Sunday, December 20, 2020

Series Netflix Survival Horor Monster Sweet Home Ending mirip Tokyo Ghoul

 


Belakangan ini kayaknya korea lagi greget buat film atau series tentang pandemic, entah itu zombie, atau monster. Yahh mungkin emang karena kondisi dunia yang emang lagi pandemic, jadi pass aja gitu… Emang lagi senengnya nonton yang genre2 horor survival sih… Ada 3 film/ series horror survival yang ku tau, yaitu Train to busan 2 alias peninsula, trus kedua ada Alive tentang zombie2 juga yang diperanin sama park shin ye, sukup fresh lahh… trus yang ketiga itu series dari Netflix, yang judulnya Sweet Home, baru banget di tayangin tgl 18 desember kemarin dan langsung full 10 episode yang tersedi. Netflix kayaknya lagi nge push perfilman  korea, udah ada beberapa series korea yang tayang di tahun ini yang punya story cukup unik2 sih, termasuk swwet home ini.

Sweet home, menceritakan tentang dunia yang Apocalypse, dimana manusia di terror oleh semacam pandemic, walaupun mirip zombie tapi bukan, di film ini disebut monster aja. Penyebabnya pun masih belum jelas, hanya di singgung kalau ini berasal dari Hasrat manusia dan berhubungan juga dengan kutukan, mereka yang punya Hasrat yang kuat terhadap sesuatu bisa berubah menjadi monster. Wujudnya pun macem macem, ada yang mirip zombie biasa, ada yang berubah jadi semacam mata raksasa, ada yang berwujud monster, ada juga yang berwujud seperti serangga, dan wujud aneh lainya… entah apa pemicu terbentuk wujud yang beragam ini bener2 nggak diungkap, Cukup aneh “KUTUKAN” dan “HASRAT” Cuma itu aja clue yang ada di series ini, gak masuk akal banget sih, pandemic ini pun nggak menular, jadi intinya sih penyebabnya sungguh2 random dan nggak jelas.

Di episode satu menit2 awal dunia masih normal, namun sekejap, tiba2 di sebuah apartemen kelas bawah (kalo di indo dibilangnya sih rumah susun) terkunci, semua pintu keluar apartemen itu terkunci. Ketika akhirnya ditemukan cara membuka gerbang depan, nah disitulah sesosok monster berlidah Panjang menyerang orang2. Sontak lalu gerbang itu ditutup lagi, nah ini lah awalnya keanikan seluruh penghuni apartemen. Ketika diamati ternyata Diluar apartemen bukan Cuma ada 1 monster saja, melainkan ada banyak, yang menyebabkan para penghuni semakin panik dan membuat barikade untuk menghalangi semua jalan masuk. Nggak Cuma itu saja, tapi presiden pun saat siaran tiba2 berubah menjadi monster dan ditembak mati ditempat oleh militer. Le eun hyouk yang merupakan orang yang paling tenang pun memimpin para penghuni agar semua bisa bertahan Bersama.

Nah monster ini nggak cuman di bagian luar apartemen, tapi di dalam apartemen juga sudah ada beberapa orang yang terinfeksi. Inilah yang menjadi petualangan utama penghuni apartemen, mereka yang ada di lantai atas berjuang untuk menuju lantai dasar untuk berkumpul dengan yang lainya bertahan hidup. Cha hyun suk yang merupakan pemeran utama di seri ini, merupakan orang yang sebenernya sudah menjadwalkan bunuh diri di apartemen, tapi di hari itu dia ragu dan akhirnya bertemu dengan gadis yang menari balet, dia adalah adik dari eun hyuk. Hyun suk membatalkan aksi bunuh diri dan Kembali ke kamar, disana lah dia pertama kali mendengar bunyi aneh, sebuah paket datang (mie instan) saat dia keluar, dus mie tersebut udah porak poranda, berantakan, dia melihat serpihan bungkus mie mengarah ke kamar sebelah. Ada banyak darah di lantai, dia berjalan menuju kea rah kamar sebelah, tapi dia melihat kepala kucing yang terpenggal, kemudian dia Kembali ke kamarnya dan mengunci pintu. Saat dia mengunci pintu, tetangga tersebut tiba2 mengetuk pintu dan kemudian tepat di depan kamera pintu dia berubah menjadi sesosok monster. Inilah monster pertama di apartemen dan merupakan awal petualangan dimulai.

