Banyak yang menanyakan, sebenarnya, layanan jasa pengiriman yang bagus
itu apa sih?? JNE ya? TIKI? POS? J&T? atau jasa lainya?
Oke, saya akan memberi jawaban “tergantung”, tergantung kamu sekarang
tinggal dimana? Karena setap jasa memiliki keunggulan di setiap daerah2
tertentu. Ada beberapa daerah yang mungkin akses menggunakan Pos lebih bisa
dijangkau, di lain sisi mungkin di beberapa daerah lainya JNE yang lebih unggul
Karena memiliki servis yang baik, begitu pula TIKI, J&T maupun jasa
lainya…..
Sebelumnya, saat saya tinggal di Malang, saya paling sering menggunakan
Jasa JNE, Kenapa? Karena dari pengalaman saya sendiri di area Malang kinerja
JNE sangat baik, servis untuk pengiriman barang selalu update dan biasanya sih
cepet banget nyampe rumah. Cuma waktu itu saya pernah sih Karena ingin barang
diambil lebih awal, saya coba ambil barang saya langsung ke kantor JNE pusat,
ngantrenya lama, tapi masih masuk akal lahh. Disisi lain
jasa TIKI sebenarnya cukup baik juga, tapi kadang sering ngaret sampe rumahnya,
sehari dua hari. Tapi intinya sih nyampe, hhe. Untuk jasa lainya saya nggak
pernah nyoba… Untuk masalah harga sih TIKI juaranya murah, hhe
Oke … Jadi yang ingin saya bahas disini adalah Jasa pengiriman khususnya
di Denpasar. Saya nggak memasukan POS dalam pembahasan dibawah, kenapa? Karena
saya jarang ngirim barang make POS, kecuali surat, hhe saya rasa kantor pos
cocok digunakan untuk proses pengiriman formal atau pengiriman yang ditujukan
ke daerah pelosok, Karena POS memiliki jangkauan yang paling luas. Kalo masalah
pelayanan sih POS udah TOP, yahhh kan udah berdiri cukup tua, hhe. Harga nya
murah lagi.
Oke kembali ke
topik, disini saya akan urutkan jasa pengiriman yang menurut pengalaman saya
pelayanan nya paling baik, disini saya akan berbicara dari segi penerima
barang, bukan pengirim :
1. TIKI
Saya taruh TIKI di urutan pertama
Karena saya sama sekali tidak punya pengalaman buruk dengan jasa di TIKI di
Bali. Poin pertama jelas harganya murah selain harga murah, kantor pusat dan
kantor pengambilan barang juga dekat dengan pusat kota Denpasar, so sangat
mudah dijangkau. Untuk kantor cabang pusat ada di dekat Lapangan Alun Alun
Puputan, sedangkan untuk pengambilan barang ada di daerah Pura Demak. Barang
saya yang dikirim selalu sampai dengan tepat waktu bahkan kadang sampe lebih
awal. Selain itu juga kurir nya selalu ngehubungi kita setiap mau ngirim.
Pernah sekali aja sih si kurir nya katanya bingung nyari alamat saya, entah
antara emang beneran bingung atau Karena males ngirim, hhe akhirnya saya harus
ngambil sendiri ke kantor TIKI. Awalnya sih saya kepikiran bakalan ngantri lama
nih (punya pengalaman buruk saat ngambil barang di JNE). Ehh ternyata saat
nyampe kantor TIKI sepi, hhe jadinya langsung nyetorin resi dan barang kita
udah di depan mata.
2. JNT
Baru pernah nyoba sekali
menggunakan jasa JNT, saat pembelian online di aplikasi Bukalapak. Harga murah,
kayaknya overall setara TIKI dehh. Oh iya JNT juga bisa gratis jemput antar
barang lohh, tapi belom pernah nyoba sihh. Yang paling suka sama dengan JNT sih
website nya, update nya cepet banget dan detail juga. Jadi posisi barang kita
ada dimana, serta jam berapa dikirim dari sananya, hingga kantor cabang mana
yang menerima paket kita juga tersedia. Tidak seperti di TIKI maupun JNE yang hanya
memberi update setengah2.
