Wednesday, June 6, 2018

Banyaknya Kendala Saat Pembuatan SIM




Banyak yang bilang kalo ngebikin SIM itu ribet. Nggak salah sih emang tapi nggak bisa dibilang benar juga. Pada dasarnya semua hal di dunia ini itu emang ribet, apalagi bukan di bidang kita, namanya juga hidup. hahaha
Waktu itu saya ingin banget punya sim A, dan rencananya saya ingin bikin SIM ini menggunakan jalur murni (kan sekarang udah dilarang tuh pungli). Sejujurnya saya asing banget ngurus2 dokumen atau kartu2 gini, KTP aja diurusin sama orang tua, sayanya tinggal foto doang. Dulu waktu bikin SIM C juga diurusan sama Ayah, kayaknya make Calo deh jadi saya tinggal Foto doang dan beres jadii dahhh.
Waktu itu saya punya waktu luang sekitar hari sabtu. Pagi2 banget sekitar jam 7 pagi saya pun langsung meluncur ke Poltabes, karena takut bakal mengantri lama jadi saya. 20 menitan perjalanan saya pun sudah sampai di lokasi, yahhh seperti dugaan antrian udah rame banget, saat itu petugas memang belom datang, karena memang baru bukanya jam 8 pagi. Tepat jam 8 pagi petugas pun datang dan memberi pengumuman syarat2 membuat sim. sehari sebelumnya saya udah melihat persyaratan membuat SIM di internet, diantaranya kita harus menyiapkan dokumen: Foto copy KK, Surat keterangan Sehat dari Dokter, Foto copy KTP, apalagi yaa, kayaknya itu aja deh, agak lupa juga detailnya. Intinya sih semua dokumen yang dibutuhkan dari informasi yang saya dapatkan di website remi nya udah lengkap.
Setelah udah yakin dengan semua persiapan. Ternyata ketika udah sampe disana, ada 1 lagi dokumen yang kurang, yaitu surat psikologi. Saya nggak ngerti apakah ini sebuah peraturan baru yang belum sempat diumumkan atau ini merupakan syarat khusus di daerah Bali saja???
Diumumkan juga bahwa siapapun yang dokumenya belom lengkap maka tidak akan diberikan nomor antrian. Fix dah disini saya mulai paham definisi dari ribet dalam pengurusan SIM. Hampir sebagian besar yang menunggu sejak jam 7 an akhirnya keluar dari poltabes,ada yang balik kerumah ada juga yang pergi mengurus surat psikologi.
Saya juga ikutan keluar mencari pencerahan, tempat tes psikologi berlokasi nggak jauh dari poltabes, sekitar 100m kali ya kurang lebih. Di tempat psikiater ini antrian udah panjang banget, saya pun mengambil nomor antrian. beberapa waktu kemudian, saya pun menyelesaikan tes psikologi dan dinyatakan lulus serta layak untuk mengurus SIM A, dengan biaya 100rb untuk tes nya, cukup mahal juga ya, dengan tes yang saya bilang sangat simpel banget.
Kembali ke poltabes. akhirnya saya pun mendapat nomor antrian, sekitar urutan ke 200 an lahh. dari yang awalnya saya berangkat jam 7 pagi, sampe ujung2 nya saya baru dapet nomor antrian ke 200 an, buset dahhh. makin paham dahh definisi ribet.  setelah mengantri cukup lama, saya mendapat panggilan untuk masuk dan regristrasi. mulai dari regristrasi awal, foto hingga akhirnya saya masuk keruangan uji teori. Waktu masuk kedalam ruangan, mendadak jaringan internet mati,otomatis ujian nggak bisa diadakan kan??? menunggu sekitar 2 jam an jaringan pun nggak kunjung nyala, akhirnya saya pun pulang dengan tangan hampa, katanya sih bisa dilanjutkan proses nya di hari berikutnya.
Oh iya kalo boleh jujur, sebenernya hari itu saya melihat ada beberapa transaksi di sudut2 ruangan, baik diruangan tes teori, yang mana beberapa orang menyerahkan lembar berwarna biru n merah ke Polisi, saya nggak paham apakah memang dalam prosesnya perlu melakukan pembayaran secara langsung? kan setau saya pembayaran dilakukan melalui Bank BRI, atau memang itu merupakan tindakan Pungli?? di lihat dari gerak geriknya yang sembunyi2 dalam menerima uang sih sepertinya itu merupakan tindakan yang kurang baik. Namun saya nggak akan ngebahas itu disini. Lagian hal seperti itu bukan kewenangan saya, agak nggak adil sih rasanya disaat kita harus ribet gini gitu sementara orang lainya hanya dengan memberikan sedikit kertas bisa melaluinya lebih mudah...
Berlanjut ke hari berikutnya, di Hari senin pagi sekitar jam 8 nan saya langsung meluncur ke Poltabes dengan harapan ingin melanjutkan proses pembuatan SIM sebelumnya. setelah sampe disana, ternyata jaringanya masih belum menyala, saya pun pulang dengan tangan hampa lagi, karena kata polisinya kayaknya bakalan mati lama ini jaringanya, kemungkinan baru bisa lagi besok.
