Tuesday, February 27, 2024

Proses penggantian susu untuk Bayi Newborn - Nggak boleh asal ganti


Ternyata proses penggantian susu pada bayi itu nggak boleh sembarangan loh, dan ternyata juga setiap susu memberikan efek dan bentuk yg sihnifikan terhadap bentuk pup nya, jadi gini ceritanya….

Aku punya bayi newborn, lahir di tanggal 23 januari lalu, dengan kondisi masih prematur karena harus lahir sebelum waktunya, dengan bb 2kg, alhasil baby ku harus diamankan di dalam inkubator pasca dilahirkan selama hampir 1 minggu, disisi lain istriku di amankan ke icu selama beberapa hari, dan ini akan menjadi cerita yang berbeda lg nanti, intinya karena kondisi tertentu istriku tidak dibolehkan menyusui dan mengharuskan si dedek baby untuk menggunakan full sufor.

Selama di inkubator debay dirawat oleh suster/bidan dan semua perlengkapan seperti baju dan juga susu di urus oleh pihak RS, dari sisi kami hanya perlu mensupplay pampers, tissue kering dan tissue basah, kalo gk salah washlap juga.

Selama di inkubator, suster disana mengatakan kalo dengan kondisi debay aku, harus diberikan susu khusus berat bayi rendah, dan disana mereka menggunakan susu SGM BBLR.

Setelah debay keluar dr RS, berat debay menjadi 1,8kg, tapi kondisinya sudah stabil, kata susternya sih wajar, memang normal kalo di minggu2 awal, bayi itu susut bb nya dr bb awal. 

Karena debay nggak bisa merasakan Asi, pastinya aku ingin memberikan yg terbaik dong, jd saat itu aku beliin susu Enfamil khusus prematur dengan harga yang cukup lumayan lah, di 320k dengan berat 400gr. 

Setelah 1-2 hari dirumah, debay kek susah pup gt, trus bbrp kali suhu tubuhnya di kisaran 37 keatas, kebetulan kami sudah punya alat pengukur suhu. Padahal si debay ini nyusunya lancar. Karena takut susunya nggak cocok, akhirnya aku beliin deh susu SGM BBLR, susu yang sama dengan yang digunakan di RS. Harganya jauh lebih murah, di 90ribuan utk 400gr.

Seperti dugaan pupnya langsung lancar, bentuk pupnya bulat dan lonjong gt, kecoklatan, pokoknya udah kek pup orang dewasa, nggak yg kayak bubur. Nggak sampe 2 minggu susunya udah habis, karena emang debay diyan dan nggak rewel kalo masalah susu. Setelah habis, dan karena juga enfamil yg sebelumnya masih ada, kita lanjutin aja pake enfamil, dan kumat lagi, sehari pertama setelah ganti susu, debay nggak pup, cuma nggak demam juga, susu nya lancar, dan juga pipisnya lancar, cuma pupnya aja, biasanya sehari bisa 1-3 kali pup tapi ini hampir 2 hari nggak pup. Jadi semisal hari ini pup, nah besoknya sama sekali gk pup, dan baru besok siangnya mulai pup.

Sempet terfikir, kalo seandainya sampe besoknya debay masih gk pup ya udah aku langsung ganti SGM lagi, ternyata besoknya udah pup walau karakter pupnya beda banget dengan saat pake SGM, kalo enfamil ini lebih encer tapi untuk warnanya kurleb sama. 

Alhasil aku pun melanjutkan penggunaan susu Enfamil untuk debay, karena rasanya debay udah bisa beradaptasi dan tubuhnya udah bisa terbiasa mencerna susunya.

Ternyata belakangan aku baru tau, ada tahapanya dalam pergantian susu khususnya untuk newborn, kita nggak bisa asal switch susu aja. Tapi harus di switch secara perlaham. Ini nih aku taunya dari gambar2 susu s26 di shopee, kebetulan aku emang lagi nyari rekomendasi susu buat nanti ketika bb sudah diatas 2,5kg alias sudah melewati masa bb rendah.

Setelah bobot sudah sekitar 2,6kg dan kebetulan susu Enfamil nya udah mau habis, aku putuskan untuk meninggalkan susu prematur dan mulai beralih ke susu biasa. Aku nyoba untuk memberikan susu s26 ke debay, kali ini aku udah nggak terlalu panik lagi, aku mulai ganti susu secara perlahan, mulai dari 1 botol dulu, kemudian mulai ditingkatkan 2 botol di hari berikutnya, dan seterusnya sampe susu enfamilnya habis barulah aku full pake susu s26.

Awalnya setelah debay full mengganti dengan susu baru. Sempet agak sulit pup juga, walaupun nggak sampe separah sebelumnya. Cuma seharian aja, jadi siang ini dia pup dan besok agak maleman baru pup lagi. Dan pup nya beda bgt, encer gt kek Enfamil cuma warnanya kuning banget, nggak secoklat Enfamil. Dan sampe sekarang nggak ada keluhan lg masalah sudu, jd kayaknya bakalan aku lanjutin aja pake susu s26 kedepanya.

 

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Proses penggantian susu untuk Bayi Newborn - Nggak boleh asal ganti
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.