Saturday, June 17, 2023

Masalah expedisi Si Merah - Barang hilang pengiriman





Jadi tiap jualan di tokped, yg nominalnya di atas 100k aku selalu ngaktifin tuh wajib asuransi, Nah sekitaran bulan lalu. 

Ada order yg masuk barangnya mobo komputer, price nya 800k an, pake resi otomatis expedisi pke si merah, alias si kenceng. 


Nah krn orderan hr minggu, dan nggak ada kurir yg pick up ke rumah. Senin paginya langsung aku drop aja di office cabang kuta, karena dirumah jg lg gk ada orang klo hari senin. 


Sekitar 4 hari kemudian, dapet komplain dr pembeli, yg menyatakan bahwa barang yg dikirim gk sesuai dgn yg dia beli. Ada video barangnya jg. Jd dia nerima kain gt, padahal yg dibeli kan motherboard, secara size barang jg udah beda jauh. kaget dong, mulai suuzon deh, antara pembeli gk jujur atau dr pihak expedisi ada oknum.


Di hari yg sama aku ngirim bukti2 packing ke halaman komplain tokopedia, sebagai seller aku nolak pengembalian produk dong, ya jelas disini aku merasa dirugikan sebagai seller. Disini tokopedia berusaha menengahi, dan bilang akan melakukan pengecekan dr pihak expedisi.


Esok harinya, sekitar jam 8 pagi, aku datengin tuh langsung pihak expedisinya, tepatnya di tempat drop barang nya, langsung aku jelasin inti permasalahanya dan setelah identifikasi singkat, staff disana bilang bahwa emang ada kesalahan tempel stiker di barang, stiker punyaku ditempel di stiker barang lain, jd ketuker gt. 


Nah jadi gini, di drop point ini mereka cuma nerima barang, trus mereka ngasih tanda coretan gt di setiap barang, nah nanti barang2 itu di teruskan ke cabang lain, nah disanalah barang disortir lg dan di tempeling stiker. Agak beda gt dgn expedisi lain kek jnt, jne, anteraja, kebetulan sering drop barang jg dimereka, dan mereka lngsung nempel stiker di barangnya, jd biar gk ketuker.


Setelah itu pihak expedisi bilang kalo mereka akan komunikasikan ke pihak cabang yg terkait untuk identifikasi posisi barang saat ini dimana, mereka menjanjikan untuk menginformasikan paling nggak siang hari ini. Dan Udah 3 hari nunggu nggak ada kabar dr pihak expedisi samsek,


Oh iya, Jadi pas kunjungan ke pihak expedisi itu, aku skalian bikin vlog gt, Hasil rekaman videonya jg aku lampirin ke tokped. Tepat 3 hari setelah kunjungan, dan aku masih belum dapet info apa apa dr pihak expedisi, kemudian dapet notif dr tokped, kalo barang yg diterima si pembeli ini ditarik oleh pihak expedisi, dr sini agak legah sih, paling gk ada respon dr expedisi walaupun tetep aja ke akunya masih nggak ada respon.


Malamnya pihak admin tokped menginformasikan bahwa sedang melakukan proses investigasi oleh expedisi, seller dan buyer disuruh untuk menunggu lg. Sudah seminggu berlalu, nggak ada lanjutan lg baik dr pihak expedisi maupun tokped, pihak pembeli jg keliatan udah pasrah, dia udah beli barang dr toko lain krn kelamaan nunggu barang yg posisi nya entah skrg dimana, dan meminta pengembalian dana. Aku sih udah pasrah lahh, mau barang ilang jg ya udah lahh..



Nggak lama kemudian, Tiba tiba ada notif dr tokped, terkait formulir klaim asuransi, jd dr pihak expedisi sama sekali nggak memberi informasi perkembangan yg signifikan terkait barang yg ketuker, akhirnya pihak tokped memilih jalan menggunakan asuransi, sore hari saya isi form nya, trus malemnya langsung cair dong,  Alhamdulillahh, akhirnya ada ujungnya. Walaupun hingga akhir pihak expedisi nggak bertanggung jawab, tapi paling nggak pihak asuransi yg turun tangan dibantu pihak tokopedia.


Bagikan

Jangan lewatkan

Masalah expedisi Si Merah - Barang hilang pengiriman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.