Saturday, October 14, 2023

Uneg Uneg tentang Dunia Persampahan di Negeri Konoha

 


Ngebicarain masalah sampah emang gk akan ada habisnya. Disini aku mau sedikit cerita mengenai uneg uneg aku tentang sampah. jadi aku itu orang yangudah biasa banget buang sampah ditempatnya. nggak berani kalo buang sampah sembarangan. kalo emang lagi di keadaan darurat pun aku lebih milih untuk nyimpen dulu sampah di saku baru kemudian ngebuang di tempat sampah yang aku temui. Kayak udah kebiasa gitu dari kecil soalnya. Jadi walau kadang ada sekilas gitu nafsu untuk buang sampah sembarangan, tetep aja rasanya nggak enak, ngganjel gitu di hati.

Ibarat kek Sholat aja, karena udah kebiasa diajarin dan disuruh sholat terus dari kecil sama orang tua, hingga saat ini pun rasanya aneh gitu kalo sampe sholatnya telat apalagi sampe kelewat, walaupun itu dikarenakan kondisi yang emang nggak kita inginkan. Walaupun kalo masalah kyusuk nggak nya itu masalah yang berbeda kali ya.. hehehe..

Intinya sih udah kebiasa aja, mungkin ini ya yang dinamakan iman, jadi hati berasa aneh kalo sampe nggak dikerjain. Makanya terus aku kerjain secara istiqomah. Ya intinya sih, karena udah biasa jadi terbiasa. Neh begitu pula untuk kebiasaan ku untuk buang sampah. Jadi cukup disini prolognya, ini udah paragraf ketiga. Intinya sih aku udah terbiasa buang sampah di tempat sampah.

Sampah, wajib dibuang di tempat sampah. Jadi kuncinya itu ada di tempat sampah. Aku tau di beberapa tempat dan spot banyak tersedia tempat sampah yang sudah disediakan pemerintah. seperti di taman kota, dan beberapa tempat lainya yang hampir di setiap sudut ada tempat sampahnya, bahkan dipisahkan jenis sampahnya, ya walaupun sebenernya agak nggak berguna sih, karena pada akhirnya banyak masyarakat yang asal buang di mana aja, semisal sampah plastik di tempat sampah organik, ya mereka nganggep mungkin kan sama sama tempat sampah. Nah yang lebih parahnya lagi kadang aku lihat truk pengangkut sampah pun tetep aja nyampurin di truk mereka, semua jenis sampahnya, lahh kan sama aja. ibarat pun warga udah bener memisahkan setiap jenis sampah, tapi kalo pas diangkut ke truknya di gabung, kan sama aja toh. tapi itu dari penglihatan sekilasku aja sih, bisa jadi di saat yang nggak aku ketahui ada truk yang memang mengangkut sampah jenis tertentu.

Itu ya kalo di tempat2 seperti taman kota sih masih mending ya, banyak tempat sampah, jadi masyarakat punya banyak akses ke tempat sampah, ya walaupun kadang miris sih, masih banyak aja yang suka buang sembarangan. tapi buat aku sih sangat terbantu, karena nggak perlu keliling buat nemuin tempat sampah. Nah yang jadi kendala itu di beberapa tempat seperti di pantai. Ada beberapa pantai yang lokasi tempat sampahnya emang begitu jauh. Nah yang jadi kendala utama adalah banyak pedagang disana, pedagang lumpia misalnya. Dimana karena tidak ada akses tedekat dengan tempat sampah akhirnya pedagang pun nggak jarang untuk buang sampah seenaknya,begitu pula dengan pembelinya. Terkadang ya udah ada tong sampah yang jaraknya deket aja masih banyak yang suka buang sembarangan, apalagi yang jauh.. jadi makin menjadi jadi, kan kasian liat petugas kebersihan tiap pagi ngebersihin.

