Monday, July 18, 2016

Mahasiswi Pemenang Kontes Karaoke di Jepang “Fatimah Zahratunnisa”

            Waktu itu gue dan sepupu gue ke dateng ke kedutaan Jepang di Denpasar, niatnya sih untuk nyari informasi mengenai beasiswa Monbukagakusho. Setelah bertanya tanya langsung dengan pihak kedutaan dan mendapat informasi yang gue cari. Gue dan sepupu baca-baca buku di gedung kedutaan sebelum pulang. Ketika gue ngebaca koran “Halo Jepang”, gue interested sama salah satu artikel yang judulnya “Fatimah Zahratunnisa - Langkah awal menjadi penyanyi di Jepang”.

Hasil Scan dari Koran "Halo Jepang yang gue dapetin di Jedutaan Jepang"
            Dari koran tersebut gue pertama kali tau siapa si Fatimah Zahratunnisa (Panggilanya Ica). Dia adalah mahasiswi Fakultas  Ilmu Budaya Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung yang berhasil menjuarai kontes karaoke lagu Jepang berskala International di Jepang. Kontes tersebut adalah Nodojima The World Song for Japan yang disiarkan di Nippon TV (NTL). Kompetisi ini merupakan kompetisi yang dikhususkan untuk  orang Asing (Luar Jepang) yang sudah berlangsung dari 2011. Acara ini diadakan 2 hingga 3 kali dalam setahun, dan sudah memasuki edisi ke 13. Secara nggak langsung dengan berhasil mengikuti seleksi hingga lolos di panggung konser tersebut aja udah hebat banget, apalagi sampai meraih Juara. Udah bisa dibilang mengharumkan nama Indonesia di Jepang kan ya…..


Kok bisa yaa.. Kakak Ica kepikiran ikut kompetisi sampe ke Jepang. Sebenarnya Kak Ica sendiri merupakan mahasiswi Indonesia yang mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang, tepatnya di Tenri University. Ini poin yang bikin gue nyesek sekalian bangga. Kenapa gue pas masih kuliah, nggak punya pikiran untuk mengikuti pertukaran pelajar. Kenapa pola pikir gue saat itu sempit banget dan kampungan. Pada akhirnya apa yang bisa gue dapetin sekarang….. Gue bilang, Icha ini merupakan artis (gue udah bisa menggolongkan dia sebagai artis karena udah tayang di TV dan punya banyak fans di sosmed). Artis yang memberi pelajaran positif bagi anak muda Indonesia. Ketika dia berhasil untuk mengikuti program pertukaran pelajar aja itu udah luar biasa, apalagi hingga memenangkan kompetisi disana. (Artis lain yang menginspirasi gue juga seperti Maudi Ayunda).

Kalo kita menilisik public figure yang ada di Indonesia saat ini. Kadang saya merasa sedih. Banyak hal yang seharusnya tidak pantas malah masih dipertahankan. Yang telah mengejek di junjung, yang korupsi dilindungi, yang berbuat senonoh diagungkan, yang suka buka bukaan ditutup-tutupi, dan hal lainya…. Menyedihkan. Indonesia butuh contoh yang real, bukan hanya hiburan sesaat, namun didikan positif yang berguna. Satu hal yang harus dirubah dari masyarakat Indonesia, yaitu pola pikir yang jauh kedepan, lihat apa kemajuan yang udah dilakuin negeri sebelah, dan perubahan apa yang udah kita lakuin saat ini. Enough,…


           Oh hiya ini ketika kak Ica ikut kompetisi di Jepang, lagu yang di bawain Good Bye Days dari Yui (soundtrack Taiyou no Uta) dan Blue Bird dari Ikimonogakari (Soundtrack Naruto Shippuden), nih videonya:

Goodbays Days

Blue Bird

           Selain di koran tersebut, gue juga streaming talkshow nya Kak Ica, ketika diundang ke HITAM PUTIH (salah satu acara yang menurut gue memberikan banyak nilai positif, dengan bintang tamu yang tidak terlalu terkenal, namun memiliki visi dan pengaruh bagi bangsa kita). NIh gue kasih videonya…. Keren banget lah Kak Ica, cantik lagi


         
           Sekembalinya ke Indonesia, gue kurang tau, jalan apa yang dipilih oleh kak Ica, gue udah ngefollow IG nya sih walau nggak difollback, hahaha (ngarep). Yang pasti gue percaya, Jepang telah banyak merubah kehidupan kak Ica, pola pikir yang lebih maju, sikap yang lebih baik, ilmu pengetahun yang lebih dalam, dan telah memberikan Dunia yang lebih luas. Saat ini gue seneng banget bisa mengetahui jejak awal perjalanan dari seorang Fatimah Zahratunnisa, dan berharap suatu saat gue bisa mengikuti jejak nya dan mewujudkan mimpi gue J 

Bagikan

Jangan lewatkan

Mahasiswi Pemenang Kontes Karaoke di Jepang “Fatimah Zahratunnisa”
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.