Wednesday, January 2, 2019

Mengurus SIM C 2018 (Masih banyak Calo ternyata)



Sebelumnya saya pernah membahas mengenai pengalaman saya saat membuat SIM A di pertengahan tahun 2018 kemarin. Kali ini lagi lagi saya ingin menceritakan tentang pengalaman saya saat mengantar adik saya membuat SIM C sekitar Desember 2018 kemaren.
Proses membuat SIM C (murni bukan calo) nggak jauh berbeda dengan membuat SIM A. Persyaratan yang dibutuhkan yaitu, KTP, surat keterangan sehat, dan surat keterangan psychologi. Surat keterangan sehat saya dapatkan di puskesmas dengan harga 25rb, sedangkan psykologi saya dapatkan dari psikolog dekat daerah poltabes (harga 90rb untuk Sim C dan 100rb untuk sim A).
Setelah dokumen sudah lengkap besok paginya saya langsung datang ke poltabes Bersama adik. Pas sampe parkiran langsung deh ada beberapa orang termasuk tukang parker yang nyamperin, trus mereka bertanya:
“mau bikin SIM ya?? Sini bisa saya bantu ngurus, nanti saya kenalin sama polisi, nggak usah tes tinggal foto”
Dengan sigap saya langsung nolak aja sih, saya bilang mau nyoba bikin sendiri dulu. Lagian kan dokumen juga udah lengkap ngapain pake calo lagi. Bukan Cuma 1 orang sih yang nyamperin dan nawarin kayak gitu. Padahal udah jelas banyak tulisan disana kalo dilarang menggunakan calo, tapi masih ada aja yang nyamperin, kayaknya sekarang udah mulai longgar lagi deh. Pas saya ngurus sim A kemarin, rapet banget, nggak ada yang nawarin sama sekali.
Adik emang udah berniat buat ngurus sendiri, udah keluar duit 115rb masak mau bayar calo lagi sihhh.. Kita langsung masuk ke dalam dan mengambil nomor antrian. Beberapa saat kemudian adik saya dipanggil dan masuk dalam ruangan. Saya menunggu saja diluar. Untuk mengisi waktu saya mencoba mengobrol dengan orang disekitar sana.
Mulai dari mas2 muda sampe bapak2 yang tua saya ajak ngobrol, mereka mengeluh katanya bikin sim ribet pake surat psikologi segala yang musti harus kesana kesini lagi, trus ngantri lagi. Udah gitu kantor ini juga jam 11 udah nggak nerima antrian, musti ngambil cuti kerja juga katanya. Trus ada juga yang ngeluh katanya perpanjang kok sama aja kayak bikin sim baru, kalo dulu kan ada sim keliling lebih gampang prosesnya, nggak perlu ngantri lama juga. Saya juga melihat beberapa orang yang keluar dari dalam ruangan menangis karena gagal saat tes pembuatan sim. Suasana di ruang tunggu ini campur aduk dah pokoknya.
Tapi nggak semuanya mengeluh sih, banyak juga orang yang senyum2 aja, pas saya tanya katanya mereka ngurus sim baru. Trus saya selipkan pertanyaan lain, “itu mbak ngurus barunya lewat jalur jujur atau enggak ya?? Hehe” saya coba bertanya sambil tersenyum.. Mbaknya jawab “Lewat jalur tikungan tajam mas, hehehe” mbaknya malah jawab sambil ketawa.
Trus mbaknya nanya ke saya kenapa saya kesini. Saya jawab aja nganterin adik bikin sim baru lewat jalur jujur. Mbak nya malah kaget, kenapa lewat jalur jujur, nggak lewat tikungan tajam aja, lebih cepet juga nggak pake tes lohh… Saya sambil senyum langsung jawa, nggak pa pa sih mbak nggak buru buru juga pengen sim biar anaknya belajar juju raja. Hehehe
Beberapa saat kemudian adik saya keluar sambil menunjukan sim nya. Dia berhasil lulus ujian lewat jalur jujur. Tapi adik saya cerita, padahal yang ngantri bikin sim baru banyak, tapi kok yang ikutan tes Cuma dikit yaa???...... Ya kalo udah gini klise banget dahhh, pasti mereka itu lewat jalur tikungan kayak mbak yang saya tanya tadi. Apapu lah Namanya dilarang Calo atau apalahh, tetep aja yahhh kalo pengawasan nggak bener, bakal tetep berlangsung nih tradisi calo mencalo. Malah orang yang lewat jalur jujur disebut aneh. Hehe entahlahhh
Oh iya total bikin sim C (Jujur) ini sekitar 215rb. Untuk kesehatan dan psikologi 115rb, dan untuk biaya sim nya 100rb. Cuma beda 30rb aja dari pembuatan sim A. Kalo jalur nggak jujur range harganya bisa sekitar 300rb-400rb an bergantung tawar menawar dan kalo kalian kenal sama yng bantu ngurusin bisa lebih murah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengurus SIM C 2018 (Masih banyak Calo ternyata)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.