Genshin itu bukan cuma sebuah Game, tapi itu kenangan, kenangan yang nggak akan pernah terlupa, petualangan yang luar biasa, dan perasaan yang nggak akan pernah sirna.
Tulisan ini dibuat krn tadi ngeliat sebuah komen di fb yang langsung ngebikin semua kenangan genshin di masa lalu meluap lagi.
Sebenarnya beberapa hari lalu aku mulai comeback main genshin, tanpa alasan tertentu dan tanpa ekspektasi juga, iseng2 aja dah pokoknya.
Aku sendiri udah pensi sekitar mungkin 2 tahunan lebih, awalnya karena pc di jual, ps juga dijual jadi udah nggak ada device buat main lagi. Sebenarnya di hp bisa, cuma ngga nyaman aja sama kontrol nya. Niatnya sih pensi gk lama tapi akhirnya keterusan, sampe akhirnya punya leptop pun tetep aja belum sempet comeback, sampe akhirnya bbrp hari lalu akhirnya mulai kepikiran balik, dan ternyata iseng gacha eh dapat lauma. Tapi krn udah ketinggalan lama banget, storynya jadi kurang ngeh. Selain itu perasaan di genshin rasanya beda, hampa, nggak kayak dulu lagi….
Jadi keinget di masa lalu, tepat 28 september 2020, ini merupakan masa covid. Dan aku emang udah nunggu game ini rilis, pada saat itu emang lagi hype krn gameplaynya disanding2kan dengan zelda.
Orang2 mungkin kebanyakan main genshin karena lg wfh ato krn lagi nganggur akibat covid, jadi mainin game ini buat ngisi waktu luang. Tapi berbanding terbalik dengan ku. Justru sebelum main genshin aku udahainin berbagai game baik di ps4 maupun di pc, mulai dr horor ke resident evil series, shooter kek cod series, trus far cry series juga, death stranding, division, wwz, pokoknya banyak dah, sampe indie game juga udah nyobain. Wajar, dulu kan gamer akut.
Kemudian di 2020 aku mulai ngerasa burnout, game2 yang kumainin mulai membosankan, kayaknya hari2 main multiplayer battlefield, trus sama lanjutin assassin creed odysei, sesekali the division 2. Feelnya mulai ilang.
Sampe akhirnya genshin ini muncul, tepat pas hari H rilis, aku langsung install dari ps store, dulu game ini belum punya banyak fitur dan karakter seperti saat ini, buat explore bener2 harus effort, slow phase banget. Bolak balik liyue modstat itu hal biasa, nyebrang laut? Harus ple keiya dan mc, panjat gunung harus sabar apalagi stamina masih pendek. Artefak juga masih berantakan, pedang masih dull blade, di awal awal semuanya berasa banget, gimana kita ngebuild setiap karakter bener2 aku ngerasa kayak tumbuh bersama dengan setiap karakter. Aku inget banget saat awal awal explore pke noel krn takut diserang jd butuh defender, masih bawa barbara buat healing, lisa buat ngasih damage area, trus bawa keya buat ngebekuin musuh pas ujan.
Sistem elemental, nah ini diawal seru banget, belum se ribet skrg, intinya klo ujan dan kita serang es kita bisa ngebekuin musuh, bisa ngebakar rumput juga, dan berbagai hal lainya, ini seru banget dulu. Kita harus pinter pinter rotasi biar elemental bisa saling ngedukung dan damage jadi lebih besar.
Inget banget dulu diluc jadi karakter yang di dewa2 kan, benneth masih belum diketahui potensinya, dan mc masih dibutuhin jg untuk explore.
Bagian yang paling serunya, coop, dulu orang orang masih welcome, masih sama2 explore dunia nya, saling berbagi lokasi ches, tips & trick nyelesaiin puzzle, dan bahkan ada quest yang harus diselesaiin berpasangan. Orang2 saling berbagi uid dan meet up hampir setiap hari di dalam game, genshin udah mulai menjadi dunia kedua, inilah efek covid, bayaknya pekerja yang dirumahkan makin menambah jumlah player, jadi genshin bukan haya game yang dimainkan untuk gamers saja, berbagai kalangan pun banyak yang main, apalagi game ini multiplatform, user pc, ps, dan smartphone bisa bertemu di satu dunia, gimana nggak seru coba.
