Thursday, October 27, 2016

Tempat Kursus bahasa Jepang di Bali


Jepang saat ini sudah semakin mendunia. Sebagai Negara yang memiliki inovasi sangat baik Jepang telah diakui Dunia dan produk produk dari Jepang sudah sangat diakui kualitasnya. Kalo kita ngeliat iklan iklan di TV banyak kan yang ada embel embelnya “teknologi Jepang”, “buatan Jepang”, dan lainya. Produk produk Jepang diunggulkan lah kalo di Indonesia. Bahasa dan Budaya Jepang juga menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sebagian besar sekolah di Indonesia. Berhubung makin kesini jepang makin banyak memasuki kehidupan masyarakat baik produk dan budayanya. Nah dikesempatan ini saya ingin berbagi info tentang tempat kursus Bahasa Jepang yang ada di Bali. Ada beberapa tempat kursus yang terdapat di Bali, namun tempat yang pernah saya datangi secara langsung hanya 3 tempat saja, 3 tempat kursus ini sepertinya mempunyai kualitas yang baik dan memang professional dan bahkan mungkin nama-namanya sudah tidak asing di telinga pelajar di Bali. oke langsung saja:

1.      Pandan College
Bagi siswa-siswa bali pasti udah nggak asing lagi dengan nama ini, Pandan College selalu hadir di iklan bagian cover Tabloid Wiyata Mandala yang selalu dibagikan gratis di sekolah sekolah di Bali. Saya sendiri udah sering denger sejak masih sekolah dulu nama Pandan College. Pandan College merupakan salah satu tempat kursus terbaik di Bali, bahkan mungkin di Indonesia. Di Denpasar Pandan College beralamat di Jl Cok Agung Tresna No 15. Pandan College memiliki tempat yang sangat nyaman, saya sempat mengikuti kelas percobaan gratis sebanyak 2 kali dan sangat merasa nyaman belajar disana. Tutornya terlihat professional, dan juga terdapat beberapa pengajar native, jadi nggak antara tutor lokal sama nativ kayaknya gentian gitu ngajarnya, kurang tau juga jadwal pastinya. Waktu proses mengajar sendiri, mungkin sekitar 99,9% tutornya selalu berkomunikasi menggunakan Bahasa jepang, sangat minim penggunaan Bahasa Indonesia nya. Hebatnya lagi, saat ikut kelas percobaan saya bisa mengikuti dan bisa paham semua yang dijelaskan oleh tutornya *mungkin karena keseringan nonton film Jepang. Sekelas sih waktu itu ada cuman 8 kursi jadi proses belajarnya menurut saya bisa sangat efektif. Sekarang saya sedang mempertimbangkan untuk mengambil kelas tetap di Pandan College, mungkin bulan depan saya bakalan jadi muris dari Pandan College. Oh iya kalo nggak salah kantor Pandan College Denpasar mau pindah ke daerah Renon.


Oh iya di Pandan college ini, udah bekerjasama juga sama sekolah sekolah Bahasa Jepang yang ada di Jepang. Namun tetep harus ada ujian dan kualifikasi yang ketat. Bimbingan mengenai sekolah di jepang dan berbagai info mengenai Pendidikan di Jepang juga selalu update disini. Disini juga terdapat perpustakaan khusus siswa nya. Untuk yang pengen update Bahasa jepang dan pengen studi ke Jepang cocok banget nih kursus disini.
Untuk harga sendiri di tempat kursus ini menyediakan beberapa level dan juga beberapa paket kursus. Untuk paket regular terdapat 3 kategori, untuk yang regular umum nya harganya Rp 5.000.000/Bln, 5 kali pertemuan/minggu, setiap pertemuan 2 jam. Ada juga paket regular  VIP Rp 7.500.000/Bln, dan paket regular medis Rp 2.500.000/Bln. Kelebihan paket regular ini kita bisa menyelesaikan level lebih cepat dengan paket non regular. Serta ada beberapa penawaran menarik bagi yang memenuhi syarat, misalnya beasiswa study dan bekerja ke Jepang.
Ada juga paket nonregular, paket ini lebih lama dalam menyelesaikan setiap level Bahasa, dan lebih ditujukan untuk orang yang ingin belajar Bahasa Jepang dengan tujuan tertentu. Ada beberapa jenis kelas nonregular, yang mau info lebih lengkap, bisa langsung tanya ke website Pandan College langsung atau kalo males ke Kantornya komen aja di bawah, nanti saya bagi brosurnya, sekarang lagi males nyecan.


2.      Yayasan Siki Bali


Tempat kedua ada Yayasan Siki. Bagi orang orang Denpasar yang sering ngelewatin daerah Jl Jaya Giri, pasti nggak asing lagi nih dengan Plang penunjuk Siki. Saya sendiri sudah sering banget ngeliatin plang Siki tapi baru baru ini aja sih nyadar kalo tempat kursus nya disitu, rada masuk gang gitu. Tempat ini lumayan terkenal, website nya juga apik, diwebsitenya menawarkan juga belajar dengan native. Waktu saya dating ke siki, kegiatan belajar sedang berlangsung. Beberapa murid mengikuti dari berbagai kalangan umur dan pekerjaan. Ada rak buku buku, dan madding yang penuh dengan poster dan tulisan tulisan hiragana-katakana. Suasananya benar benar mendukung suasana belajar. Walaupun tempat nya nggak se-elit di Pandan College. Saya sangat senang dengan tempatnya yang sangat nyaman. Disini bukan hanya belajar mengenai Bahasa Jepang saja. Namun kayaknya kegiatan sosialisasi sesame murid juga dibangung kuat disini. Ada pertemuan yang diisi dengan belajar budaya Jepang. Jadi seprti system sekolah gitu. Pokoknya suasananya nostalgia lahh.


