Sunday, April 24, 2016

Dream


Impian…. Apa impianmu???

Entah kenapa gue masih belum punya impian dalam hidup gue, sejak dulu gue cuman sekolah, dan jalanin aja kehidupan gue di sekolah. Dari SD sampai ke Universitas gue selalu berhasil mendapatkan institusi Negeri, bahkan mungkin masuk hitungan favorit. Tapi itu semua nggak menjamin passion lo bisa bener bener terbentuk. Dulu saat gue masih tinggal di Kota D (gue nggak perlu nyebutin pastinya ini dimana) gue bener-bener belum mengenal apa apa mengenai dunia, gue bener bener tertutup dengan kondisi sekitar, gue nggak peka dan gue cuman sekedar menjalani semuanya tanpa mengerti untuk apa gue menjalani itu semua. Gue ngerasa banyak banget waktu gue yang udah kebuang disini. Banyak hal yang seharusnya bisa gue raih dan gue pelajari tapi gue sia-sia in gitu aja.
Akhirnya ketika gue lulus SMA gue memberanikan diri untuk mencoba untuk mendaftar ke Universitas di Luar Kota, yaitu di Kota pendidikan, salah satu universitas terbaik di Indonesia. Banyak banget hal baru yang gue dapetin disana. Gue bertemu sama orang orang hebat, gue bertemu sama tempat tempat yang luar biasa. Lingkungan seperti inilah yang ternyata gue butuhin. Hal yang dulu gue anggap tabu ternyata baukan lah hal yang tabu disitu. Hal yang dulu ketika gue lakuin selalu mendapat hinaan orang lain. Di tempat itu dapat diterima dan bahkan ada banyak orang orang disana yang berpendapat seperti gue. Semua impian itu penting asalkan tidak menyusahkan orang lain ketika meraihnya. So apapun mimpimu walaupun itu hal yang menggelikan dan tidak diterima di daerahmu, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk diraih.
Oke kita kembali ke masa sekarang. Dulu waktu gue lulus kuliah, gue pengen banget banget bisa lanjutin studi gue ke Negeri Sakura. Gue kagum banget sama kemjuan teknologi disana, selain itu juga tradisi orang orang kan, punya pemikiran yang maju, disiplin, bersih, dan sopan. Banyak film film jepang yang menginspirasi hidup gue, banyak banget hal disana yang sesuai dengan passion gue. Namun iya bagi gue itu cuman khayalan aja, emang mungkin apa seonggok diriku ini bisa pergi kesana, iya mungkin 10 taon kedepan kali kalo gue udah bisa nabung buat liburan. Akhirnya gue memutuskan untuk bekerja. Jalan gue dipermudah oleh Allah, gue bisa mendapat pekerjaan dengan cepat setelah lulus kuliah. Gue berpikir, ntar pasti ada lah jalan buat gue untuk ke Jepang, mungkin aja ntar gue punya waktu terus les, terus minta bimbingan ke suatu institusi dan akhirnya bisa lanjut studi ke Jepang, tapi yang penting nabung dulu lahh… Cuman sebentar kerja, gue bener bener nggak sanggup, emang bukan passion gue. Gue belum siap untuk bekerja, selain lingkungan kerja yang nggak mendukung, hati gue juga masih terpaut untuk belajar lagi, entah kenapa gue pengen banget belajar ke Jepang.
Lama gue berpikir, S2 kan bisa dimana aja, di Indonesia juga bagus kok, atau bisa ke Eropa yang bahasanya lebih umum dan juga bisa sering sering nonton pertandingan bola. Atau bahkan ke German, Amerika, yang mungkin pendidikanya sangat unggul saat ini. Why I choose Japan??....  Setelah gue merenung lebih jauh, gue berhasil menemukan beberapa point:

1.       Jepang merupakan salah satu negara maju yang sangat diakui oleh seluruh Dunia
2.    Walaupun Amerika sangat mendominasi daftar Universitas terbaik di versi situs situs online, namun Teknologi di Jepang sangat maju, bahkan bener bener spesifik dan berprospek, gue sering lihat tuh di Japan channel, setiap tahun ada pameran technologi di Jepang, dan hampir disetiap macam atau jenis teknologi mereka kembangkan semua, bukan hanya dalam penelitian saja, namun produk yang aplikatif, dan didukung oleh developer developer teknologi dengan nama besar Dunia di Jepang, seperti Kamera, NIKON, SONY, Fujitsu, dll, di bidang smartphone, kendaran, robotic, perfileman animasi, dan banyak lagi aspek luar biasa yang aplikatif. Dengan kata lain Jepang merupakan Negara yang aplikatif.
3.      Jepang memiliki pemanfaatam teknologi alternative yang baik, misalnya nuklir dan solar cell, solar Cell ini sangat menarik minat saya, skripsi S1 ini mengenai solar Cell generasi ke 3, ini merupakan salah satu tujuan saya untuk belajar ke Jepang.
4.    Akses untuk bahan bahan fabrikasi untuk pengembangan teknologi penelitian mudah jika kita berada di universitas Jepang, berbeda dengan di Indonesia.
5.       Jepang memiliki pengolahan makanan dan pertanian yang baik.
6.    Orang orang jepang dan segala hal di jepang itu tepat waktu, serta memiliki kedisiplinan yang tinggi. Hal ini mungkin yang tidak ditemukan di Amerika dan Indonesia.
7.    Orang orang di Jepang memiliki rasa hormat dan sangat sopan terhadap orang lain. Walaupun Jepang terkenal dengan film film berbau biru nya, tapi entah kenapa orang orang dijepang ini cenderung pemalu pemalu,
8.    Budaya Jepang sangat kental dan beragam, jika melihat dari film film, pengen banget gue ikut festival festival di Jepang, Hanabi, cosplay, dan lain lain. Ini merupakan daya Tarik tersendiri di Jepang.
9.    Gue suka nontonin kartun jepang, perkembangan dunia animasi dan komik disana sangat maju, kebetulan gue suka dengan seni lukis dan sketch, saya ingin memperdalam kemampuan menggambar saya, saya juga ingin suatu hari membuat manga saya sendiri.
10.  Gadis gadis di Jepang juga cukup menjadi daya tarik tersendiri :).


Dari poin poin tersebut gue berpikir, bukan liburan ke Jepang yang sebenarnya gue inginkan. Kalo cuman seminggu dua minggu disana nggak akan bisa memuaskan hasrat gue untuk meraih semua keinginan gue. Gue pengen stay disana untuk beberapa lama, gue ingin mengenal Jepang lebih jauh lagi. Satu satunya jalan terbaik buat gue adalah fight untuk melanjutkan studi gue ke Jepang. Di waktu kosong ini gue, gue habisin waktu gue untuk ngontak professor, mantengin situs situs beasiswa, dan belajar untuk memperbaiki kemampuan Bahasa gue. Gue yakin dengan semangat gue yang lagi membara ini, gue pasti bisa untuk kesana. Yaa Pasti J

Bagikan

Jangan lewatkan

Dream
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.