Tuesday, July 3, 2018

Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba dan Kapal Karam di Sulawesi


Entah kenapa dengan perairan di Indonesia akhir2 ini. Baru aja kemaren pas lebaran terjadi kejadian sebuah kapal kayu yang tenggelam di danau Toba, ehh kali ini lagi lagi tragedi kapal karang di Sulawesi. Alam memang lagi buruk sih akhir2 ini. Saya yang dirumah aja kadang ngerasa hawanya panes, trus ntar tiba tiba berubah menjadi berangin, bikin badan ngilu2 sendiri akibat cuaca yang nggak menentu, nggak kebayang sih kondisi di lautan kayak gimana.


Jadi menurut saya pribadi sih ya, ada beberapa hal yang ngebikin saya sebagai masyarakat agak bingung pas saya ngeliat berita berita di tv. Di kejadian tragedi Danau Toba misalnya, Sebuah Kapal “KAYU” yang sebenarnya ukuranya nggak gitu besar, memiliki 3 “TINGKAT”, mengangkut puluhan kendaraan bermotor dan mengangkut ratusan penumpang, seratusan lebih dan bahkan ada berita yang menyebut hingga 200 an lebih (saya belum tau update pasti jumlah penumpangnya). KOK bisa yaaa…. Hehehe secara teori itu bukan kapal yang memiliki lambung yang besar loh, apalagi berisi 3 tingkat, bayangan saya sih yaa, jangankan kena ombak besar kena angin besar dikit aja udah bakalan goyah tuh kapal. Serem sih ngebayanginya.
Selain itu juga bisa2 nya si orang dari pihak kapalnya nggak tau penumpang yang naik itu siapa aja dan berapa jumlahnya. Emang naik kapal nggak pake tiket ya? Anggep aja lahh emang nggak ada tiketnya, Tapi menurut saya sih sebenernya masih bisa dihitung perkiraan manifest penumpangnya, jumlah uang dan kendaraan yang masuk itu berapa orang? Ntar kan tinggal dibagi dengan harga per penumpangnya. Kemaren pas wawancara awal soalnya sempet bingung dan simpang siur nggak tau ada berapa orang penumpang, ada yang awalnya bilang 80 an, trus nambah nambah terus sampai terakhir ada total 200 penumpang lebih dimana ada 100 an lebih penumpang yang sampe tarakhir saya ketahui itu masih belum ditemukan. Apa mungkin sistemnya kayak biskot kali ya sistemnya, jadi ada penumpang ya langsung bayar trus masuk, jadi duit asal ketumpuk aja ntar tinggal setoran di akhir hari gitu, hehe Entah lahh bingung.
Trus satu lagi yang bikin bingung, itu kenapa bisa ya ratusan orang penumpang lama banget ketemunya. Kalo emang meninggal kan harusnya ngambang. Banyak sih yang akhirnya menghubungkan dengan cerita2 mistis jadinya. Kemungkinan lain sih kalo kejebak di dalem kapal dan nggak sempet keluar, tapi masak iya sampe 100 orang lebih kejebak di dalem sebuah kapal kecil gitu, walau bisa aja terjadi sih. Atau bisa aja ada hewan buas disana, hehehe khayalan dimulai…
Tapi dengan kejadian ini kita bisa berkaca, kita akhirnya bisa memahami kekurangan di system pemerintahan kita kan. Dari kecelakaan yang kedua di Sulawesi juga mungkin bisa dijadikan pelajaran. Oh iya Basarnas itu posisinya dimana sih ya? Apa jauh dari lautan? Soalnya dari berita itu saya denger kalo kapal nya itu karam sekitar 10-15 menit pas udah mau nyampe ditujuan yaitu pulau selayar. Nah kok bantuanya agak sedikit lama ya. Sampe ada beberapa penumpang yang belum ditemukan hingga terakhir saya menulis artikel ini. Kalo dari saya liat di pilem2 kan biasanya kalo kapal udah ada tanda2 mau karam, si nahkoda maupun ABK harusnya mengirim sinyal bantuan ke dermaga terdekat, 10 menit itu kan kayaknya nggak gitu jauh. Mungkin aja ada sedikit keterlambatan siniyal dikarenakan cuaca buruk maupun hal lainya. Yahh intinya sih kita jadiin pelajaran aja lahh, semoga besok semua penumpang udah bisa ditemukan, karena kasian sihh terombang ambing ditengah lautan itu kan sakit.

Oh iya buat kalian para pendukung #2019gantipresiden, jangan jadikan ini sebagai sebuah alasan untuk menyerang ya. Namanya juga musibah kan nggak ada orang yang mau, walau memang mungkin hal ini terjadi karena system kita yang kurang bagus, tapi ya siapa aja bisa berbuat salah kan? Saya bukan pendukung fraksi mana mana sih, saya Netral, hehehe.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tragedi Kapal Tenggelam di Danau Toba dan Kapal Karam di Sulawesi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.