Wednesday, June 6, 2018

HDD Sentinel? apa benar akurat hasil nya

HDD Sentinel merupakan salah satu aplikasi  SMART yang banyak dipercayai orang sebagai aplikasi yang menunjukkan kondisi kesahatan HDD PC. Sebenernya bukan hanya HDD sentinel saja sih, ada beberapa aplikasi lain yang sebenernya memiliki fungsi yang sama. Nah yang ingin admin bahas adalah, apakah HDD Sentinel benar benar akurat dalam melakukan proses pengecekan kesehatan HDD kita?
Sebelumnya Saya pernah mencoba menguji salah satu HDD tua pc saya yang berumur sekitar 4 tahunan. HDD merk Seagate Barracuda 1 TB 7200rpm. Percobaan ini sebenarnya saya lakukan iseng aja karena emang penasaran dengan kinerja Sentinel yang banyak orang orang bilang. Secara umur HDD ini walaupun sudah tua dan cukup usang, namun memiliki performa yang sangat baik, baik untuk transfer data maupun untuk multitasking serta bekerja dengan software grafish seperti Photoshop dan corel, bahkan ketika bermain games pun kondisinya masih prima. Saya menyatakan begini karena selama ini tidak ada proses yang berjalan lambat maupun tidak pernah terjadi hang2 tertentu ketika proses loading. Pada saat percobaan saya tidak sempat mengambil SS hasil sentinelnya. Namun yang pasti, hasil pertama saat percobaan pada HDD tersebut menyatakan Health pada HDD tersebut hanya 6%.
Saya cukup kaget dengan hasil tersebut, saya tidak menduga sama sekali, disisi lain laptop saya yang memang kinerja nya lelet, entah karena HDD maupun emang prosesornya yang lelet memiliki hasil Health 100%, padahal jika melihat umurnya, seangkatan dengan HDD PC saya. Karena cukup kecewa sayapun tidak menghiraukan hasil dari Sentinel dan langsung menguninstalnya.
Sekitar 2 bulan kemudian, saya membeli HDD baru, dan saya pun mencoba mengujinya dengan Sentinel, karena HDD lama saya berisi OS dan masih terpasang juga, secara tidak langsung pun terbaca oleh sentinel lagi. Kali ini Health HDD pc saya yang sebelumnya hanya 6% naik menjadi 26%. Saya sendiri tidak mengerti mengapa Health HDD saya bisa membaik, mungkin memang karena selama beberapa waktu terakhir, saya melakukan scan virus, atau karena saya melakukan pembersihan file dengan Clean Master, entahlahh, yang pasti kondisinya menjadi lebih baik, walaupun secara performa memang sama aja sih dengan sebelumnya, masih sama sama baik dan tanpa masalah.


REPOST Lagi dari gameard.com

Secara teori memang seharusnya wajar bila HDD tua saya ini sudah seharusnya pensiun, Sentinel pasti mempertimbangkan banyak komponen dalam proses scanning kondisi HDD, namun bukan berarti hal tersebut membuat kita takut memakai HDD tersebut dan terburu2 mengganti yang baru hanya karena hasil sentinelnya rendah. Memang sih sebaiknya kita juga harus bersiap membackup data2 penting kita karena takut nanti ada hal2 yang yang tak terduga terjadi, ini merupakan langkah teraman, tapi bagaimana dengan orang seperti saya yang mempunyai dana terbatas dan banyak pengeluaran, tentunya nggak bisa dong langsung mengganti HDD saat itu juga, hehehe
Kalo menurut saya sih, selama performa ketika kita menggunakan HDD tersebut masih dalam kondisi baik, ya kenapa ragu, pake ajalah sampe bener2 wafat itu HDD. Nanti ketika kita merasa performanya udah lemot, padahal nggak ada file berat maupun virus ketika kita scan, didukung dengan hasil sentinel yang rendah, nah itu baru saatnya kita curiga dan secepatnya membackup  file kita.
Secara umum Sentinel sebenarnya memberikan hasil yang cukup akurat. Namun hasil sentinel pun sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai hal, semisal saat proses scan, PC kita sedang ada virus, atau windows kita sedang bermasalah atau crash, maupun file HDD kita yang sangat berantakan, sehingga sulit dideteksi oleh sentinel, dan banyak hal lain yang mempengaruhi hasil. Beberapa forum pun mengatakan hal yang sama dengan saya.

Oh iya sentinel sendiri mempunya 2 jenis, yaitu sentinel yang bisa langsung diinstal dalam windows kita dan memonitoring secara langsung, dan satunya lagi sentinel yang lewat DOS sh kalo nggak salah, jadi kita musti bikin bootable dulu diawal, Nah katanya sentinel yang kedua ini memberikan hasil yang lebih akurat, namun saya sendiri belum pernah mencoba.

Bagikan

Jangan lewatkan

HDD Sentinel? apa benar akurat hasil nya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
February 13, 2023 at 10:28 AM

Makasih mas infonya.. barusan ngecek hdd eksternal home saia 4tb yg lama gak di buka.. awalnya 100% sehat.. trus pas ngebatalin pindah data tiba² merah dan tinggal 9%.. untung baca ini.. jadi agak lega dikit.. 😌

Reply