Wednesday, June 6, 2018

Teliti dalam membeli Graphic Card / VGA agar tidak terkena jebakan VGA Fake


REPOST dari WEBsite gameard.com

Sekedar informasi aja bagi temen2 yang mungkin mau upgrade PC nya dan mau nyari VGA murah. Ada beberapa merk VGA yang sebaiknya temen2 hindari. Banyak yang menyebut VGA merk2 ini adalah VGA “FAKE” yaitu VGA dengan tipe rendah yang di flash biosnya atau di edit codingnya sehingga seakan2 dia terbaca seperti VGA dengan kelas tinggi. Imbasnya adalah performa VGA tersebut akan buruk juga, hasil rangkuman yang saya peroleh mengenai kekurangan VGA Fake tersebut adalah:

·      Harga mungkin lebih murah dari harga VGA dengan tipe yang sama di merk ternama lain, tapi jika dihitung dengan kerugian yang kita dapat sebenarnya ini termasuk hitungan mahal.
·     Games yang seharusnya bisa dimainkan dengan lancer oleh VGA tersebut, tidak mampu dijalankan dengan baik, bisa lag parah, atau bahkan hang. Missal GT 630 yang seharusnya bisa untuk meminkan game Battlefield 3 medium, tapi jika itu adalah VGA Fake maka tidak akan bisa.
·        Beberapa tidak mendukung direct 11 atau direct terbaru. Beberapa games memiliki req min. direct 11, dengan tidak adanya fitur ini maka bisa terjadi Blank atau blus screen.
·     Tidak bisa update driver terbaru, hanya bisa menggunakan driver pack dari CD bawaan saja, konon katanya driver tersebut telah di edit dan disesuaikan dengan VGA Fake tersebut. Sisi buruknya dengan tidak mendapat update an terbaru dari vendor maka bug atau masalah di games atau system terbaru tidak bisa ditanggulangi.

Mungkin saja ada beberapa poin lagi, tapi sekilas yang paling banyak dibahas adalah poin2 diatas. OH iya, Saya sengaja ingin membuat artikel ini karena entah kenapa akhir2 ini VGA Fake banyak tersebar di situs2 jual beli online, bahkan banyak juga di toko2 komputer di sekitar daerah saya. Mungkin temen2 banyak yang belum menyadari, tapi saya merasa hal ini sedikit seperti penipuan. Langsung saja, berikut merupakan merk VGA yang sebaiknya dihindari:

1.    PROTOTYPE


Dari merk nya aja udah keliatan sih, prototypr, mungkin VGA ini hanyalah sebuah prototype saja, hhe. VGA ini merupakan VGA yang paling banyak jadi keluhan di forum2 konsultasi computer. VGA yang udah terkenal banget Kejayaan fake nya. Hingga saat ini VGA ini masih melalang buana di dunia jual beli online, dan masih banyak banget yang ketipu. Bahkan dari informasi yang saya peroleh dari sebuah forum, ada pemilik toko yang tau bahwa VGA ini fake tapi tetep menjualnya karena katanya VGA ini laku keras.  Wajar sih ya laku, kan harganya murah ketimbang merk ternama, terus dia bisa aja jual dengan harga yang tinggi.




Jika melihat tampilanya overall sih lumayan menarik, VGA ini rata2 memiliki 2 fan yang terlihat cukup tangguh, tapi banyak yang mengeluhkan VGA ini tidak sanggup memainkan games yang seharusnya bisa, maupun update driver. Seperti GT 630 prototype, ada yang mengatakan sebenarnya ini merupakan VGA GT 220 yang di flash sehingga terbaca GT 630. Tipe VGA prototype yang paling banyak tersebar di pasaran adalah:
·         GT 630
·         GTX 750
·         GTX 680
·         GT 220

2.    BULLDOZER




Nggak jauh beda sama prototype, VGA ini juga banyak tersebar di situs online, dengan iming2 harga yang murah juga. Entah kenapa VGA bulldozer yang saya temukan di salah satu situs online mempunyai bentuk yang cukup unik. Yah tapi mau dikata apa kalo performa tidak sesuai, hhe. Tipe VGA Bulldozer yang paling banyak tersebar di pasaran adalah:
·         GT 730
·         GT 210


