Wednesday, October 19, 2016

Pengenalan dan Soal-Soal JLPT


            Mungkin temen temen nggak asing dengan yang namanya IELTS, TOEFL, dan TOEIC, yaa itu adalah sertifikasi umum yang banyak dibutuhkan sebagai bukti kemampuan Bahasa khususnya Bahasa Inggris. Nah kalo JLPT itu apa…?

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang bagi non-penutur asli bahasa Jepang dan akan mendapatkan sertifikat kemahiran bahasa Jepang berdasarkan tingkatan level. JLPT dimulai pada tahun 1984. Pada permulaan peserta yang ikut tes hanya 7.000 orang di 15 Negara dan wilayah di seluruh dunia. Pada tahun 2011 jumlah peserta ujian meningkat menjadi sebanyak 610.000 orang di 26 negara dan wilayah di seluruh dunia. Sampai saat ini JLPT menjadi tes kemampuan bahasa Jepang terbesar di Dunia.
Ujian JLPT ini diselenggarakan pada bulan Desember tiap tahun dengan empat tingkat kesulitan (1, 2, 3, 4). Akan tetapi, sejak tahun 2010, sistem tersebut diubah menjadi lima tingkat (N1, N2, N3, N4, N5) dan diselenggarakan dua kali dalam satu tahun (khusus untuk tingkat N1, N2, dan N3), yaitu pada bulan Juli dan Desember. Tentang perubahan level dapat disetarakan sebagai berikut:

N1 = setara ikkyuu atau level 1 ujian lama
N2 = setara nikyuu atau level 2 ujian lama
N3 = level antar nikyuu dan sankyuu, (peralihan dari level 3 ke level 2 ujian lama)
N4 = setara sankyuu atau level 3 ujian lama
N5 = setara yonkyuu atau level 4 ujian lama
NB: N merupakan kependekan dari NIHONGO (Bahasa Jepang).

Patokan umum yang dibutuhkan untuk setiap Level JLPT
Dalam JLPT, N5 adalah level terendah dan N1 adalah level tersulit. dan inilah patokan untuk masing-masing level JLPT : 

N5 : Menguasai Kanji sekitar : 100, menguasai kosakata sekitar : 800 
, dan bisa memahami kalimat standar jika ditulis dengan hiragana atau dengan Kanji yang sangat sederhana. 

N4 : Menguasai Kanji sekitar : 300, menguasai kosakata sekitar : 1500, dan dapat mengerti percakapan sehari-hari, jika di ucapkan dengan lambat, dan dapat membaca materi sederhana 

N3 : Menguasai Kanji sekitar : 650, menguasai kosakata sekitar : 3750, bisa mengerti artikel dalam bahasa Jepang jika ditulis dengan kanji-kanji yang mudah, dan dapat mengikuti perkataan orang Jepang dengan kecepatan normal. 

N2 : Menguasai Kanji sekitar : 1000, Menguasai kosakata sekitar : 6000, dan dapat memahami tulisan dengan topic umum dan mengerti percakapan dan berita dengan kecepatan normal 

N1 : Menguasai Kanji sekitar : 2000, Menguasai kosakata sekitar : 10000, dan dapat memahami berbagai macam percakapan dalam situasi tertentu. juga dapat memahami perbedaan nuansa dalam kalimat jika menggunakan kata tertentu. 



Bentuk soal Ujian
Ujian JLPT  terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :
·    文字・語彙 (mojigoi), menguji kemampuan peserta dalam memahami penggunaan kosa kata serta perbendaharaan kata dalam bahasa Jepang
·    聴解 (chōkai), menguji kemampuan peserta dalam mendengar dan memahami dialog dalam bahasa Jepang.
·    読解・文法 (dokkaibunpō), menguji kemampuan peserta dalam memahami artikel dalam bahasa Jepang
Seluruh soal disajikan dalam bentuk pilihan ganda. Untuk detail materi secara umum serta durasi test, bisa dilihat langsung di official website JLPT, sebagai berikut: http://www.jlpt.jp/e/

Fungsi JLPT
Pada umumnya sertifikat JLPT digunakan untuk persyaratan beasiswa study ke Jepang, misalnya Monbukagakusho (MEXT), INPEX, LPDP, selain itu juga dapat digunakan sebagai syarat untuk melamar kerja di perusahaan Jepang. Standar JLPT yang biasanya digunakan untuk mendaftar ke Universitas di Jepang adalah N2, sedangkan standar yang dibutuhkan untuk mendaftar ke sekolah Bahasa di Jepang biasanya N5.
Walaupun sulit, jika bisa mendapatkan sertifikat JLPT N1 atau N2 akan sangat meningkatkan kesempatan untuk masuk ke universitas Jepang atau diterima bekerja di perusahaan Jepang.

Daftar Soal Soal JLPT
Bagi temen temen yang penasaran gimana sih bentuk soal soal JLPT, dan pengen banget belajar dari soal langsung. Nah, dikesempatan ini saya sekalian membagikan soal soal JLPT di beberapa tahun yang lalu, kebetulan waktu itu sempet dapetin di suatu blog Jepang, ntah apa nama blognya. Soal soal ini dari tahun 2000-2008, jadi masih pake system Level, bisa di download di link dibawah :

    - Soal Soal JLPT Level 4

 Password rar : ardfootprints

Oh iya, saya juga punya beberapa ebook pembelajaran Bahasa Jepang, ada ebook kanji, minna nihongo dan lainya, nanti saya posting dikesempatan lain.

Sumber :

http://www.google.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengenalan dan Soal-Soal JLPT
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
August 16, 2023 at 6:12 PM

Ternyata begitu ya dulu JLPT untuk Belajar Bahasa Jepang. Kalau sekarang sudah JLPT N5, N4, N3, N2, N1.

Reply