Sunday, July 23, 2023

Bingung milih internet fiber Indihome, Biznet, CBN, MTM, XL Home



Kebingungan memilih provider internet. Jadi saya kan habis pindahan dan dirumah baru ini, dan bermaksud untuk memasang internet fiber biar lebih enak kalo ada kerjaan dirumah, selain itu buat multimedia juga sih, soalnya tv kan nggak ada kontenya kalo nggak ada internet. Di 2 hari ini saya udah ngubek ngubek internet untuk nyariin kira kira internet apa yang paling cocok buat saya gunain.

Ada beberapa opsi yang masuk ke dalam list provider, yaitu Indihome, biznet, myrep, MTM, CBN, dan xl home. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan dari beberapa research, ini nih kesimpulan yang saya ambil berdasarkan kebutuhan saya pribadi ya pastinya, BTW list dibawah ini adalah list saat postingan ini dibuat ya, bisa jadi nantinya promo/harga akan berubah.



                                                

1. Indihome

    Jujur, males banget sih ngelirik provider ini. Udah terkenal banget lah ada aja kendalanya, trus after sales nya juga kurang bagus. Udah sering banget liat meme si merah yang isinya “Restart aja modemnya” . Tapi gimana ya, di rumah ini udah ada kabel indihome, jadi udah gk perlu narik kabel lagi, selain itu, paket indihome juga sekarang udah mulai murah nggak kek dulu lagi. Ehh, tapi sekarang udah mulai emang rata sih murahnya, provider lain juga udah pada nurunin harga.Paket indihome sendiri untuk 30 Mbps ada di harga 300rb an. 




2. Biznet

    Awalnya sih cukup tertarik dengan provider, karena banyak posternya yang tersebar di jalanan. Tapi begitu ngecek di website nya, agak lumayan juga ya, karena ada biaya sewa router nya juga, dll. Ya jatuhnya memang agak mirip dengan harga indihome, tapi tetep lumayan sih, soalnya saya belum melihat ada poin plus dari penggunaan biznet ini.



 

3. MTM

    Untuk MTM ini sepertinya masih lokal di Bali, kurang tau juga ini ada atau enggak diluar Bali. Agak beda dengan yang lain. Untuk MTM ini setau saya pembayaranya masih sistem transfer, bahkan 2-3 tahun lalu pembayaranya masih cash langsung ke kantornya. Kenapa saya tahu ini, karena temen ada yang make provider ini. Bahkan beberapa bulan lalu, temen lain ada juga yang saya rekomendasiin provider ini. Emang segitu bagusnya sih provider ini. Ya mungkin karena usernya belum sebanyak provider lainya kali ya jadi belum banyak ketahuan minusnya.

    Temen saya sendiri yang udah make provider ini mungkin udah 5 tahunan, belum pernah mengalami kendala macem2 tuh. Jadi dari sini saya cukup percaya sih sama performanya. Tapi yang lebih penting lagi itu harganya lohhh. Harganya murah banget. Di saat 3 tahun lalu provider lain cuma ngasih 20-30Mbps di harga 300rb an. MTM udah ngasih up to 75Mbps, gila nggak tuh…. Nah untuk tahun ini saya lihat ada promo baru nya yaitu 100Mbps di harga 330rb an, itu udah included pajak. Jadi lumayan ngebanting provider lain kan?? Tapi gimana ya tetep aja provider selanjutnya ini bikin ragu…..



4. CBN

    Nah kalo ini udah cukup terkenal sih, sama seperti indihome dan biznet. Saya sebelumnya sempat berlangganan dengan provider ini sekitar 3 tahunan, dan performanya oke banget sih. Walau di bulan bulan akhir sebelum saya memutuskan untuk berhenti langganan, beberapakali terjadi down, ya sebulan 1 sampe 2 kali gitu lahh. Ya gak sebegitunya mengganggu sih sebenernya. Dulu saya berlangganan dengan harga 320rb an dengan speed up to 30 Mbps. 

    Tahun ini CBN harganya jadi semakin murah, saya cek paket termurahnya ada di harga 250rb an dengan speed up to 50 Mbps sudah included tax. Nah kan indihome dan biznet udah auto tereliminasi. Bukan cuma itu, di bulan pertama ada promo yaitu cuma bayar 200rb an aja, selanjutnya baru bayar full price, dan ini harga dan speednya flat ya, jadi sesuai dengan harga awal. Jadi ragu deh pengen langganan CBN lagi.




5. XL HOME
Kemudian untuk opsi terakhir ini dadakan aja sih muncul iklan nya di sosmed saat scroll2. XL ini mungkin untuk fibernya mungkin hitunganya masih cukup baru, jangkauanya pun masih belum terlalu luas seperti provider lain khususnya di Bali. Hanya saja provider ini memberikan beberapa kelebihan dari yang lainya. Ada 2 paket yang menarik khususnya buat saya pribadi. Yaitu XL satu yang value dan smart. 

XL value ini punya speed up to 50Mbps, dengan bonus 2 kartu gsm yang mendapat kuota 15gb yang bisa di share, kemudian kita juga dapet bonus tv box android dengan harga 250rb an. menarik bukan? sedangkan untuk paket smart kita mendapat fasilitas yang sama, hanya saja speednya lebih besar yaitu up to 100Mbps, dengan bonus kuota gsm yang lebih besar juga dengan harga 300rb an.

Tapi semua kenyamanan diatas ternyata hanya promo, saya lupa promo boost nya entah 6 bulan atau 1 tahun, yang pasti ketika promo boost berakhir, maka speed akan turun dari yg 50 ke 30 Mbps dan begitu juga untuk kuotanya… 


Setelah berbagai pertimbangan, kandidat terkuat adalah MTM dan CBN. keduanya mempunyai harga flat, walaupun tanpa adanya bonus2 seperti di XL Home, tapi saya lebih suka seperti itu, lebih pasti aja sih kesanya. MTM dengan harga 330rb an dengan speed 100Mbps dan CBN dengan harga 250rb dengan speed 50Mbps, keduanya sudah included ppn. Akhirnya setelah dipikir2 lagi, saya ambil yang CBM aja, alasanya simple, karena lebih murah aja. dan speed 50Mbps saya rasa sudah cukup untuk kebutuhan harian saya. dibulan pertama saya bisa lebih hemat 100rb an, dan bulan berikutnya saya lebih hemat 80rb an kalo ambil yang CBN ini ketimbang yang MTM. 

kemudian untuk masalah pembayaran juga, saya lebih suka CBN, dimana kalo MTM pembayaran haru menggunakan transfer, sedangkan CBN bisa di marketplace seperti tokped, shopee, maupun di dompet digital dan aplikasi bank. disini sih positifnya saya bisa menggunakan poin atau duit cashback, bisa juga kan kita pake promo kalo pas lagi ada promo pembayaran internet, jadi jatuhnya lebih murah lagi dehh….




Bagikan

Jangan lewatkan

Bingung milih internet fiber Indihome, Biznet, CBN, MTM, XL Home
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments