Wednesday, December 6, 2023

Bingung memilih Box bayi yang paling sesuai untuk calon dedek bayi



Sebuah berita yang menggembirakan, Insya Allah jika tidak ada kendala, di awal tahun depan aku bakalan resmi jadi seorang Ayah. Semoga semuanya lancar, Amin. Aku mulai deh mikirin beberapa barang yang seharusnya aku dan istri persiapakn untuk lahiran nanti. Nah salah satu yang jadi pertimbangan kita adalah membeli box bayi karena kasur kita kecil plus aku yang kalo tidur nggak bisa anteng takutnya nanti ngeganggu dedek bayi, jadinya kita putuskan untuk ngebeli Box Bayi.

Selanjutnya adalah harus memilih antara yang jaring atau yang kayu, kalo yang jaring harganya cenderung lebih murah, dengan seluruh fasilitas dan kelengkapan yang ada di paketanya, semisal mainan bayi, tempat buat ganti popok, kasur, dll. Walaupun ada juga sih box jaring yang mahal, hehe. Tapi pertimbangan masa pakainya, sepertinya yang jaring nggak akan lama, ditambah lagi bagian dasar yang lembut akan susah jadi pijakan untuk anak ketika nanti dia udah mulai bergerak, selain itu juga karena sisi sampingnya dari jaring2, tidak bisa jadi pegangan untuk anak ketika mulai berdiri, ya intinya box jaring cuma worth dipake untuk tidur aja. Disisi lain kelebihan box jaring dia lebih fleksibel, bisa dibawa kemana2 kalo lagi mau nginep dirumah keluarga gitu, bisa di lipet dan nanti di pasang lagi.

Setelah beberapa pertimbangan diata, akhirnya aku milih untuk ambil box kayu aja. Hanya saja karena budget yang terbatas aku harus lebih pintar memilih mana yang sebaiknya aku beli, ditambah lagi kalo box bayi cenderung beberapa tetek bengek tambahanya kita harus beli secara mandiri karena tidak diberikan keseluruhan di dalam paket pembelian. Akhirnya aku bikin list beberapa box bayi berikut:


Daftar diatas aku ambil dari shopee, berdasarkan mana yang paling laris dan rekomendasi yang muncul dari iklan di shopee, di awal bulan desember 2023, mungkin saja di marketplace lain dan di waktu lain harga bisa berbeda. Untuk harga sendiri diatas sudah dikurangi dengan free ongkir dari voucher shopee (kalo ada) di akunku, di akun lain mungkin berbeda2. Untuk ongkirnya sendiri ada yang saya inputkan dengan 2 harga dengan penghubung (+), artinya harga pertama adalah harga ongkir shopee, sedangkan harga kedua adalah harga tambahan dari toko untuk pengiriman ke alamat saya, berbeda alamat bisa saja berbeda ongkir.

Selanjutnya, setelah membuat tabel spesifikasi dasar, saya juga melakukan research mengenai bahan kayu yang digunakan. Karena saya ingin menggunakan ini dalam jangka waktu panjang paling tidak 3 tahun, kemudian inginnya sih setelah itu masih terus digunakan baik sebagai storage, meja, maupun dimodif menjadi hal lainya, hingga nantinya digunakan kembali saat punya anak kedua. Kualitas kayu juga nantinya akan berpengaruh ke kondisi rumah dan cuaca sekitar. Nah ini hasil catatan tentang jenis kayu yang digunakan dari daftar box bayi sebelumnya:


  1. Mahogany:

    1. Kelebihan: Kuat, tahan air, tampilan estetis yang baik.

    2. Kekurangan: Lebih mahal, berat.

  2. Mahoni:

    1. Kelebihan: Kuat, tahan air, warna yang menarik.

    2. Kekurangan: Mahal, berat.

  3. Karet:

    1. Kelebihan: Ramah lingkungan, tahan air, elastis.

    2. Kekurangan: Tidak sekuat kayu keras, mungkin lebih cocok untuk penggunaan khusus.

  4. Pine:

    1. Kelebihan: Ringan, terjangkau, mudah diolah.

    2. Kekurangan: Kurang tahan terhadap cuaca ekstrem, cenderung lembut.


Urutan diatas sudah diurut berdasarkan kualitas kayu nya, dimana kayu Mahogany & Mahony adalah kayu yang terkuat, karena termasuk kayu keras, kemudian untuk kayu karet cukup bagus walau tak sekuat kayu mahogany dan mahony, sedangkan kayu Pine adalah kayu termurah yang paling rendah kualitasnya diantara keempat kayu diatas. Nah setelah disini barulah aku mulai bisa ambil kesimpulan dan mengeliminasi beberapa kandidat. Berikut ini akan aku coba bahas satu persatu.

 

1. Box Bayi Imporan



Nah ini aku sendiri nggak tau merk nya apaan, tapi banyak seller yang ngejual kok. Bisa dibilang ini yang paling lengkap. Udah dapet mainan anak, dapet kelambu, set matras dan bumpernya, bahkan ada ruang khusus storage nya di bagian bawah. Selain itu juga bisa dijadiin mode meja jika nanti kedepanya tidak digunakan si Bayi. Untuk ukuranya sendiri ada 2 jenis, yaitu yang panjang 90 an cm, dan satunya lagi yang 120 cm. dimana panjangnya ini masih bisa di extend sampe 140cm karena ada pagar yang bisa di buka. Mungkin karena ini mereka mengklaim bisa digunakan sampe usia 6 tahun.