Di awal awal episode, alur cerita sangat klassik layaknya film2 atau seri zombie umum yang sudah sering kita tonton. Hanya saja perbedaanya, monster disini ingin memakan manusia karena membutuhkan proteinnya. Berbeda dengan zombie pada umumnya yang mengigit dan menularkan virusnya. Disini orang yang menjadi korban akan langsung mati ditempat akibat kehabisan nutrisi ataupun karena sudah luka parah. Namun mereka yang hanya tergigit pun tidak masalah, dan tetap bisa melanjutkan hidup tanpa ada resiko terinfeksi atau tertular. Aku suka banget story awalnya, agak mirip dengan alive sih, dimana lokasi kejadian ada di apartemen, dan juga si MC hanyalah orang biasa yang nggak mempunyai keahlian khusus.perbedaanya mungkin, jika di alive mereka bener2 survival menghindari zombie satu demi satu untuk pergi ke lokasi aman lainya agar bisa bertahan hidup, sedangkan di Sweet home ini orang2 masih bisa melawan para monster dengan berbagai cara lah…

Saya cukup menikmati alur cerita di episode2 awal, keadaan cukup mencekam, kemudian pertikaian yang ada akibat perbedaan pendapat dari setiap penghuni, masalah antar penghuni, maupun masalah keluarga yang diungkit disini porsi nya cukup pas. Hingga pertengahan kita akhirnya mengetahui kalau si Hyun Su akhirnya bisa mengendalikan kekuatan monster (dia sudah terinfeksi sejak awal episode), dia dimanfaatkan oleh en hyuk untuk memenuhi kebutuhan kelompok, karena hanya dia yang tidak bisa mati, akibat efek golden time (mereka sih nyebutnya gitu). Di story pertengahan ini lah alur berubah dari menjadi lebih ke survival dari pada ke horror, horror udah nggak terasa karena mereka udah ngebangun camp di lantai bawah, namun mereka harus mencari cara untuk hidup, jadi mereka harus pergi keluar, atau menjelajahi daerah lain untuk mengumpulkan sumber daya. Aura2 di sini mulai mirip dengan series the walking dead yang tayang di AMV, asli mirip banget..



Mulai ada yang sakit dan perlu operasi, ada yang diketahui kalau ternyata hamil, ada perbedaan pendapat mengenai pembagian makanan, dan banyak hal lainya. Masih cukup seru untuk disimak… dan di bagian ini juga nanti kita akan bertemu dengan monster yang berukuran jauh lebih besar… cukup suka sama adegan fighting nya.. disini nggak cumin karakter itu itu aja yang berperan, tapi makin banyak orang yang akhirnya mulai berani ikut membantu untuk melawan monster…

Di akhir cerita nanti, akan datang orang yang ternyata juga bisa mengendalikan kekuatan monster seperti si hyun suk, dan akhirnya di pertarungan akhir ini kelompok mulai terpecah, banyak yang akhirnya mati. Dan beberapa lainya mulai kehilangan harapan. Nah anehnya di bagian akhir ini si hyun suk bisa berubah, mirip bet kayak di anime Tokyo ghoul. Udah gk horror lagi jadinya, dan story ditutup dengan berhasil diselamatkanya kelompuk yang tersisa, dan si hyun suk yang dibawa pergi oleh orang yg juga bisa mengendalikan monster tadi. Sangat gantung. Yah emang ini diambil dari cerita webtoon sih, jadi kedepanya mungkin bakal masih Panjang lagi petualanganya. Tapi udah mulai kelihatan sih…

Di pertarungan akhir terlihat si hyunsuk bisa berubah kayak kaneki, walau belum bisa mengendalikan sepenuhnya, tapi kedepanya pasti bisa. Yakin juga sih di luar sana mungkin banyak yang bisa jug mengendalikan kekuatan monster, nggak cumin 2 orang aja, nah bisa aja onflik kedepanya, dimana umat manusia bakal terpecah jadi 2 kubu, yaitu kubu manusia asli, dan kubu manusia monster. Karena udah disinggung juga sih di akhir2, kalau nggak semua monster itu jahat, ada juga yang baik dan membantu manusia. Mirip Tokyo ghoul dahh..

