Sunday, January 14, 2018

Manakah yang lebih seru, Nonton Drama/Anime/Film serial saat ON Going atau Nungu Tamat Baru nonton Sekalian?

Pict nyomot Google

Pict nyomot Google

Siapa yang suka banget nonton Drana/ anime lama lama depan laptop sampe nggak kenal waktu? Saya rasa hamper sebagian besar remaja SMA atau tingkat Mahasiswa yang ngelakuin hal ini, termasuk saya sendiri. Saya sendiri merupakan orang yang cukup sering menonton film bahkan mungkin sudah menjadi sebuah rutinitas sehari hari, entah itu genre apapun, baik movie maupun animasi, dan anime Jepang, dan berbagai film dari berbagai negara juga udah saya tontonin. Ada sebuah pertanyaan yang sudah cukup lama terbesit di benak saya, dan cukup membuat saya untuk berpikir sangat dalam..

Sebenarnya mana sih yang lebih seru antara kita nonton drama/anime/film berseri perepisode setiap minggunya saat on going, atau kita tunggu sampe seri tersebut tamat baru kita menontonya sekaligus?? Menurut kalian gimana???
Udah sejak masih awal kuliah sampe lulus masih aja kepikiran. HIngga akhir akhir ini saya mulai bisa menemukan jawabanya. Menurut saya secara pribadi sih, kedua metode tersebut sebenarnya sama sama punya kekurangan dan kelebihan masing masing.  Saya akan coba membagikan pendapat saya mengenai 2 cara menonton film disini.

Pertama, Menonton per episode saat on going. Baik itu anime maupun drama serial, menonton per episode merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang sangat penasaran dengan story dari film tersebut. Kelebihanya adalah kita akan tau update an story terbarunya dari film, so kita bisa nyambung kalo temen2 lagi ngomongin film itu, hhe. Kelebihan lainya yang bagi saya sangat penting adalah, entah kenapa saat saya menonton per eposide “feel” cerita per episode nya lebih nyantol di otak dan hati, mungkin karena kita punya lebih banyak waktu untuk mengenang dan memahami detail story dari setiap episode yang baru saja kita tonton. Saya inget banget waktu kecil sering nonton film kartun di TV setiap minggu, padahal Cuma tayang 30 menit (20 menit jika tanpa iklan) per minggunya, tapi storynya masih nyantol banget tuh sampe sekarang, padahal satu serial anime semisal digimon yang cuma 50 episode itu tamatnya bisa sampe 2 tahun loh, hhe, bayangin aja, kita memiliki waktu selama 2 tahun buat memahami film itu dari story awal hingga tamat, tapi tetep seru banget kan, walau 2 tahun lewat tapi ketika masih tetep inget kan gimana episode awalnya, yang tayang 2 tahun sebelumnya? Bener kan?.
Namun salah satu kekurangan dari nonton perepisode adalah rasa penasaran akan episode selanjutnya yang biasanya menggebu gebu, hhe yahh wajar sih, namun dengan rasa penasaran tersebut bukanya jadi ngebikin kita  makin suka dengan story film tersebut kan??

Selanjutnya yang kedua, nonton langsung semua episode saat anime atau drama sudah tamat. Biasanya sih tipe orang yang sabar, mau nunggu filmnya tamat dulu, atau mungkin untuk beberapa film lama, atau bisa jadi film yang nggak terlalu bikin penasaran, jadi yahh nanti aja nontonnya sekalian kalo udah tamat. Nonton sekaligus seperti ini memang ngebikin rasa penasaran episode selanjutnya langsung terjawab, namun entah kenapa feel per  episode nya jadi agak kurang gitu, moment tertentu yang ada di episode sebelumnya akan banyak yang secara langsung tereplace dengan moment yang ada di episode yang baru, nggak banyak waktu yang untuk mengenang maupun memahami secara rinci setiap episode nya. Biasanya sih metode kayaknya sistemnya kilat, kadang saya sendiri kalo udah penasaran dan lagi nganggur, nonton drama yang episode nya ada 16 dengan durasi 1 jam/ episode nya bisa saya selesaiin Cuma dalam sehari semalem kok, hhe. Karena terlalu cepet jadi yaahh gitu lahh beberapa scene jadi nggak terlalu fokus, hhe.
Kalo saya sih ngeibaratin gini sih, Kedua metode diatas mirip dengan metode belajarnya siswa di Indonesia. Mana sih yang lebih baik, antara belajar dicicil setiap minggunya selama 3 bulan, dengan belajar dengan system kebut satu malam??
Jawabanya sebenernya sama aja sih, jika siswanya emang pinter, maka bisa jadi kedua metode tersebut akan memberikan nilai atau hasil akhir yang sama, toh yang dipelajari juga sama, namun perbedaanya adalah memori jangka panjangnya. Siswa yang belajar dengan system dicicil biasanya akan memiliki ingatan jangka Panjang yang lebih baik, karena mereka memiliki waktu lebih lama untuk memahami dan mengenang setiap detil konsep2 pelajaran dari apa yang mereka pelajari, sedangkan yang menggunakan system kebut semalam hanya akan ingat bagian intinya aja, beberapa pelajaran mungkin akan terlupakan, karena terreplace oleh ingatan2 lain yang masuk diwaktu yang sama.

Jadi mana yang lebih Seru menurut kalian?? Jawabanya depend on masing2 kalian sih, kebiasaan kalian, dan tingkat rasa penasaran kalian, hhe saya sendiri biasanya suka mengkombinasikan 2 metode diatas, menyesuaikan dengan waktu luang juga soalnya, hhe 

Bagikan

Jangan lewatkan

Manakah yang lebih seru, Nonton Drama/Anime/Film serial saat ON Going atau Nungu Tamat Baru nonton Sekalian?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.