Wednesday, April 13, 2016

Meniti Tapak Masa Lalu

Hampir tiap hari gue ngabisin waktu gue di rumah, kalo nggak ngurusin orderan, ya belajar, nonton film, mainan laptop, denger music, dan lain lah pokoknya. Intinya gue sekarang udah jadi Hikikomori gitu kalo Bahasa jepangnya. Hari ini mata gue sepet banget, mungkin karena kelamaan depan laptop kali yaa… So tadi aku mutusin untuk main keluar liat keadaan sekitar. Gue akhirnya keluar goa setelah lama menjebakkan diri di dalam kegelapan. Entah kenapa tanpa sengaja gue nge gas motor ke tempat tempat yang dulu sering gue lewatin. Yappp zaman sekolah gue. Nggak ada yang special sihh di cerita gue kali ini. Intinya gue cuman mau ninggalin jejak aja di blog ini, sekalian nyampah malem hari.
Tempat pertama yang gue datengi SMA gue, nggak perlu gue sebutin dimana gue sekolah, yang pasti tempat itu memorial banget. 3 tahun gue berada disana, di waktu itu juga kedewasaan gue tumbuh, cerita tentang persahabatan, dan cinta pertama gue juga ada disitu. Sekarang SMA gue udah beda banget, pager nya udah tinggi banget, ehh itu udah nggak bisa disebut pager lagi, tapi dinding. Gue nggak ngefoto sih, tapi kira kira gambaran nya gini lahh, ibarat suatu hari negara ini diserang zombie, gue rasa SMA gue itu jadi tempat yang cocok untuk melindungi diri. Pokoknya tinggi dan kokoh lah, dari luar cuman kelihatan tembok doang, kagak kelihatan gimana bentuk dalemnya.
Terus gue lanjut jalan menuju SMP gue, SMP gue agak jauh dari rumah, mungkin sekitar 7 sampai 8 KM an lahh. Gue nge gas motor pelan banget sambal ngebayangin masa lalu gue ngelewatin jalanan itu bareng sobat sobat gue. Salah satu masa masa terbaik gue adalah masa masa SMP, dimana gue punya sahabat sahabat yang bener bener luar biasa, hobi main PS ato nggak ngewarnet. Zaman SMP wilayah jelajah emang nggak seluas zaman saat udah SMA, tapi keterbatasan itu lah yang membuat segala hal menjadi seru dan lebih menantang. Keluguan kita anak anak SMP juga membuat nggak banyak terjadi perselisihan, kita nggak pernah tuh ngomongin masalah cewek, uang, rokok, dan lain lain. Masa masa itu gue ngerasa bebas banget, bener bener masa masa Indah. Ketika udah SMA gue udah nggak ngerasain itu lagi. Kedewasaan membuat jarak antar teman menjadi semakin renggang, pembahasan menjadi semakin rumit dan complex, tanggung jawab lebih besar, dan cobaan lebih berat.
Oke intinya gue nelusuri jalanan menuju SMP gue, agak nyasar dikit sihh, karena jalanan udah banyak yang berubah. Gue bener bener ngerasa manusia purba disini, gue orang yang merasa asing dengan daerahnya sendiri. Setelah sampai gue diam sejenak dan merasakan aura masa lalu gue. Entah kenapa tempat itu kini menjadi berbeda, anak anak udah pada dibolehin bawa motor sendiri, dulu zaman gue kan sampe sembunyi sembunyi gitu kalo bawa motor, wkwkwk. Selain itu juga rental ps langganan udah nggak ada lagi, wkwkwk. Untuk bangunan yang pasti udah jauh berbeda disbanding waktu zaman gue sekolah, yahh wajarlah udah sekitar 8 tahun gue ninggalin tempat itu. Bahkan 4 tahun terakhir gue ninggalin Kota ini demi merantau ke Kota lain untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

Jalanan yg sering gue lewati ketika sepulang dari sekolah saat SMP, sekarang jalanan ini mulai dipenuhi oleh lukisan Mural yang saya pikir keren

Entah kenapa gue ngerasa masa masa sekolah itu masa masa yang indah. Padahal dulu waktu gue masih sekolah, gue pengen cepet cepet lulus biar bisa bebas mau ngapain aja. Tapi pas sekarang gue free gini, gue ngerasa hambar. Semua orang sekarang udah pada sibuk sama urusan masing masing. Semua orang udah berubah, dulu yang polos Alim, sekarang udah jadi atractif dan ambisius  nggak jelas. Yang dulu punya cita cita tinggi, sekarang udah nyerah dan pasrah dengan keadaan. Ada yang dulu punya cita cita A sekarang udah terjebak di jalan lain dan sibuknya luar biasa, ada juga yang sukses ngartis dan hilang entah ke Negara mana, dan kebanyakan sih menghilang bagaikan debu nggak kedengeran kabarnya. Semua orang udah jalan di jalanan masing masing. Ibarat kereta, setiap kereta udah punya rel nya masing masing, dan nggak akan ketemu, paling cuma berpapasan doang, gue ngerasa dunia dewasa itu seperti itu. Apa dunia emang seperti ini, apa dunia sekarang ini aneh? Atau apakah gue yang aneh dan nggak bisa nerima perubahan?? Entah yang mana yang bener. Gue sekarang ngerasa masih berada di masa lalu dan orang orang udah jalan ninggalin gue satu satu hingga akhirnya gue sendiri tertinggal dibelakang.

Diawal bahasnya apa diakhir bahasnya apa, wkwkwk kacau lah pokoknya gue sekarang. Mungkin karena kelamaan nutup mata kali yaa. Hingga akhirnya ketika terbuka dunia udah berubah dan gue belum mempersiapkan apa apa untuk perubahan tersebut. Dari pemikiran tersebut makanya gue sekarang mau mencoba meloncat, gue nggak mau ketinggalan terus, gue harus bisa nyusul. Enggak bukan loncat, tapi terbang. Gue sekarang punya satu mimpi besar, kalo ini bisa terwujud maka gue akan loncat ke masa depan, bukan hanya menyusul bahkan menyalip semua temen temen gue. Gue harus bisa, gue akan terus berusaha, gue akan terus belajar dan mencoba. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Meniti Tapak Masa Lalu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.