Thursday, March 14, 2024

Terabox - alternatif gdrive yang sangat menarik di desktop tapi meresahkan di versi hp

Belakangan ini aku mulai cari pengganti cloud drive atau alternatif penyimpanan selain gdrive untuk nyimpen file2 konten sosial media (bukan pribadi) yang udah mulai numpuk memenuhi gdrive ku.

 

Aku sih nyari alternatif yg bisa nampung lebih besar dan juga klo bisa free ya, toh ini bukan file pribadi yg isinya pun nggak penting2 amat. Sempet ngelirik one drive ternyata cuma bisa dapet free 5gb, sedangkan dropbox bahkan lebih kecil dari itu. Hingga akhirnya aku putuskan untuk pake terabox. Ini emang udah lama banget aku tau dari orang2 cuma belum pernah pake. 

 

Sesuai dengan namanya terabox merupakan aplikasi yang memungkinkan kita menyimpan file secara cloud dengan pemberian free size sebesar 1 tera atau kurang lebih 1000mb. Dan kenapa bisa terabox memberikan akses sebesar itu dengan cuma2?? Nah ini nanti akan kita bahas.

 

Terabox mensupport hampir seluruh os yang umum digunakan saat ini, seperti windows, mac, bahkan linux, bisa di donlod di website nya sedangkan utk versi mobile nya juga support ios dan android, yang bisa ditemukan di app store atau play store.

 

Versi desktop dari terabox sangat friendly, tampilanya simple, seperti layaknya file manajer yang ada di setiap Os, kita bisa mengupload dan mendownload file dengan mudah walaupun utk versi free speednya dibatasi. Selain itu kita juga bisa memindahkan file, merename, dan menghapus file dengan mudah, dimana setiap file yang dihapus akan masuk ke folder trash mereka yang bisa di restore dengan mudah juga layaknya yang ada di file manajer. No issue lah sejauh ini untuk versi desktop nya. Tapi berbeda cerita untuk versi mobile nya.

 

Nah dari sini lah kita tau kenapa terabox bisa memberi cuma2 setiap usernya spce cloud sebesar 1 tb. “Iklan”, iklan ini selau muncul di versi mobile/hp nya. Dimana kemunculan iklan ini udah ada di tingkat anoyying lah menurutku. Saat buka app iklan muncul, saat kita switch ke app lain kemudian kembali lagi ke terabox (tanpa menutupnya) muncul lagi iklan, saat selesai mendownload file, ada iklan lagi, saat ingin menampilkan file iklan lagi, saat akan menurup file yang ditampilkan iklan lagi. Wahh parahh sihh, dengan perlakuan begini seakan2 kita dipaksa untuk berlangganan untuk bisa menikmati terabox versi mobile ini dengan nyaman.



“Contoh tampilan iklan yg sering muncul”

Tapi bukan cuma itu, terabox memiliki keambiguan tentang sistem download/ lihat offline, dimana fungsi itu bukanlah fungsi untuk mendownload file yang kita inginkan untuk kemudian dimunculkan di lokal hp kita, namun file itu merupakan file yang disimpan di lokal app terabox yang hanya bisa dilihat di app terabox saat kondisi sedang offline, walau begitu terabox tetap menyediakan cara agar kita bisa mendownload nya ke lokal hp kita khususnya di ios.

 

Kemudian bagian meresahkanya dimana? Jadi gini buat sebagian orang mungkin sudah nggak asing dengan terabox karena sering dijadikan cloud/ media penyimpanan film b*kep selain doodstream ataupun lainya. Namun kita biasanya bisa mengakses melalui sebuah link yang telah di share entah lewat sosmed atau lainya. Aku sering sih nemu link lewat di sosmed, cuma belum pernah ngakses langsung krn kita kan harus punya akun terabox dan aku dulu males bikin akunya.

Hanya saja bagian yang baru aku tau semenjak aku punya akun terabox adalah di dalam terabox kita bisa menshare setiap folder yg kita miliki secara public dan folder tersebut bisa kita lihat dengan mudah di apps mobile nya. Dengan adanya fitur ini kita bisa dengan mudah menemukan berbagai filem maupun drama yang sudah orang lain share dan bisa mengcopy nya ke folder kita sendiri. Nah tapi nggak memungkiri juga ada banyak film biru yang bisa kuta akses dengan sangat mudahhh, Whattsss…. Ini bahkan lebih mudah dari cari film di lk21, lk21 atau web lainya  mungkin link akan terus berubah2 krn pemblokiran oleh kominfo, beberapa situs biru juga akan sulit diakses tanpa vpn krn sudah di blokir juga, sednagan x/twitter mungkin ada pembatasan umur, selain itu ada pembatasan akses buat free user, tapi ini di terabox, tanpa vpn bs akses, downloadnya pun mudah ada di store di masing2 platform.



Mungkin kalian ada yg akan bilang di tele kan banyak, iya itu buat kalian yg udah member grup tertentu mungkin iya, atau buat kalian yg penyelam handal, setidaknya buat aku pribadi atau user awam lainya, akan sulit karena banyak grup yang diarahkan lagi ke grup lainya dan pada akhirnya disuruh member untuk bisa akses konten. Disini aku berbicara tentang kemudahan pencarian ya, asal bisa sabar dengan iklan di terabox maka semua bisa diakses tanpa batas.

 

Ngeri nggak sih ada sebuah app, yang legal yang sangat berfaedah sebenarnya fungsi utamanya tapi ternyata bisa disalahgunakan menjadi lumbung film biru, aku nggak kebayang sih kalo sampe ada bocil yg download dan pada akhirnya ngakses yg nggak enggak, karena aksesnya mudah banget lohh..

 

Intinya sih app ini menuruku ada di ranah yg berbahaya banget utk versi mobile nya, bisa ngerusak moral anak2 yang masih belum paham dan akhirnya ketagihan. Tapi disisi lain free akses cloud yg mereka berikan sangat berguna banget buat banyak orang pastinya.

 

Terakhir sih untuk masalah keamanan, aku sendiri nggak bisa mastiin, tapi aku lebih prefer nyimpen data pribadi di lokal storage aku sendiri sih, utk di drive ada data kerjaan, sedangkan di terabox hanya data lain nya, yg dimana kalo hilangpun, nggak akan menjadi sebuah kendala berarti buatku.




Bagikan

Jangan lewatkan

Terabox - alternatif gdrive yang sangat menarik di desktop tapi meresahkan di versi hp
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.