Cuma kekuranganya kayu yang digunakan sih. jenis Pine wood, yang menurut google sih cukup rentan terhadap cuaca, takutnya berjamur gitu.Apalagi di harga 1.35 jt yang ukuran panjang 120cm. Lagian walaupun ada matras nya. dikarenakan tipis tetep aja kita perlu beli matras/kasur bayi tambahan yang lumayan tebel. jadi ada tambahan budget lagi kan. Kalo dihitung 2 mungkin untuk tambahanya total bisa 1.5-1.6 jt. Aku masih belum bisa ambil keputusan untuk ini.

 

2. Furnoti



Kalo ini menggunakana kulaitas kayu yang paling bagus sih, yaitu kayu Mahogany, kayu ini sama kuatnya dengan Mahony, tapi lebih keras dan berat. Nggak tau deh ini positif atau negatif kalo untuk digunakan box bayi. tapi ada 2 kelemahan besar sih, yang pertama adalah di ukuranya, paling kecil diantara yang lainya. Beda 10-15 cm aku rasa bakal berpengaruh banget nanti kedepanya. Selain itu, tingkatan posisi yang bisa di set hanyalah 2, jadi agak kurang fleksibel gitu. Tapi kelebihan disini adalah matrasnya tebel, nggak ada keterangan sih brp cm, tapi dari foto2 ulasan terlihat sih kalo emang tebel. Untuk ini, mungkin aku akan skip dulu, balik lagi sih karena deal terbesar ada di ukuranya.

 

3. Red Sun



Nah untuk ini dari sekilas keliatan paling kokoh banget, dibuatnya sudah menggunakan full kayu Mahony yang secara deskripsi nya diolah dengan begitu macam cara yang baik untuk digunakan pada bayi. Untuk ukuranya sih nggak besar, tapi nggak kecil juga. Untuk kekuranganya sendiri mungkin dari desain nya yang terlalu flat jadi kurang cantik gt, selain itu ini tidak included, matras, kelambu. jadi kita tetep harus beli sendiri. Jadi aku itung2 kalo harga+pengiriman+matras dll, keknya total juga ada di 1.5-1.7 jt deh, bergantung kualitas matrasnya. agak mirip dengan harga Imporan, tapi dengan kualitas kayu mahony nya, aku rasa ini masih jadi kandidat terbaik sejauh ini. 

 

4. Holly official/Osfrans



Kenapa ini aku jadiin satu, karena keknya keduanya menjual barang yang sama deh, dilihat dari foto, dan spesifikasinya. Barang yang dijual adalah merk Holly. Awalnya ini merupakan kandidat pertama yang paling aku pengen, alasanya kenapa? karena harga plus kelengkapanya, serta desainya juga lumayan bagus, nggak terlalu flat. Selain itu juga, ini yang penjualan nya aku lihat paling banyak di shopee, terakhir sih aku cek sampe 1,8rb orang yang udah beli. 

Namun salah satu kekurangan yang aku temui di komentar ulasan pembelian, adalah cat yang tipis, cat yang tidak penuh/belang belang, ada baut yang kurang, serta ada beberapa yang retak, dan ada lubang yang tidak sesuai. Tapi ya yang namanya pembelian udah banyak, wajar aja sih kalo ada mungkin beberapa yang salah kirim atau kurang sesuai. Tapi gimana ya aku kan bukan tukang, kalo ada lubang yang nggak sesuai aja aku harus gimana? mau dilubangi sendiri juga make apa, jadi bingung. Untuk ini aku masih bimbang sih.

 

5. Little Equi


Merk ini merupakan merk yang paling banyak kita bisa lihat di review oleh influencer. Sudah menggunakan kayu Mahony, walau campuran dengan jenis kayu lainya juga. sudah dapat bonus matras yang cukup tebal juga. Pokoknya untuk kelengkapannya udah mayan lengkap, hanya saja di harganya aja sih yang lebih mahal dari yang lain, total untuk pengiriman dan unitnya di 1,9 jtan, mungkin kalo ditambah bantal, guling dan alas tidurnya, bakal ngabisin budget di 2jt an lebih sih, harga ini agak lebih tinggi dari yang lainya. Ini bisa bakal masuk ke dalam pilihan kalo aja nanti pas ada diskonan kali ya. 

 

6. Turu

Untuk Ini skip.


Intinya untuk saat ini aku masih belum bisa ambil keputusan sih mau ambil yang mana, mungkin buat temen2 yang baca artikel ini bisa bantu ngasih pilihan atau kalo ada opsi lainya bisa mention. dan kalo aku udah ambil keputusan beli yang mana, aku akan tulis dan review lagi di artikel selanjutnya.




Bagikan

Jangan lewatkan

Bingung memilih Box bayi yang paling sesuai untuk calon dedek bayi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.