3.    DIGIPRO



Digipro mungkin terdengar seperti merk yang cukup elit dan tidak terdengar asing di telinga, tapi saya pernah memegang sendiri VGA ini, seperti poin2 diatas, VGA ini telah memenuhi syarat2 menjadi VGA Fake, bukan cuma saya, banyak web dan forum juga yang sudah membahas VGA merk ini. Tipe VGA Digipro yang paling banyak tersebar di pasaran adalah:
·         GTX 650 Ti
·         GT 630
·         GT 730
·         GT 210


4.    JEGGY


VGA ini mungkin agak jarang ditemukan, tapi ada juga beberapa kasus temen2 yang terlanjur beli dan mengalami hal2 seperti poin VGA Fake. Tipe VGA Jeggy yang paling banyak tersebar di pasaran adalah:
·         GTX 750
·         GTX 750 ti

Hal yang miris sebenarnya adalah beberapa toko bahkan tidak menyadari bahwa VGA yang mereka jual adalah VGA fake, karena harga modal murah menyebabkan VGA ini terus laris dipasaran dan semakin tersebar luas. Disisi lain saat kita terlanjur membeli VGA ini dan mencoba untuk mencari kebenaran ke toko tempat kita beli, orang toko pun banyak yang tidak mengerti. Saat penggunaan biasa sebenernya VGA ini tidak ada masalah, terlihat normal seperti VGA lainya, kita hanya akan menemukan masalah nantinya saat digunakan untuk bekerja berat seperti bermain games.
Banyak yang juga menyebut VGA fake ini sebagai VGA china yang ketika digunakan sering yang mengalami bad texture. Mungkin masih banyak merk merk lainya juga yang serupa dengan VGA2 diatas, so tetap berhati2 aja ya. Oh iya, jika dilihat sekilas VGA2 diatas memiliki beberapa kesamaan, kesamaan ini dapat menjadi pertanda, sebagai hal2 yang harus dihindari agar tidak terjebak membeli VGA Fake: 

·         Tidak ada website resmi nya kalo kita search di gugel
·         Harga murah jika dibandingkan dengan merk lain di seri VGA yang sama
·         Kualitas printing dusnya kurang bagus
·         Dus tidak bersegel
·         Tidak ada kartu garansi di dalam dus
·         Biasanya ada logo Windows 7 di dus nya
·         Biasanya Ada tulisan nvidia di tengah2 fan nya
·         Oh iya hampir semua VGA fake itu adalah seri dari nvidia, jadi bagi kalian yang AMD hunter mungkin bisa lebih tenang


Pada akhirnya, The Best Solution sih sebenernya "Jangan terlalu terlena dengan harga, ada harga pasti ada kualitas kok, baiknya sih kita pilih aja merk / brand yang memang udah ternama dan memiliki after sales yang bagus khususnya di Indonesia, semisal Gigabyte, MSI, ASUS, Digital Alliance/Palit, Zotac, Inno, Galax, Sapphire, Power Color, HIS dan banyak lagi brand lainya". Untuk harga bisa menyesuaikan budget kok, Merk Gigabyte, MSI, maupun Asus, biasanya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi tapi mereka memiliki after sales dan garansi yang cukup panjang. Merk lainya pun tak kalah bagus, yang pasti merk2 mereka sudah punya nama dan produk mereka pastinya sudah teruji :). 

Sumber:

Bagikan

Jangan lewatkan

Teliti dalam membeli Graphic Card / VGA agar tidak terkena jebakan VGA Fake
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
April 14, 2020 at 1:18 AM

Mau nanya dong gan ane rencana mau beli vga gt 220 merk axle dgn harga 220 kira2 aman ga ya?

Reply
avatar
June 28, 2020 at 9:17 PM

Axle sepertinya merk aman, dia pemain lama cuman nggak gitu kelihatan gaungnya skrg, nah masalahnya ada juga pernah liat box nya merk axle tapi isinya fake, jaid harus hati2, kalau nggak terlalu paham mending ambil yang merk ternama aja kayak asus, gigabyte, dll yang remi dari distributornya

Reply