kalau memang ada lanjutanya, cukup dinantikan banget sih, pasti bakal ada kejutan lainya, gimana pun juga tetep aja romance khas korea nya nggak bisa di anggap remeh. Suka banget Ketika ngeliat awal pertemuan si hyun suk dengan le eun yu (penari balet), dimana awalnya eun yu begitu cuek, hingga perlahan dia menunjukan empati dan akhirnya sepertinya dia ada perasaan dengan di hyun su, cumin dia satu2 nya wanita yang terus mengkhawatirka si hyun su hingga akhir, walau beberapa kali hyun su uah mulai kehilangan kendali atas kekuatan monster, tapi eun yu peserti terus yakin kalau hyun su bakal Kembali menjadi manusia.

Pertemuan antara jae hun (ahli pedang yang alim) dan ji su juga greget, awalnya si Jisu awkawrsd dengan jae hunk arena terlalu alim, tapi setelah beberapa hal yang mereka lalui akhirnya mereka memiliki perasaan satu sama lain. Saat jisu mengalami sakit dan harus dioperasi, terlihat betapa khawatirnya si jae hun dan selalu menemani ji su selama operasi hingga akhir. Saying banget tepat setelah si Jae hyun mengungkapkan perasaannya ke ji su, dia terbunuh, oleh monster satpam. Pas penguburan jae hun, terlihat ji su menangis begitu keras, rasanya nyesekkk gitu melihat perjuangan mereka selama ini akhirnya berakhir, bahkan si ji su belum sempat memberikan jawaban atas pernyataan perasaanya jae hun…

Kemudian hubungan antara Sang wook (sip reman badass) dan Yu ri (perawat) juga cukup erat, walau nggak banyak adegan antara mereka berdua, pertemuan awal mereka Ketika yu ri mencoba membalur luka si Sang wook yang sedang pingsan, tapi mendadak dia terbangun dan mencekik si Yu ri, akhirnya Yu ri pun ter engah2, karena dia mengidap asma. Dari sini lah sip reman mulai luluh, beberapa kali mereka bertemu dan saling sapa. Rasanya cumin Sang wook mulu yang selalu merhatiin kondisi Yu ri, di saat mereka pergi keluar apartemen dan akhirnya mobilenya digulingkan oleh monster pun si Sang wook yang datang menolong Yu ri, hingga akhir pun mereka mati berdua bersamaan sambal saling berpegang tangan.

Dan masih ada banyak lagi moment2 ngenes lainya. Seperti hubungan antara si pemimpin Eun hyuk dengan adiknya eun yu (penari balet) yang memiliki ending ngenes, atau hubungan cha jin wook dengan anaknya, dan lainya. Ini lah kelebihan seri2 dari korea, hubungan antar karakter nya kuat banget, jadi ikut kebawa gitu, Walau ini seri horror survival yang kita emang udah tau pasti bakal ada yang mati di antara para karakter, tapi karena mereka masing2 memiliki hubungan satu sama lain, itu yang ngebikin kehilangan satu pemain itu rasanya begitu nge impact khususnya buat penonton kayak saya.

Oh iya btw Judul Sweet Home ini merupakan sebuah lagu. Di pertengahan cerita Ji suu memainkan sebuah melodi dengan gitar yang dia temukan, di sana hyun su pun datang dan mendengarkan lagu tersebut, dia kemudian nyeletuk, mengatak “Sweet home”. Dia bilang lagu ini sweet home, mendengarnya membuatku merasa seperti di rumah. Kemudian Ji soo mengatakan terima kasih, sudah memberi judul pada lagu yang dia buat. Mungkin dari sini lah judul sweet home di ambil. Dari sini juga bisa di prediksi sih, kalau peran si Ji soo bakal masih Panjang kedepanya, mungkin dia nanti Bersama dengan hyun su bakal berpetualang lagi di season selanjutnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Series Netflix Survival Horor Monster Sweet Home Ending mirip Tokyo Ghoul
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.