Sunday, July 16, 2017

Langkanya Stock VGA akibat Mining


Bitcoin merupakan salah satu mata uang dan sekaligus system keuangan digital yang saat ini sedang melonjak trenya di pasaran. Nilai tukar Bitcoin yang terus melonjak membuat banyak orang yang ingin mendapatkan bitcoin. Salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin adalah mining (menambang), yang mana metode mining dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu mining based on CPU dan GPU. Mining dengan menggunakan GPU dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan CPU, oleh karena itu banyak yang menggunakan metode ini. Katanya sih GPU mempunyai jumlah core yang lebih banyak sehingga dapat melakukan proses enkripsi yang lebih baik ketimbang CPU, saya sendiri kurang tau pastinya, yang pasti ini lah yang membawa dampak cukup besar pada para builder PC di tahun ini. Apalagi dalam mining setiap PC biasanya tidak hanya menggunakan 1 atau 2 GPU saja, bahkan hingga puluhan GPU yang digunakan untuk proses mining.
Bisa dibilang tahun ini merupakan tahunya AMD, RX-series yang merupakan produk GPU unggulan AMD laku sangat keras, bukan hanya di beli oleh para gamers, namun sebagian besar di beli secara masal oleh para miners. Banyak yang mengatakan VGA RX-series milik AMD, khusus nya RX 470/480/570/580 sangat efektif dan efisien jika digunakan untuk proses mining. Selain itu harga nya juga tidak terlalu tinggi. Imbasnya para pc builder yang ingin membangun sebuah PC atau mengupgrade PC nya jadi tidak kebagian stock VGA tersebut. Bayangkan saja jika dalam sebuah daerah terdapat 10 orang miner, dimana masing2 memesan 10pcs VGA, jadi total demand VGA adalah 100pcs, cukup banyak bukan. Hal ini sering kali dikeluhkan oleh para gamers yang ingin build PC di dalam forum. Hingga beberapa bulan terakhir ini stock RX-series sudah sangat sulit dicari.


VGA RX-series tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau diawal rilis. Banyak gamers yang mengincar VGA jenis ini karena performanya cukup bersaing dengan nvidia 1060 dan 1070 dengan harga yang lebih terjangkau. Kita anggap saja kita mempunyai budget yang sudah kita alokasikan untuk membeli RX 570 misalnya, namun ketika stock kosong maka kita akan kesulitan mencari alternatif VGA lain, mungkin kita bisa menemukan gtx 1050ti ataupun RX 560 dengan harga yang lebih murah, namun secara performa akan masih dibawah series RX 570. Sedangkan jika kita ingin up misalnya memilih GTX 1060 atau 1070, mungkin kita bisa memperoleh performa yang sama atau bahkan lebih baik, namun harga yang ditawarkan akan lebih tinggi, serba sulit bukan. Disisi lain jika kita harus indent pemesanan, maka waktunya akan cukup lama untuk menunggu VGA tersebut datang.
Oh iya belakangan ini, harga VGA RX series melambung cukup tinggi karena permintaan yang tinggi akibat banyaknya miners. Akibatnya banyak orang yang mulai untuk menjual VGA bekas mereka untuk mendapat keuntungan, namun terkadang harga yang ditawarkan bahkan tidak masuk akal, apalagi jika kita menengok harga awal VGA tersebut.
Di kubu hijau, Nvidia bukanya tidak diincar oleh para miners. Nvidia juga cukup diincar, namun memang tidak seperti boomingnya RX-series. Untuk saat ini, langkanya stock RX-series menyebabkan produk Nvidia juga mulai banyak dilirik oleh para miners, produk yang mulai banyak digunakan adalah GTX 1060 yang saat ini stocknya pun udah mulai langka di pasaran.
Karena tren mining yang terus meningkat, belakangan ini Nvidia maupun AMD mulai mengeluarkan VGA khusus mining, setau saya sih VGA ini mempunya harga yang lebih terjangkau. Namun mungkin saja VGA khusus tersebut memiliki performa yang berbeda saat digunakan untuk bermain games, atau bahkan ada beberapa slot atau fitur normal yang dihilangkan, saya sendiri tidak tau pastinya. Rilisnya VGA khususn tersebut sepertinya tidak begitu merubah kelangkaan VGA yang ada saat ini.
Oh iya dalam proses mining ada yang bilang kalo performa dari GPU akan menurun seiring dengan seringnya digunakan untuk mining, mungkin karena harus melakukan proses komputasi yang berat secara terus menerus, sehingga menyebabkan penurunan performa, bahkan rata rata performanya bisa bertahan hanya dalam 3 bulan saja. Inilah yang menjadi salah satu pertimbangan saat kita ingin membeli VGA bekas, bisa jadi karena itu bekas digunakan untuk mining sehingga performanya menurun makanya dijual. Jadi hati hati aja ya bagi VGA hunter, khususnya sih bagi yang pengen beli  RX 470/480/570/580 bekas. Pastikan apakah itu pernah digunakan untuk mining, dan udah berapa lama…. Kalo saya sih lebih suka beli yang baru aja, kecuali sama seller yang udah terpecaya.
Disisi lain, Para produsen VGA pun mulai memberlakukan peraturan baru, yaitu garansi yang awalnya 1-2 tahun, saat ini hanya berlaku 3 bulan saja untuk VGA2 jenis tertentu, Hal ini dilakukan karena banyak orang yang melakukan retur setelah VGA nya digunakan untuk proses mining, sehingga produsen mengalami kerugian. 



Bagikan

Jangan lewatkan

Langkanya Stock VGA akibat Mining
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.