Sunday, January 13, 2019

Janji Itu Hutang


Pict Random dari Google

Keuangan keluarga sekarang sedang kritis, saya yang penghasilanya nggak tentu setiap bulanya bahkan ikut menanggung beban keluarga. Ada aja pengeluaran menumpuk dari sejak akhir tahun kemarin hingga awal tahun ini, perlahan tapi pasti tapi ALLAH SWT ngasih sedikit demi sedikit rejeki nya entah berasal dari berbagai sumber tapi bisa menutupi keluarga kita. Inilah salah satu alas an kenapa kalo ada yang nanya mau nikah kapan, saya pasti jawab masih lama, jangan menghidupi istri, orang keluarga saya aja masih belum stabil dan nggak bisa saya tinggalkan pastinya.
Beberapa waktu ayah saya kerjasama dengan salah satu kenalanya, kenalanya minta tolong untuk membantu menjualkan rumah nya karena sedang butuh uang dan menjanjikan ayah saya entah 1 atau 2 persen dari total penjualan rumah tersebut. Ayah saya yang memang sedang butuh uang nggak banyak piker dong, langsung aja mengiyakan. Ayah saya menawarkan rumanya tersebut kesana kesini, ke semua kenalanya yang sekiranya mau beli rumahnya. Saya kurang tau berapa rincianya, tapi pastinya rumah itu seharga sekian M masih dibawah 10M lahh, pastinya lupa.
Beberapa waktu kemudian, ayah saya berhasil menemukan buyer. Proses diteruskan ke seller, keduanya sudah bertemu dan deal mengenai harga. Keluarga saya pun ikut senang. Singkatnya penjualan rumah berhasil. Surat sudah diurus, dan uang juga sudah dibayarkan ke seller. Tinggal giliran Ayah saya yang minta apa yang udah dijanjikan kenalanya  sebelumnya.
Nah disinilah silat lidah dimulai, si seller tersebut tiba tiba bilang kalo dia mau pake uang untuk penjualan rumahnya itu untuk bayar utangnya. Jadi udah nggak ada sisa lagi. Dan dia nggak bisa ngasih ayah saya sekian persen sesuai yang dijanjikan, paling cum bisa nggasih beberapa aja tapi nggak sekarang. Emang tanpa ada bukti atau MoU sebelumnya Ayah saya nggak bisa ngomong banyak, dia percaya aja sih sambal pasrah, susah soalnya kalo berurusan dengan Ibu Ibu apalagi dia di kenal dengan Ibu Haji.
Kalo menurut saya sih ya, kalo emang dia jujur punya utang sekian, ya kenapa nggak sejak awal aja di omongin dan jangan bikin janji aneh2 sama ayah saya, mentang2 kami orang kecil trus seenaknya aja diberi janji, trus pas keinginanya sudah terpenuhi ehhh ingkar janji gitu aja. Seharusnya sejak awal bilang aja paling kalo bisa bantu nanti saya kasih sekian, atau paling saya kasih barang apa gitu sebagai pengganti keringat. Kan kasian ayah saya yang pontang panting karena sudah diimingi2 uang, karena memang sedang kondisi butuh uang juga.
Hingga saat ini mungkin sudah jalan 2 bulan, tapi nggak ada tuh sepeserpun dikasih sesuatu sama Ibu Haji. Nggak usah yang nominal gede gede sih, Masak dari sekian nominal M yang dia dapatkan 100rb pun nggak disisihkan untuk orang yang udah berjuang keras ngejualin. Itu kalo minta bantuan makelar resmi juga paling nggak kejual cepet, juga paling kejual murah dan juga prosesnya ribet. Ini sama kenalan sendiri makanya dibantuin dan udah dimudahin disambungin ke buyer, ehh malah gini…
Kemarin Ibu Haji ngasih sendal bekas ke ayah saya, sendal wanita, udah nggak layak dan bagian sol bawahnya mengenga, butut dah pokoknya. Mungkin kalo orang lain yang nerima bakal langsung dibuang. Tapi Ayah saya emang nggak suka ngebuang barang, jadi sendalnya di lem dan dikasih ke Ibu saya. Miris gitu ngeliat sifatnya Ibu Haji. Enggak ngerti maksudnya apa, barangkali dia ngerasa itu bisa ngebayar keringat ayah saya sebelumnya. Ayah saya sih biasa aja sikapnya, tetep menyambung silahturahmi, tapi Ibu saya keliatan kesal, tapi ya gimana lagi.
Orang yang sudah cukup tua apalagi dari keluarga kaya yang punya rumah sampe seharga M, sudah pernah ke tanah suci juga. Masak nggak tau kalo Janji itu hutang, dan hutang itu untuk dilunasin.

Bagikan

Jangan lewatkan

Janji Itu Hutang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.