Friday, April 26, 2024

Peradaban canggih yang menghilang One Piece - Genshin Impact - Dunia Nyata

 


One piece di beberapa episode terbaru ini (Arc Egghead), mengungkap beberapa hal yang sangat menarik apalagi terkait peradaban yang hilang, atau yang banyak orang sebut sebagai abad kekosongan. Dari situlah entah kenapa aku jadi inget cerita di dalam game genshin impact yang juga mengingatkanku tentang apa yang terjadi didunia nyata kita ini. nah jadi itulah yang akan aku bahas di tulisan kali ini.

One piece memang menyimpan suatu misteri yang sangat besar yang sudah banyak di perdebatkan di kalangan fans, terkait abad kekosongan, terkait apa sebenarnya one piece, terkait rahasia besar pemerintahan dunia, apa yang terjadi di masa lampau, mengapa ada hal yang pemerintah Dunia sangat takuti jika terungkap. Itu semua menjadi sebuah tanda tanya besar dan sebenarnya hal itulah kejeniusan lord Oda. Oda sangat pintar mengaitkan konspirasi dari satu konspirasi ke yang lainya hingga menjadi sebuah misteri besar. setiap pecahan yang telah dibuka justru bukanya membuat hal menjadi jelas, tapi membuat banyak pertanyaan lainya muncul. karena semua itu mirip dengan konspirasi yang ada di dunia nyata ini maka dari itulah One Piece menjadi sangat menarik.

Tapi 1 hal spesifik yang ingin aku bahas kali ini adalah mengenai sebuah peradaban yang telah hilang, yang dibahas di beberapa episode terakhir One Piece. Sebuah peradaban ratusan tahun di masa lalu yang begitu maju, jauhhh melampaui apa yang ada saat ini, dan peradaban tersebut hilang begitu saja. kampung halaman Robin yaitu Ohara, di masa lalu tempat ini merupakan tempat berkumpulnya banyak arkeolog atau cendekiawan lah yang saling meneliti tentang bahasa, peradaban kuno, dan berbagai hal tentang dunia. Dimana salah satu hal yang mereka teliti adalah mengenai sebuah peradaban yang hilang, yang mereka pelajari dari sumber poneglyph. Mereka menuliskan setiap hasil penelitian yang mereka dapatkan di dalam buku. Dikarenakan penelitian tentang Poneglyph itu dilarang oleh pemerintah, maka disini meluluhlantakkan Ohara tanpa tersisa, satu satunya yang berhasil selamat adalah Robin yang saat itu masih sangat kecil. 

Tapi bukan itu inti yang dibahas di Arc Egghead ini. Buku2 yang ditulis oleh para peneliti di Ohara ternyata berhasil di selamatkan oleh Saul yang merupakan Ras Raksasa, orang yang sama yang menyelamatkan Robin. Dan Dokter Vegapunk yang merupakan orang tergenius di dunia One piece telah mempelajari semua hal yang ada di dalam buku2 tersebut. Dari situlah akhirnya Egghead berhasil dibentuk seperti saat ini, sebuah kota yang begitu maju, yang sebenarnya modelnya diperoleh dari sumber buku2 kuno yang berisi tulisan tentang peradaban ratusan tahun di masa lalu.

Nah yang menjadi poin intinya adalah sekilas dijelaskan bahwa dulu ratusan tahun yang lalu semua negara itu terpisah pisah, memiliki aturanya masing masing. Hingga akhirnya, terdapat suatu negara yang memiliki teknologi yang sangat maju, bahkan jauh lebih maju dari yang  saat ini  dan bahkan mereka bisa membuat sumber energi yang tak terbatas. Karena hal tersebut lah akhirnya banyak negera2 lain yang mulai iri, mulai takut,  kemudian 20 Negara yang ada di dunia saat itu bekerja sama luntuk menghancurkan negara maju tersebut, dan akhirnya membentuk sistem Pemerintah Dunia yang ada hingga saat ini di dunia One Piece. Semua jejak peninggalan dari Negara maju itu dihilangkan dan dilupakan. 