Esok harinya lagi di hari Selasa, saya berangkat menuju Poltabes. karena paginya saya ada urusan kerjaan, baru agak siangan saya bisa kesana. sekitar jam 12 saya kesana, sampe sana kantor tutup, saya kira karena memang jam istirahat. Tapi ternyata memang udah tutup, jadi cuma buka sampe jam 11 aja, dengan galaknya pun saya tidak diizinkan masuk ke kantor. Baru saya ingin menyapa dan menanyakan polisi mengenai proses yang sudah saya lalui sebelumnya dan ingin bertanya juga apakah jaringan udah nyala, belum sempet saya bertanya ketika saya ingin memasuki kantor polisi langsung berteriak ke saya dengan keras... Woiii kamu nggak bisa baca apa? jam segini kantor udah tutup!!!! itu ada tulisanya di pintu depan!!! mau ngapain kamu???
Whattss,, dalam hati saya ngebatin? saya udah baca sih pak, tapi emangnya saya nggak boleh bertanya? karena di depan kantor nggak ada polisi atau petugas lain yang bisa saya tanya, makanya saya berniat masuk. Belum apa apa juga udah diteriakin. Dengan rasa greget saya pun langsung meninggalkan kantor tersebut. Yang saya dengar sih bukanya tugasnya polisi itu mengayomi warga ya? kok ada warga ingin bertanya tapi malah disembur dengan kata2 kasar gitu? kalo memang kita salah kan bisa diperingati baik2, kenapa harus berteriak?? apa karena secara fisik saya terlihat lemah dan layak untuk diserang???
Oke lanjut ke hari berikutnya, yaitu di hari rabu, kali ini saya nggak mau datang terlalu pagi, tapi juga nggak mau kesiangan. Sekitar jam 9 pagi saya meluncur ke Poltabes, sampe disana saya pun langsung meminta nomor antrian dan merangsek langsung ke ruang uji teori melanjutkan proses yang sebelumnya. Alhamdulillah akhirnya kali ini ada polisi baik yang bener2 mengayomi kami para pembuat SIM baru. di dalam ruang tes semua peraturan dijelaskan dengan baik dan tes pun dimulai. Setelah lulus, saya lanjut ke tes praktek. sebelum tes praktek kami diberikan beberapa pengarahan yang cukup panjang, mungkin sekitar 2 jam an lahh. setelah itu tes pun berlangsung dan akhirnya saya lulus tes tersebut.
Kemudian saya diarahkan untuk melakukan pembayaran di Bank BRI yang memang lokasinya di dalam area Poltabes juga, untuk SIM A cuma bayar 120rb (jadi total kalo sama tes kesehatan dan tes psikologi uang yang saya keluarkan untuk membuat SIM adalah 245rb). Setelah itu saya melakukan regristrasi ulang dan selesaii, akhirnya saya udah bisa ngambil SIM di ruang pengambilan SIM.
Selanjutnya saya disuruh untuk mengambil SIM di ruangan sebelah. ternyata nggak semudah itu, sesampai di tempat pengambilan SIM ternyata sudah banyak banget orang yang mengantri, katanya mesin cetak SIM nya lagi rusak dan dari tadi belum bisa dibenerin, makanya sampe menimbun banyak gini orangnya..... Hadeeehh ada aja masalah lagi, emang nggak ada mesin cadangan kahh? itu mesin yang biasa dipake utk SIM keliling nggak ada ya?? masak di kantor pusat bisa sampe kerusakan gini terjadi sihh, kan fatal.... itu gumam saya dalam hati. Banyak orang2 yang mulai marah2 dan mulai rusuh karena lama menunggu, banyak juga yang curhat kalo udah beberapa hari ngurus SIM nggak jadi jadi, ada yang ngeluh ini ngeluh itu, ternyata nggak cuma saya aja yang mengalami kendala dalam proses pembuatan sim ini.
Di dalam ruangan itu terdapat komputer untuk mengisi survei kepuasan pelayanan, hampir semua yang mengantri disitu mengerumuni komputer dan mengisi ketidak puasan dalam pelayanan. saya pun mengisi demikian pula, hhe
Beberapa lama kemudian mesin bisa dipake lagi, walaupun cetakanya nggak sempurna, SIM saya sendiri ada garis2 nya, hehe kayak kalo kita nyetak di printer yang catridge nya mau rusak tuh kan biasanya muncul garis2, ya seperti itulah sim saya jadinya. karena nggak mau ribet ngurus besok2 lagi ya sudah lahhh terima aja, semua yang mengantri pun saya rasa berpikiran gitu. Setelah apapun itu, In The End akhirnya saya pun punya SIM A, dengan perjalanan yang cukup panjang, saya pun paham kenapa orang2 bilang ngurus SIM itu ribet dan banyak yang lebih memilih melakukan jalur pungli yang lebih memudahkan dalam pengurusan dokumen2. Semua itu kembali lagi karena pelayanan yang memang saya rasa kurang baik dan kurang ramah, Informasi yang tertera di internet kurang lengkap dan up to date, plus prasarana pembuatan dim di Poltabes yang sedikit kurang memadai.
Pada akhirnya sulit atau enggak nya proses itu kembali ke diri sendiri sih, kalo emang dari awal udah siapin semua nya lengkap, plus nggak ada kendala teknis di kantornya harusnya nggak akan sulit bikinya. Cuma buat mereka yang waktunya terbatas tentu saja akan beda lagi ceritanya, lagian kan poltabes bukanya setengah hari kan. Cerita diatas ini hanyalah cerita yang memang benar saya alami dari sudut pandang saya sebagai pemohon SIM, saya Cuma ingin share aja sih tanpa punya niatan lainya, jadi kalo ada pihak yang kurang berkenan saya mohon maaf. Thank you udah mampir.


Bagikan

Jangan lewatkan

Banyaknya Kendala Saat Pembuatan SIM
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.