Tuesday, January 24, 2017

Kenapa Jalur Lintasan Jogging Berlawanan Arah dengan Jarum Jam


Temen temen pasti pernah jogging dong… Kegiatan yang umum banget dan hampir pasti semua manusia pasti pernah jogging bahkan mungkin ada yang rutin banget setiap hari, seperti saya sekarang. Udah sekitar 2 bulan ini membiasakan diri untuk jogging setiap pagi di alun alun kota. Hari ini saya menyadari suatu hal. Ada sebuah kemiripan dari alur lintasan di setiap lapangan olahraga. Saya sadar bahwa trek jalur jogging di alun alun ini arahnya berputar melawan jalur jam. Nggak cuman alun alun aja, seinget saya ini juga diberlakukan di lapangan olahraga lainya, seperti lapangan Renon Denpasar, lapangan Rampal di Malang, dan beberapa lapangan lain yang pernah saya datangi. Bahkan seingat saya beberapa perlombaan lari atau marathon hingga event jalan santai di kampus  juga menggunakan jalur yang berlawanan dengan arah jarum jam.

       Saya sempat terdiam sejenak memikirkan hal tersebut saat sedang berlari pagi tadi. Mata saya berkedip dan melihat sekitar sambil mengangguk, Hmmm.. Apa ini semua cuman kebetulan aja atau emang udah ada sebuah aturan resmi mengenai arah untuk jogging dan dalam posisi ini cuma saya yang nggak tau kebenaranya. Rasa penasaran saya pun semakin tinggi.


        Sepulang jogging saya pun browsing dan mencari jawabanya. Ternyata nggak cuman itu aja system tata surya kita juga berputar berlawanan dengan arah jarum jam, Bulan mengelilingi Bumi, Bumi dan Bulan mengelilingi Matahari, arah putaran electron terhadap inti atom, arah putaran tornado, arah pusaran air, semuanya berlawanan dengan jarum jam. Coba deh kalian inget waktu kalian ngebikin kopi, kalian ngaduk nya ke arah mana? Kiri bukan, berlawanan jarum jam juga kan?....dan apa selama ini kalian sadar………
Satu hal lagi, yaitu  Tawaf yang dilaksanakan oleh umat Muslim saat Haji maupun Umrah, juga dilakukan dengan bergerak melawan arah jarum jam… Apakah semua ini hanya kebetulan? Mungkin saja semua ini merupakan sebuah ketentuan dari Allah … Subhanallah…… Mungkin semua kegiatan ini merupakan bentuk Tawaf kepada Allah, atau bisa saja ini merupakan sebuah peringatan dari Allah, bahwa saat ini kita sedang dalam hitungan mundur menuju waktu “nol” waktu dimana kita semua akan menghilang dan hancur, waktu dimana segala sesuatu akan kembali kepada-Nya…..
Secara sifat alam (biasa disebut natural-wise) umumnya sebuah benda cenderung bergerak dari kiri ke kanan. Jadi manusia akan lebih nyaman dan dapat memperoleh performa yang maksimal saat bergerak berlawanan dengan jarum jam.  Literatur lain juga menyebutkan, karena jantung kita berada disebelah kiri. Peredaran darah lebih banyak didistribusikan ke bagian tubuh sebelah kanan. Hal itu menyebabkan tubuh bagian kanan lebih dominan disbanding tubuh sebelah kiri. Selain itu juga ada yang menyebutkan bahwa secara umum kaki kanan lebih panjang dari kaki kiri, jadi kaki kanan cenderung membutuhkan lintasan yang lebih panjang dari kaki kiri, sehingga lintasan dibuat berlawanan dengan jarum jam.
Semua teori yang ada belum benar benar menjawab secara pasti mengapa jalur lintasan dibuat berlawanan dengan jarum jam. Paling nggak kita udah nambah lah sebuah ilmu pengetahuan yang dapat menyadari kodrat dan tanggung jawab kita sebagai manusia, sehingga lebih mendekatkan kita kepada-Nya.

Sumber:
- https://suarasasindo.wordpress.com/2016/05/28/kenapa-kita-cenderung-lari-ke-arah-kiri/
- google.com
- kaskus.co.id

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa Jalur Lintasan Jogging Berlawanan Arah dengan Jarum Jam
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.