Dulu aku punya banyak temen disini, kita explore bareng, memandangi pemandangan teyvat yang indah, ngebuka ches, nyelesaain tantangan, ngebangun rumah, bahkan sampe curhat, mulai dari masalah kerjaan sampe masalah keluarga, baik player yang sama sama di bali atau pun di luar negeri.
Temen pertamaku dan sesepuh yang pertama kali bantu explore sana sini di teyvat, “Scarlett”, ini juga temen di psn. Seandainya kamu liat ini, “hei, apa kabar? Masih inget? Dulu kita jelajah modstat liyue bareng loh, inget banget dulu kita ke pulau terbang tertinggi (saat itu) di liyue, cuma buat liatin langit dan ngedengerin backsound musik indah di liyue, sambil ngobrol sana sini dan share apa aja yang udah kita jelajahi hari ini. Hei, kapan terakhir kamu login? Dulu padahal kamu gabut, tiap login kamu selalu online,
Masih mood mejelajah? Atau apa sudah sibuk di dunia nyata?”
“Dan kamu Gieraph? Apa kabar? Sudah sibuk dengan real world ya? Masih kerja di kedai kopi? Masih inget dulu kita explore banyak tempat? Saling cerita tentang rumah di dalam pot, saling berbagi mengenai build karakter. Bahkan ngobrolin tentang nenek. Kue yg dulu pernah kamu rekomendasiin itu dimana ya? Kayaknya udah tutup? Dulu kamu beberapa kali undang aku buat mampir ke tempat mu kerja, tapi aku nggak pernah datang, sebenarnya alasanya simple sih, sebagai introvert, aku bingung cara pesan kopinya gimana”
Kenangan adalah satu hal yang membuat genshin berbeda, rilis di waktu tepat. Dengan membawa fitur dan genre yang bisa diterima banyak kalangan. Banyak yang bilang, genshin mulai memudar karena banyak game baru dengan genre mirip yang mulai muncul. Itu ngebukin para player lama berpindah. Tapi khusus aku rasanya nggak, temen2 ku didalam game kebanyaka bukan gamer, beberapa bilang genshin adalah game pertama mereka. Mereka main game karena menurut mereka seru dan jga mereka punya waktu luang, tapi semenjak covid berangsur mereda, wfh sudah nggak berlalu, sosialisasi dunia nyata mulai berangsur pulih. Orang2 yang dulu dirumah aja, sekarang mulai kembali menjelajah dunia nyata, porsi genshin mulai berkurang hingga lama lama akhirnya pensi. Alasanya karena storage, karena hp panas, karena ini itu dan lainya. Padahal karena memang kesibukan dunia nyata aja, akupun begitu.
Aku udah sempat coba game pada awak rilis dilabeli “Genshin Killer” mulai dari tower of fantasy sampe terakhir whutering wave. Tapi nggak ada yg bisa bertahan lama. Feel nya beda, walau game2 baru punya banyak kelebihan, tapi tetap aja nggak seperti feel yang aku rasain di genshin dulu.
Kalo di analogikan mungkin buat seorang extrovert, mereka datang ke kedai kopi, nyeruput kopi sambil bicara santai dengan bartender atau pengunjung lainya. Itulah healing mereka. Sedangkan buat aku yang introvert parah, di dunia genshin itu dan ngobrol dan explore santai itu lah healing ku. Rasanya nyaman dan tenang.
Bua para mendingers yang selalu bandingin game satu dan lainya. Nggak penting dah, setiap game punya kekurangan kelebihan. Bahkan jika game terbaru saat ini secara menurut kalian sangat bagus pun, kedepanya bakal ada lagi rilis baru yang lebih bagus, nggak akan ada habis nya. Yang penting itu kenangan, cerita bagaimana kaloan bisa main itu, siapa saja yang berjuang di dalamnya, dan di duniaku. Genshin punya kenangan manis itu. Ia datang di waktu tepat dan suasana tepat. Seandainya saat itu nggak covid, aku nggak yakin Genshin akan sebesar ini.
Sekarang story Genshin sudah menuju akhir, sedih sih kalo sampe story tamat dan server ditutup, atau story tamat dan di lanjutkan dengan konten sampah. Semoga hoyo bisa membuat formula end game terbaik.