Saturday, July 16, 2016

5 Alasan Mahasiswa Asing Belajar di Jepang


“Belajar di Jepang = Terbang ke Dunia”

Rasa-rasanya kalimat tersebut memang cocok sekali dinobatkan untuk Negara Jepang. Jepang merupakan Negara dengan seribu Inovasi dan terus menerus mengembangkan berbagai penelitian terkini dalam berbagai bidang. Selain itu kebudayaan Jepang juga masih terus dilestarikan. Bisa kita tuh di film film jepang, sering ada acara-acara maupun event kebudayan yang ditampilkan. Hal tersebut membuat Jepang memiliki ciri khas tersendiri, dari segi tata berkomunikasi juga Jepang memiliki literasi yang sangat luar biasa. Disini gue membahas 5 alasan mengapa mahasiswa Asing harus belajar di Jepang J, pembahasan gue ini berdasarkan dari literature yang terdapat di Perpustakaan Kedutaan Jepang di Denpasar, Bali. Kebetulan waktu itu gue sempet main kesana J.

    1.    Jepang memiliki Lembaga Pendidikan dengan Kualitas yang tinggi

Lembaga lembaga di Jepang mampu melahirkan sumber daya manusia yang terkemuka di berbagai bidang di Dunia.sasa
·        Jepang menelurkan pemenang Hadiah Nobel terbanyak di Asia di berbagai bidang keilmuan.
·     Jepang bukan Negara yang memiliki lahan yang luas maupun sumber daya yang kaya, namun Jepang memiliki kedudukan ekonomi yang tinggi.
·         Jepang mempunyai berbagai produk yang telah mendunia, baik di bidang otomotif, multimedia, gadget, medis, animasi, dan banyak lainya.
Gue setuju banget dengan poin ini, kita lihat aja ya produk produk jepang yang ada di Indonesia ada Yamaha, Honda, Suzuki, Sony, Pocary sweat, Naruto, One piece dan berbagai produk lainya. Nama nama produk, brand, atau judul anime itu pasti sering kita denger. Sadar nggak ya kalo ternyata selama ini kita udah bergantung banget dengan produk produk dari Jepang (China juga sih sebenernya).
Padahal secara teori sih Indonesia masih unggul banyak dari segi sumber daya yang dimiliki, namun lagi lagi, mungkin karena faktor kualitas pendidikanya, sehingga sumber daya tersebut masih belum bisa dioptimalkan dengan baik. Gue sendiri entah merasa semakin gue membaca literature mengenai teknologi, semakin gue ngerasa kalo gue ini ternyata nggak ada apa apanya dengan orang diluaran sana yang udah bener bener mendalami segala sesuatu sejak dari dini ……


    2.    Memiliki banyak Lembaga Pendidikan di berbagai bidang

Jepang memiliki berbagai Lembaga Pendidikan yang masing masing mengampu berbagai bidang, antara lain (Sains, Teknik, Pertanian, Medis, Kedokteran, Kesustraan, Lingkungan, Manajemen, Kebudayaan, Mode, Animasi, dan banyak lainya). Berikut ini, data yang gue dapetin dari literature:

·         Pasca Sarjana (616 Lembaga)
·         Sarjana (778 Lembaga)
·         Junior College (395 Lembaga)
·         Sekolah Kejuruan (58 Lembaga)
·         Pendidikan Pelatihan Spesialisasi (3.311)
·         Pendidikan Bahasa Jepang ( belum dapet statistiknya)

Jepang memiliki klasifikasi Lembaga Pendidikan yang sedikit berbeda dengan di Indonesia, walaupun mungkin nggak seribet di Jerman, hehe. Pembahasan mengenai klasifikasi tersebuat nantinya akan gue bahas di artikel lainya. Kebetulan gue juga dapet buku bagus pas ke Jepang Festival Mei Kemarin.


    3.    Sistem Beasiswa yang Lengkap

Banyak beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa asing yang ingin kuliah di Jepang baik dari pemerintahan Jepang sendiri maupun dari pihak Swasta (tentunya dengan kualifikasi tertentu), antara lainya beasiswa Monbukagakusho (MEXT), beasiswa dari JASSO, kemudian dari Japan Foundation, dan banyak lagi yang lainya, bisa cek tuh di www.heysuccess.com, di situs itu terdapat beberapa informasi mengenai beasiswa Negeri maupun Swasta. Kalo di Indonesia sendiri kita juga bisa memanfaatkan beasiswa dari LPDP. Beasiswa LPDP sendiri memfasilitasi dan membiayai penuh perkuliahaan mahasiswa Indonesia khusus untuk 15 Universitas di Jepang, List nya bisa di cek di www.lpdp.depkeu.go.id .
Selain itu, dari data statistik yang gue baca, sekitar separuh mahasiswa asing yang dateng ke Jepang dengan biaya sendiri, sekarang ini telah menerima beasiswa dari Jepang sebanyak rata-rata 60rb yen setiap bulanya.
  

    
    4.     Mendapatkan pengalaman mengenal Budaya Jepang

Berbagai kebudayaan Jepang kuno terus bertahan hingga saat ini dan menjadi daya tarik tersendiri, seperti zen, kabuki, dan sumo. Selain itu budaya modern juga telah banyak menarik dunia, seperti, komik, animasi, music, dan mode. Selama di jepang juga setau gue banyak acara kebudayaan yang diselenggarakan setiap tahunya, kayak festival festival gt. Jadi pengen ke Jepangg……

Payungnya keren


    5.    Banyak mahasiswa asing lulusan Lembaga di Jepang yang puas dengan keputusan mereka

Setelah selesai menyelesaikan studi di Jepang. Banyak lulusan yang berhasil menerapkan ilmunya dan menduduki posisi pekerjaan yang penting dalam lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta, baik di Jepang, maupun di Negara asalnya.

Jepang memang bukanlan Negara dengan pendidikan terbaik di Asia apalagi di Dunia. Masih ada Negara Negara lain di Asia yang mungkin memiliki kualitas pendidikan setara atau mungkin lebih baik dari pada Jepang, seperti di Singapura, China, maupun Korea. Namun perkembangan inovasi di Jepang sangat luar biasa, produk produk yang berhasilkan ditelurkan benar benar diakui oleh dunia. Jepang juga memiliki kebudayaan yang unik seperti halnya Indonesia. Entah. Hal tersebut lah yang membuat Jepang memiliki nilai plus tersendiri, khususnya di mata saya, sebagai orang yang sangat ingin pergi ke Jepang J…..


“There is a place in history waiting for you”

yossshhh Ayoo berjuang meraih mimpi di Jepang J



Bonus: 1 hal lagi yang menjadi alasan tambahan untuk kuliah di Jepang J
Bener bener bisa jadi penyemangat kuat kuliah di Jepang.....  J




Bagikan

Jangan lewatkan

5 Alasan Mahasiswa Asing Belajar di Jepang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.