Waktu itu pengiriman dari Jakarta
sekitar jam 8 malem, terus ikutan pengiriman besok nya hingga akhirnya lusanya
udah sampe di Denpasar. Berhubung saya udah ngebet pengen ambil barangnya jadi
saya coba untuk mengunjungi kantornya. DI website tertulis kalo barang saya
berada di salah satu kantor cabang Hayam Wuruk Denpasar. Ketika saya sampai di
sana. Saya langsung bisa menemukan barang saya tanpa antre dan tanpa banyak
cincong. Nah si CS nya pun bilang bahwa sebenernya tadi udah sempet di bawa
kurir tapi Karena bingung alamatnya jadi mau dilanjutinnyari alamat nya di esok
hari. Dalem hati saya berpikir kenapa nggak nelfon ya, hhe tapi ya sudahlah toh
pada akhirnya barang tetep nggak terlambat kan sampenya, hhe
Satu hal yang menurut saya perlu
dicontoh oleh Jasa lain dari JNT adalah, untuk sistem pengambilan barangnya JNT
dibagi bagi sesuai dengan wilah masing2 cabang, Jadi wilayah mana yang lebih
dekat dengan kantor cabang JNT maka disitulah barang ditaruhnya, jadi di setiap
cabang punya kurir gitu. Imbasnya memang kurir yang dibutuhkan oleh jasa akan
lebih banyak, dan mobilisasi akan terpencar Karena setiap ada barang masuk
harus dipisah dan diantarkan ke kantor2 cabang yang bertugas di wilayah
tertentu. Tapi jika kita lihat sisi baiknya adalah, management barang akan
lebih teratur, proses pengambilan barang oleh konsumen akan lebih mudah tidak
seperti JNE maupun TIKI yang terpusat hanya di satu tempat. Saya rasa JNT sudah
memikirkan matang2 mengenai hal ini dan telah menyusun perencanaan management
yang cukup baik. Salut dahhh. ……
3.
JNE
Sebenarnya JNE pelayanan saat
pengiriman barang cukup baik. Tapi ada beberapa hal yang membuat saya kecewa
dengan kinerja JNE. Pertama adalah Website kadang kurang update, barang kita
ada dimana, tapi di website ditulisnya dimana…..
Kedua JNE suka ngediemin barang,
nggak cuma sekali lohhh, udah beberapa kali saya membeli barang dengan jasa
pengiriman JNE dan sering telat sampe rumah, padahal di website seharusnya udah
dr beberapa hari yang lalu nyampenya. Mungkin JNE kebanyakan barang jadi
bingung mana yang harus dikirim duluan. Kadang ini ngebikin jengkel lohhh,
soalnya kan kita juga punya planning yang udah kita rancang yang melibatkan
barang yang udah kita beli. Ketiga, kagak pernah ngasih update tuhhh, beda ama
TIKI yang sering nelpon, JNE sama sekali nggak pernah nelpon atau sms, padahal
udah jelas2 tuh di box barang kan ada no telepon penerima barang, kalo bingung
nyari alamat ato kalo emang ada gimana sama barang kita paling nggak kan kita bisa
nyari solusi bareng, hadehhhh.
Poin terakhir adalah kantor
pengambilan barangnya semrawut…. Berantakan selalu rame, ngantri bisa sampe 3-4
jam buat ngambil barang yang belum tentu juga sudah bisa diambil. Udah beberapa
kali datengin kantor buat ngambil barang Karena barang saya nggak sampe sampe,
tapi selalu gini terus, dan nggak Cuma saya banyak orang juga yang ngeluh di
kantor JNE bali. Nggak sedikit juga yang berkata2 kasar ke CS nya JNE disana,
pokoknya kalo ngambil barang rasanya udah kayak demo lahh, bahkan tawurann…
Management pengambilan barang di JNE bali ini saya rasa bener2 nggak teratur.
Terkadang walaupun sudah antre lama dan udah jelas barang udah ada di kantor
ini tapi barang kita nggak bisa diambil Karena katanya masih berantakan, belum
di data, dan sulit dicari,,,, Whatttt …… busett emangnya pas barang dateng
nggak ada checklist gitu? Nggak langsung dipisahin sesuai dengan alamatnya
gitu? Apa jangan2 barang dateng langsung dilempar lempar aja di Gudang, jadi
makanya proses pemisahanya lama… Hedehh… Saya paham sih mungkin barang yang
dikirim melalui jasa JNE sangat banyak banget sehingga mungkin pegawainya
kualahan, tapi yahh diatur gimana gitu supaya lebih teratur, entah sistemnya
atau pegawainya yang ditambah… ya gitulahh pengalaman saya tahun lalu, tahun
ini saya belum pernah pake jasa JNE lagi, rada trauma, hhe
Bagikan
Mana Jasa pengiriman yang Lebih Baik? JNE / TIKI / JNT ??
4/
5
Oleh
Ard