Thursday, June 30, 2016

Sembako Murah Denpasar 26 Juni 2016

           Sekitar 4 hari yang lalu 26 Juni 2016, diadakan pasar sembako murah oleh Arta Graha Peduli, yang di Korem Sudirman. Katanya sih menyambut Ramadhan. Kalo nggak salah tahun lalu ada program ginian juga, dan gue sempet ikut ngantri demi ngedapetin sembako Murah J. Nggak tau sih juga yang tahun lalu diadain oleh lembaga apa, hhehe. Tahun ini sembako yang ditawarkan adalah Beras 2kg, Gula (lupa takaranya), Mie, dan minyak yang lupa takaranya juga dan semua itu dikemas dan dihargai Cuma 25rb an gitu.
          Akhir2 ini kan gue rada hikikomori, dan males banget juga keluar, jadi karena gue disuruh ama nyokab buat beli entuh sembako, maka gue sebagai anak sholeh mau nggak mau harus dateng kesana. Gue udah tau kalo bakalan antri jadi pas hari H gue pagi pagi banget sekitaran jam 8, dengan muka ganteng (bantal) gue, gue langsung menuju lokasi karena gue nggak mau antri. Waktu itu cuaca lagi mendung dan rada geriimis (Habis hujan deres pas subuhnya). Sampe lokasi gue ngelihat sepiiii…… krik krik krik…. Cuma ada tenda aja yang terpampang di tengah lapangan lokasi tersebut. Dari jadwalnya sih katanya jam 8 mulainya, ehh jam 8 mulainya apa jam 8 baru persiapanya…. Entahhlahhh… Mungkin karena emang lagi ujan makanya jadwalnya terundur. Jadi pas gue sampe sono, cuman ada stan Bedak Herocin aja yang udah buka pagi itu sebagai sponsor dari acara tersebut. Beberapa orang udah mulai nunggu disana juga mungkin masih bisa dihitung pake jari tangan gue lahh pagi itu.
             Sekitar hampir jam set 9 baru mulai banyak berdatangan makhluk makhluk yang ingin mendapatkan sembako murah, semakin ramai yang mengantri padahal stan juga belum buka.  Tak beberapa lama panitia pun hadir dan menyiapkan perlengkapan untuk acara tersebut. Nahh sekarang baru gue baru mau ngebahas inti dari pembahasan blog gue kali ini. Tau lahh di Indonesia kalo lagi ada program  sembako gratis maupun murah pasti yang dateng membludak, nggak peduli dari kalangan mana asal murahh aja langsung dateng.. entah ini budaya dari mana. Pagi itu saat stan pembagian udah mulai dibuka para masyarakat mulai berebutan tempat untuk pengambilan sembako. Saya sendiri nggak tau system pembagianya yaa, dan di tenda tersebut juga nggak dicantumin prosesnya. Salah satu panitia pun keluar dan membagikan kupon, jadi kupon tersebut merupakan kupon nomer antrian. Orang orang udah pada berebutan aja tuh nggak peduli entah itu ibu ibu, anak anak, maupun bapak bapak. Kondisinya udah kayak yang di TV2 lah pokoknya. Ketidak adilan pun terjadi dalam system seperti ini. Gue ngeliat orang yang banyak orang yang baru dateng udah langsung nyosor aja tuh kupon, dan banyak orang yang udah nunggu mungkin dari jam 7 an kali malah nggak dapet nomer awal karena kalah persaingan perebutan kupon. Gue sendiri dapet no 53 kalo nggak salah. Itu pun gue nggak sengaja pas lewat dibelakang panitia dia ngeluarin kuponya, entah insting nyopet atau gimana, tangan kanan gue tiba2 langsung bergerakk…… setttttt langsung tanpa disadari udah ada kupon di tangan gue, hehehehe
                Waktu itu gue sebenernya nggak tega sama ibu ibu yang ikut berebutan, banyak juga ibu ibu yang nggak mau berebutan malah “meso meso (cari di kamus Bahasa prancis, hehehe)” dipinggiran lapangan. Gue dengar omongan ibu ibu yang meso2 sihh rasanya gimana gt, mana ada anak2 lagi disana, seakan memberi pelajaran negative ke anak tersebut. Bukanya anak2 itu para penerus bangsa yang akan membentuk masa depan Indonesia nantinya. Kalo kayak gini takutnya nanti mereka (anak2) itu nganggep kalo hal dan kata2 seperti itu adalah hal biasa dalam kehidupan, dan akhirnya terbiasa. Gue sendiri awalnya cuma ngamatin aja dipinggiran, karena gue nggak tega ngeliat ibu ibu dan mbak mbak (cantik) yang ada disana, dalem hati gue “DIMANA harga diri gue sebagai lelaki kalo gue ikut ngedusel disana” Inti yang ingin gue sampein sihh. Apa emang gini yaa system pembagian entah bahan murah maupun gratis di Indonesia. Gue sendiri kurang mengerti, apa nggak bisa system ini diubah. Mungkin bisa gini nihhh:
1.       Panitia datang lebih awal di TKP, misalnya mulainya jam 8. Nahh paling nggak jam 7.30 udah ada panitia yang stay ditempat untuk membagikan kupon, jadi urutan kupon bisa sesuai dengan jam kehadiran pembeli.
2.       Jika memang hujan panitia bisa tetap berada diruangan atau di sekitar dan membuka stan disana, jadi nanti di stan lokasi yang sebenarnya di beri tempelan bahwa untuk mendapatkan sembako murah, kupon bisa diambil di…… dimana gt tempat kantor tempat panitia stay, jadi intinya tetap ada pemberitahuan lahh gitu.
3.       Ato mungkin kupon bisa di gantung aja sihh, di tenda trus diberi keterangan kalo mau beli sembako musti punya nomor antrian dan nomor antrianya diambil di situ.
4.       Intinya ada opsi planning lahh, Plan A, plan B, dan seterusya, sehingga keadilan bisa terlaksana.bukankah hal kecil itu nantinya akan membentuk pribadi yang besar…..

Kondisi TKP pas hari H

 Sebenernya ini bukan suatu masalah yang besar yang perlu dibahas sihh,, hehehe tohh pada akhirnya juga acara berjalan dengan baik, dan gue juga Ngucapin Makasih banget kepada panitia dan penyelenggara yang telah memberikan saya sembako dengan harga murah yang lumayan bisa memenuhi dapuran untuk menyokong perut keluarga gue, hehehe. Mungkin perlu sedikit evaluasi saja untuk kedepanya, tapi udah bagus banget kok yang tahun ini J, Thank you reader


               


Bagikan

Jangan lewatkan

Sembako Murah Denpasar 26 Juni 2016
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.