Satu lagi nih, di jalan aku sering melihat tanah kosong, sudut jalan, ataupun trotoar yang banyak tumpukan sampah disana. Padahal sebagian tempat sudah ada tulisanya “Ini bukan tempat sampah” atau “Dilarang buang sampah, area ini diawasi CCTV”, tapi tetep aja di area itu banyak sampah menumpuk. trus kalo udah gitu, yang ngebersihin siapa?

Sebagian tempat mungkin sudah punya iuran sampah, dimana warga membayar iuran untuk nantinya akan dibayarkan ke petugas kebersihan yang akan mengambil sampah di wilayah mereka setiap beberapa hari sekali. Namun sebagian lainya tidak. Warga yang harus inisiatif untuk mengunjungi TPA terdekat untuk membuang sampah mereka secara mandiri.

Jadi menurutku pribadi sih ya, ada satu sistem yang aku kurang setujui, tapi banyak TPA yang menerapkan sistem ini. Mungkin ini tujuanya baik, tapi bisa jadi ini menjadi salah satu kendala warga yang ingin membuang sampah namun dibatasi. Sistem itu adalah sistem pembagian waktu. jadi kayak gini, semisal di TPA ini hanya bisa membuang sampah di jam 2 siang sampe jam 6 sore, diluar itu TPA ditutup atau bisa jadi akan didenda jika ketahuan.

Aku pernah ada di kondisi ini, dimana TPA yang terdekat saat ini belum buka, tapi aku harus membuang sampah di waktu itu, karena sampahnya udah banyak banget dan aku juga harus pergi karena ada urusan, jadi sampahnya nggak bisa aku biarin gitu aja. Akhirnya pun aku pergi ke TPA lain yang jaraknya lumayan jauh. Cukup ngeselin kan, nah ini aku yang udah kebiasa buang sampah di tempatnya, imanku cukup kuat. bayangin deh kalo ada orang yang imanya lemah, jadi kalo tpa tutup ya mungkin aja akhirnya dia ngikut orang buat buang di tepi jalan sembarangan, mungkin pikir mereka “Toh orang lain juga buangnya disini”. atau bisa saja mereka buang sampah di sungai, kan lebih ngeri lagi. Mungkin itu bukanlah satu satunya penyebab, tapi kan itu bisa menjadi pemicu orang untuk membuang sampah seenaknya.

Aku sadar sih mengelola sampah emang nggak mudah. saat ini industri yang bisa mengelola sampah itu nggak sebanding dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Seandainya itu mudah pastilah nggak ada TPA yang sampai menggunung. Seperi hal nya sampah masyarakat yang makin hari makin banyak dan makin menggunung, hehehe. Beberapa waktu lalu TPA suwung di bali terbakar, dan asapnya trus masih terus mengepul sampe berhari hari. Sampah disana memang cukup mengkhawatirkan, karena menggunung begitu tinggi.

Sampah jika dibakar, akan menghasilkan polusi yang begitu berbahaya. jika di timbun ke tanah langsung akan merusak tanah, sampah emang harus dipisahkan terlebih dahulu, yang dari bahan plastik atau recycle lainya, harus dipisahkan dan diolah kembali, kemudian yang organik bisa dijadikan pupuk, biogas, atau lainya. PR itu emang cukup sulit. butuh effort, waktu, dan biaya yang tidak sedikit.

Apa nggak sebaiknya dibuat Kementrian yang khusus mengelola sampah aja? selama ini kan diurus oleh Kementrian Lingkungan Hidup. jadi untuk masalah kebersihan daerah tetap di olah oleh kementrian tersebut, kemudian untuk mengelola hasil sampah yang sudah di kumpulkan akan ditangani oleh menteri sampah, ehhh Kementrian pengelolaan sampah gitu maksudnya atau disingkat (KPS). Jadi kementrian ini yaudah fokusnya ngelola sampah aja. Aku yakin kalo sampah diolah dengan baik, benar, dan dengan jumlah masal, akan bisa menghasilkan cuan juga.

 

 

 

Bagikan

Jangan lewatkan

Uneg Uneg tentang Dunia Persampahan di Negeri Konoha
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.