Begitu mendengar hal tersebut, aku tiba2 langsung teringat Genshin Impact. Buat yang nggak tau genshin impact itu apa? itu adalah game multiplatform dari china yang bergenre RPG dan sudah rilis dari 2020 hingga saat ini masih berjalan ceritanya. jadi gini sekilas cerita tentang lord di genshin impact. Genshin impact menceritakan tentang dunia yang bernama Teyvat. Teyvat yang saat ini merupakan buah hasil dari terjadinya Perang Archon. Archon disini bisa kita anggap seperti Dewa/Malaikat versi game ini. Perang tersebut merupakan perang antara Archon yg terjadi selama sekitar ribuan tahun silam untuk memperebutkan gelar dan jabatan the seven archon dari celestia, yang akan mewakili setiap elemen dan setiap benua di dunia Genshin. Nantinya Archon yang menjadi pemenang perang ini lah yang memiliki wewenang untuk memberikan berkah berupa Vision kepada setiap penghuni teyvat sehingga orang tersebut bisa menggunakan elemen untuk pertarungan sesuai dengan elemen dari Archon yang memberikanya. 

Nah di masa lalu ada sebuah Negara yang bernama Khaenriah, Negara ini tidak memiliki Archon yang memimpin. Negara mandiri lah. Walau begitu Negeri ini memiliki teknologi yang sangat maju yang tidak dimiliki oleh negara lainya. Bahkan tanpa bantuan Vision pun negara ini bisa membuat robot canggih yang memiliki kemampuan untuk  bertarung dalam perang. Dalam bocoran lord nya, karena dianggap negara ini sangat berbahaya, maka Para Archon dan celestia pun menghancurkan Negeri ini dan termasuk seluruh penduduk dari negeri ini di kutuk dikutuk dan sekarang berkeliaran di dunia menjadi abbys order, sosok yang dianggap jahat oleh penduduk Teyvat. Robot2 dan teknologi canggih buatan Khaenriah juga masih sering dijumpai di sepanjang negeri dan terbengkalai.

Cerita di genshin impact tidak jauh berbeda dengan One Piece, dimana ada suatu negeri yang teramat maju yang membuat pihak lain menjadi khawatir, hingga akhirnya dihancurkan tanpa tersisa. Bedanya di One Piece semua jejak nya telah dihapuskan, dan  sejarahnya pun tidak diceritakan. Sedangkan di Genshin, sejarahnya memang disembunyikan, jadi tidak ada penduduk umum yang mengetahuinya, namun jejaknya bisa kita lihat di sepanjang dunia game, dan bisa kita pelajari maupun kita ikutin selama memainkanya.

Ini cukup menarik, karena sebenarnya hal itu bukan hanya ada di dunia komik maupun game saja, mereka pasti membuat cerita itu bereferensi dari sesuatu. Di dunia nyata ini sendiri ada beberapa cerita mengenai Peradaban masa lalu yang dianggap dulunya adalah peradaban yang sangat maju, seperti atlantis misalnya yang sampe saat ini pun masih belum ditemukan letak pastinya. Atau mungkin ada juga Kota Uruk, yang nama rajanya sendiri mungkin sudah nggak asing di telinga yaitu Gilgamesh. Kota ini juga merupakan kota yang memiliki peradaban yang cukup maju di masa lalu, kota ini terkenal dengan sistem irigasinya.

Kemudian Jika kita melihat ke historical Islam, di masa lalu ada  sebuah kaum yang bernama Ad, ada di masa Nabi Hud, dan tinggal di Kota yang dijuluki seribu pilar. Mereka merupakan kaum yang punya peradaban cukup maju. Bisa dilihat dari  tempat tinggal mereka yang berupa bangunan tingga dan megah. mereka juga punya istana dan benteng benteng yang cukup megah di masa itu, dan karena kejahilianya, akhirnya mereka pun di azab, seluruh kota mereka di sapu oleh angin  besar yang menjadikan seluruh kota menjadi hancur tanpa tersisa.

Jadi aku ngerasa relate lah antara apa yang sudah ada di dunia nyata dan di One Piece maupun di genshin Impact, walau nggak bener2 se waw itu, seperti kota di masa lalu punya teknologi robot gitu sih di dunia nyata. Pendalaman Lord ini juga yang ngebikin aku suka dengan Genshin, dan sekarang ini juga yang ngebikin aku jadi makin penasaran dengan kelanjutan cerita di One Piece.

Untuk One Piece sendiri, entah ada hal apa lagi yang masih disembunyikan oleh pemerintahan dunia, dan aku rasa One Piece itu sendiri lah sebuah kunci atau sebuah pengetahuan mengenai detail abad kekosongan dan kebusukan pemerintahan di masa lalu.



Bagikan

Jangan lewatkan

Peradaban canggih yang menghilang One Piece - Genshin Impact - Dunia Nyata
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.