Ada beberapa paket belajar disini, intinya sih paket regular dan paket private. Untuk paket regular kita belajar 2 kali seminggu. Untuk private kita bisa mengatur jadwal sesuai keinginan dan perjanjian awal. Ada juga beberapa paket lainya selain 2 paket tersebut, info lebih lengkap liat brosur dibawah. Untuk harganya sendiri di Siki jauh lebih murah dari di Pandan College. Namun system kenaikan level di Siki lebih lama. Bayangkan saja untuk naik satu level dibutuhkan waktu 3 bulan. Sedangkat ada 10 level disini. Tapi wajar saja sih soalnya kan cuma 2 kali pertemuan seminggu, dan waktu pertemuanya cuman 1,5 jam. Mungkin juga jumlah murid di setiap kelas lebih banyak dari di Pandan College.

Daftar Harga Paket Course di Yayasan Siki
 Berbeda dengan Pandan College, di Siki tidak memiliki relasi dengan sekolah Bahasa di Jepang, dan juga dengan perusahaan di Jepang. Namun kata FO nya kalo mereka punya info tentang study ke Jepang biasanya mereka tempelkan di Mading. Yahh bagi yang punya budget terbatas, tapi pengen belajar Bahasa Jepang dan mengenal Budaya Jepang, disini bisa jadi alternative yang tepat. Disini juga tempat yang bagus untuk menjalin relasi untuk mencari teman teman yang sesame menyukai budaya jepang. So pas banget lahhh.


3.      ITTO NOVA


Nahh tempat belaja ini ada di daerah Sanur. Yang ini kayaknya baru di Buka, soalnya waktu dulu lulus SMA belum ada tempat ini. Waktu saya ke sana langsung awalnya ragu, tempatnya elit banget. Luas dan berkilauan, hahaha. Dari info yang saya dapat, ITTO NOVA ini udah ada di Jepang sejak lama dan merupakan tempat bimbel yang terkenal di Jepang. Tapi untuk di Indonesia sendiri kehadiranya masih Baru, saya sendiri kurang tau apakah tempat kursus ini ada di luar Bali atau tidak. Saya sendiri merasa sangat nyaman dengan tempatnya, benar benar mendukung situasi untuk belajar, FO nya ramah dan cantic. Selain itu juga tempat parkir luas dan ruangan belajar terlihat modern dan tidak membosankan. Unuk kualitas belajar sendiri saya kurang tau, tapi kelihatanya sih bagus. Sayang banget lokasinya jauh dari rumah, sekitar 15 menit lahh, sedangkan lokasi kursus lainya cuman 2-5 menit jalan kaki (Pandan College dan Siki, hehe).

Ruangan depan (Fron Office)

Nyomot di Gugel
Sistem belajar di ITTO NOVA sangatlah unik. Tidak seperti tempat lain yang menggunakan system konventional, disini belajar menggunakan system poin. Jadi kita diawal beli poin, yang nantinya sewaktu waktu bisa kita tukarkan dengan jam belajar sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Jadi kayak system kuota prabayar gitu, kita beli diawal, trus kalo kita tinggal make, nah nanti kalo kuota habis tingga beli kuota lagi. Nah gitulah singkatnya. System ini berlaku untuk kelas grup dan kelas privat, hanya saja untuk kelas private poin yang dibutuhkan lebih banyak. Kita juga dapat memilih mau diajar oleh tutor yang local atau yang native, kalo untuk tutor native poinya lebih mahal lohh. Intinya kita bisa ngatur sesuka hati lahh, kita hanya perlu beli poin diawal dan sisanya kita yang mengatur kapan kita belajarnya.

Daftar Harga Poin

Biaya poin per pertemuan

Untuk kerjasama dengan pihak Jepang sendiri, kata mbak FO nya masih belum memiliki, namun kedepanya masih diusulkan. Wajar saja ya karena ini masih merupaka institusi baru, namun saya rasa tempat ini memiliki prospek ke depan yang sangat bagus, ini merupakan salah satu tempat kursus yang saya rekomendasikan sih, khususnya bagi yang sibuk dan memiliki jadwal yang fleksibel. Oh iya selain kursus Bahasa Jepang, di Tempat ini juga terdapat kursus untuk Bahasa asing lainya, seperti Prancis, Inggris, dan lainya, juga menyediakan paket bimbingan belajar bagi anak sekolah.



Oke itu 3 tempat kursus di Bali yang saya rekomendasikan, sebenarnya ada beberapa tempat lagi sih, seperti di “Language Assistance, Kamboja, dan lainya”. Namun saya nggak bisa ngasih rekomendasi, karena saya sendiri belum pernah survei ke tempatnya. Selain jauh juga saya sudah menentukan 3 tempat diatas sebagai tempat saya kursus, jadi nggak perlu survei lagi. Saya rasa 3 tempat diatas juga merupakan tempat terbaik, walaupun saya nggak bisa bilang pasti, karena pendapat orang itu fleksibel.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tempat Kursus bahasa Jepang di Bali
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.