Wednesday, May 17, 2023

Hati Hati beli HP Second - Kasus di kena lock karena masih kredit



        Belakangan ini mulai ada metode baru yang cukup diresahkan di komunitas gadget maupun teknologi. Ada kasus dimana seseorang yang membeli sebuah smartphone 2nd, jenis flip merk samsung. Tak lama kemudian tiba tiba hp nya kena lock. Pada keadaan itu, terdapat notif, bahwa sudah jatuh tempo, dan dia harus segera melakukan pembayaran untuk bisa melanjutkan menggunakan fitur di hp itu. Aneh kan, lah dia kan udah beli cash walaupun dalam kondisi bekas. Mungkin disini dia panik, dan kemudian di share dan ditanyakan lah hal tersebut di sosmed, hingga banyak komentar yang bermunculan.

        Gimana gak panik coba, si pembeli mungkin udah seneng dapet hp like new dengan harga yang miring, tapi malah ada aja masalah. Masak dia harus bayar lagi sih, saya pun awalnya nggak ngerti, hingga akhirnya baca2 komentar. Jadi intinya sih ini hp di beli oleh pembeli pertama nya dalam kondisi baru di samsung resmi atau apalah itu, dimana pembayaranya menggunakan metode credit. Nah maka dari itu dia diberi hp yang sudah dimodif firmware nya dimana, ada counting didalam sistemnya, kalo si pembeli ini telat/ belum bayar, maka akan muncul notif hingga sampe ke tingkat tertentu hp tersebut akan terlock atau tidak bisa digunakan lagi. kemudian si oknum ini menjual unit hp kreditnya ke orang lain dengan harga full, padahal kan belum lunas. Nah disini, si pembeli kedua yang dapet ampasnya.

        Sebagian besar orang di komentar mengatakan bahwa itu sudah permanen, karena sudah dari firmware nya, atau sudah dari imeinya lah gitu, saya juga kurang gitu ngerti. Intinya sih akan sangat sulit untuk ngebuka, kecuali dia ngebayar cicilanya itu sih.

        Ada juga yang mengatakan kalo bisa aja di cusroom, ada yang bilang di bypass aja imeinya, dan berbagai hal lainya. Walau saya tidak yakin sih itu yang komen udah pada pernah nyoba kahh, atau asal ngomong aja.

        Dari saya sendiri sih berpendapat, Samsung pasti tidak bodoh ya, pasti ada sesuatu yang cukup kuat yang ditanamkan, dimana kalo di hard reset, custom room maupun di rubah imeinya, kemungkinan ada efek samping yang akan terjadi. Walaupun nggak bisa dibandingin, tapi saya mengaca ke apple id sih, ibarat kalo kita lupa sandinya, kan bakal repot tuh, mau nggak mau harus di bypass, dengan resiko yang besar, biaya jasa yang mahal dan juga di banyak kasus, device mereka jadi hanya bisa wifi aja. 

        Yahh apapun itu, semua hanya teori saja, saya belum dapet informasi validnya mengenai cara membypass kasus tersebut. Yang pasti ini menjadi informasi baru buat kita kalo mau beli hp second sebaiknya hati2, pastikan sellernya udah terpercaya dan mau memberi garansi panjang, jangan sampe hal ini terjadi kembali. 

 

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Hati Hati beli HP Second - Kasus di kena lock karena masih kredit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.