaan itulah yang pertama kali nya membuat saya merasa nyaman dengan event jejepangan. Saya yang awalnya merasa punya dunia sendiri ternyata tidaklah sendiri. Sejak saat itulah saya mulai menghadiri event2 jejepangan lainya.
Tahun ini menjadi tahun yang berbeda. Berawal dari perasaan jenuh menghadiri ke sebuah event dan selalu melakukan hal yang sama, yaa memang seperti itulah event, kadang memberikan hal yang membekas dan menyenagkan, terkadang hanya berjalan membosankan. Apakah saya harus berhenti menghadiri sebuah event? Mungkin, tapi saya merasa saya masih memiliki ketertarikan yang kuat tentang jepang, lagi pula beberapa event yang saya hadiri memberikan saya sebuah benih,  benih yang terus memberikan semangat untuk go through Japan. Saya masih punya impian untuk ke Jepang, baik untuk belajar maupun untuk bekerja. Saya nggak boleh menyerah, menjauhi sebuah event perlahan akan mengikis cita cita saya tersebut, saya harus terus berjuang dan berusaha untuk mengumpulkan semangat sedikit demi sedikit hingga suatu hari saya berhasil menggenggam cita2 saya.
Akhirnya, Saya pun berpikir ingin ikut berkontribusi dalam sebuah event jepang, bukan hanya sebagai pengunjung pasif saja. Banyak opsi yang ada di kepala saya. Apakah saya menjadi cosplayer saja? NOO, saya rasa saya bukan orang yang cocok untuk hal tersebut, Apa saya bergabung dengan komunitas? Mungkin opsi yang menarik, namun hingga saat ini pun saya belum menemukan komunitas yang sesuai dan bisa menggugah hati saya untuk bergabung. Hal terakhir yang terbesit di benak saya adalah, kenapa saya nggak menyewa salah satu stan saja,toh saya juga ada bisnis kecil di bidang desain, selain bisa berkontribusi di event saya juga bisa mempromosikan produk saya. Saya mulai menyimpan planning saya dan mulai mencari event besar terdekat, yaps sekarang saya mulai memilih2 event, dan hanya memasuki event2 besar yang sekiranya dapat memberikan dampak psikologis sebuah semangat kepada diri saya, bukan hanya sebuah event kacangan seadanya.
Ketika saya menemukan sebuah event yang cocok, saya langsung mencoba untuk menghubungi panitia. Beberapa teman saya yang saya ceritakan mengenai hal ini pun ingin bergabung dengan saya untuk menyewa stan. Saya yang awalnya hanya ingin untuk mempromosikan bisnis kecil saya sambil menikmati event dari sudut pandang yang berbeda pun akhirnya mulai berbelok, saya menerima ajakan untuk join, so kita menambahkan untuk menambahkan bberapa menu di stan untuk menambah penghasilan. Saya pikir ini bakalan jadi sebuah petualangan baru yang seru. Event pertama yang kami ikuti adalah Bunkasai di STIBA Saraswati.
Agak sedikit mengecewakan memang di event pertama ini selain karena saya sudah memesan stan yang berada tepat di depan panggung tapi saat hari H entah kenapa stan kami malah berada sedikit agak di pojok sehingga saya tidak bisa menikmati event secara langsung, agak sedikit berbeda dengan bayangan saya karena ternyata cukup lelah juga menjaga stand dan melayani pelanggan seharian. Namun banyak hal baru yang saya peroleh dari event ini, saya harus bertahan dan akan mencoba lebih baik lagi di event selanjutnya….






Bagikan

Jangan lewatkan

Join Stan Projek Bunkasai Saraswati
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.