Monday, July 17, 2017

LPJ Bali (penyalur tenaga kerja ke Jepang)


Jepang merupakan destinasi Negara yang sangat menarik, selain merupakan salah satu negara maju dengan sistem pendidikan dan inovasi teknologinya yang mutakhir, Jepang juga selalu menjaga budaya negaranya dengan sangat apik, terbukti dengan banyaknya event event yang tetap dijaga kelestarianya di Jepang, yang telah banyak menarik hati wisatawan di dunia. Bahkan event jejepangan juga semakin mendunia saat ini. Banyak orang yang punya keinginan untuk melanjutkan pendidikan maupun karir mereka di Jepang, termasuk penulis artikel ini juga. Disini saya mencoba untuk share sedikit informasi yang mungkin bisa berguna untuk temen2 khususnya yang berdomisili di Bali.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencari pekerjaan diluar Negeri, termasuk jepang. Cara pertama adalah melalui system online, kita tinggal cari aja web perusahaan di jepang yang kita inginkan, jika kita memiliki kualifikasi di bidang engineering mungkin kita bisa mencoba untuk main ke website resmi Toshiba, atau Sony Jepang misalnya, nah disana biasanya ada link “career”, yang bisa diisi secara online oleh seluruh orang di dunia, saya sendiri pernah mencoba untuk mendaftarkan diri di Toshiba jepang, tapi memang mungkin karena bukan jodohnya saya belum bisa lolos, karena memang sainganya orang dari seluruh dunia, kalo kita tidak memiliki kualifikasi yang cukup mumpuni akan sangat susah untuk bersaing, walaupun memang bukan hal yang mustahil, karena dalam system ini,  portofolio kita lah yang menjadi hal yang sangat penting.

gerbang depan LPJ Bali
Cara lain adalah dengan menggunakan jasa dari lembaga penyalur. Nah, jadi beberapa waktu lalu, teman saya mengatakan bahwa dia ingin mencoba untuk merantau dan bekerja di Jepang. Dia memakai jasa penyalur ketenagakerjaan yang ada di Bali, yaitu LPK “LPJ Bali”. Tertarik untuk mencari informasinya lebih dalam saya pun mencoba untuk mendatangi langsung kantor LPJ Bali. Saya mendatangi kantor LPJ yang ada di Pemogan, ternyata letaknya nggak begitu jauh dari pusat Kota, lokasinya sendiri berbaur dengan rumah rumah warga, agak masuk ke dalam gang. Untuk LPJ disini, dapat menyalurkan baik untuk melanjutkan sekolah atau tenaga kerja ke Jepang. Untuk penyalur ke sekolah, lebih diarahkan ke sekolah Bahasa jepang, bukan ke Universitasnya secara langsung. Sedangkan untuk menyalurkan tenaga kerja, LPJ ini lebih mengarahkan untuk bekerja di pabrik, LPJ ini memiliki kerjasama dengan pabrik tekstil, pabrik pengelasan, bangunan, pabrik pengolahan ikan, dll yang ada di Jepang.  

Brosur LPJ
Untuk prosesnya sendiri sebenarnya cukup mudah, yang pertama membayar biaya administrasi sebesar 750rb dan mengumpulkan beberapa dokumen yang diperlukan, list nya sesuai dengan pisture dibawah:


Setelah semua dokumen lengkap, kita harus menunggu hingga ada lowongan job dari pihak perusahaan Jepang. Jika tersedia lowongan kosong (biasanya cukup sering ada lowongan disini), pihak LPJ akan menghubungi kita dan menawarkan untuk mengikuti interview tersebut. Jika kita berhasil atau lolos interview maka kita sudah dijamin untuk berangkat ke Jepang, selanjutnya ada proses karantina pelatihan keterampilan kerja yang diselenggarakan LPJ, selama kurang lebih 3 bulan. Selama masa itu juga dokumen yang diperlukan untuk berangkat ke jepang akan dipersiapkan, semisal Visa, dll selain itu juga ada proses medical check up. Ada beberapa syarat untuk mengikuti karantina kepelatihan tersebut, yaitu ada fee yang harus dibayarkan selama masa karantina, dan kemudian jika kita masih memiliki pekerjaan, harus segera mengurus proses resign dari pekerjaan tersebut.
Mungkin ada yang bertanya, Apakah kita wajib memiliki sertifikasi Bahasa jepang (JLPT)? Saya agak lupa sihh, kalo nggak salah sih ada minimal N5, dari pihak LPJ sendiri juga memiliki tempat les Bahasa Jepang kok, jadi kalian yang belum bisa Bahasa Jepang mungkin disarankan untuk belajar dulu. Trus kalo misal kita nggak berhasil lolos interviwa gimana yaa?? Nggak usah khawatir, kita masih bisa mengikuti peluang interview berikutnya entah itu diperusahaan yang sama maupun yang berbeda, jadi uang administrasi yang kalian bayar diawal tidak akan sia sia, kalian bisa terus mengikuti interview hingga kalian lolos, entah berapa kali sekalipun. Kalian sebenarnya juga tidak diwajibkan untuk mengikuti interview setiap ada tawaran, kalian tetap boleh memilih apakah akan mengikutinya atau mungkin mencoba peluang selanjutnya yang mungkin bagi kalian bisa memberikan benefit tersendiri. Oh iya untuk interviewnya sendiri bisa dengan orang Jepang maupun orang yang Indonesia yang mewakili perusahaan di Jepang. Jadi disinilah pentingnya Bahasa jepang, paling nggak kalian bisa lah sedikit sedikit menggunakan Bahasa jepang, karena tentu kalian bisa mendapatkan poin plus nantinya, walaupun saat interview nanti bisa dibantu oleh translator kok.
Saya sendiri belum berani mencoba mendaftar, karena masih ada beberapa hal yang harus diputuskan sebelum melangkah jauh kesana. Teman2 saya yang telah mendaftar sepertinya tidak memiliki kendala yang cukup rumit dalam prosesnya, karena semua sudah dibantu oleh pihak LPJ. Untuk prospek jangka panjangnya sebenarnya itu semua bergantung pada masing masing orang sih, walaupun disana kita bekerja bekerja sebagai buruh pun, disana semua pekerja sudah dijamin oleh system pemerintahanya. Gajinya pun cukup tinggi, dan jika kita bisa menabung saat kembali ke Indonesia kita bisa manjadi orang kaya sukses lohh, atau bisa juga kita melanjutkan bekerja disana, jika kinerja kita baik, bukan nggak mungkin kan , naik jabatan dan menjadi betah untuk stay disana lebih lama lagi.

NB :

Informasi mengenai LPJ yang saya share diatas merupakan lembaga yang ada di Pemogan, yang memang spesifikasinya lebih menyalurkan ke arah pabrik. Kata temen sih, ada Lembaga lembaga penyalur ke Jepang yang lainya juga kok, semisal yang di Tabanan, saya lupa namanya, lembaga tersebut lebih mengarahkan untuk bekerja di perkebunan atau pertanian, jadi lembaga mana yang kalian pilih itu nantinya harus disesuaikan dengan minat kalian sendiri. 

Bagikan

Jangan lewatkan

LPJ Bali (penyalur tenaga kerja ke Jepang)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.